Mau Nabung di Bank NEO? Baca Fakta Penting Ini!

Share dulu, dong!

Mau Nabung di Bank NEO? Ini lah 5 hal yang perlu Anda pahami sebelum menggunakan Bank NEO yang notabene bisa memberikan keuntungan yang sangat banyak kepada kita.

Sejarah Bank NEO

Apakah kalian tahu kalau Bank Neo adalah bank Yudha Bakti yang dulunya adalah bank pensiunan militer yang bertransformasi menjadi Bank digital? Jadi ceritanya adalah Bang Yudha Bhakti ini berdiri di tahun 1990 dengan adanya Pakto 27/1988 dan di inisiasi oleh Departemen Pertahanan Keamanan Perum Asabri Pabri, developer dan mulai beroperasi pada tanggal 9 Januari 1990. Lalu di tahun 1998 Bank Yudha Bakti ini mendapatkan gelar klasifikasi A.

Pada tahun 2001, mulai membuka cabang di Jawa dan Sumatera. Pada tanggal 13 Januari 2015 luas bank ini menjadi perusahaan terbuka atau Go Public dengan IPO di Bursa Efek Indonesia. Secara sederhana, ketika perusahaan ingin Go Public, harus melewati proses IPO dulu.

Menabung di Neo Bank
Cek fakta tentang Bank NEO

IPO atau Inisial Public Offering atau dikenal penawaran saham perdana. Lalu selanjutnya di tahun 2019, bank Yudha Bhakti menggandeng PT akulaku silver Indonesia sebagai pemegang saham baru melalui penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

Nah, di tahun 2020-lah mulai bertransformasi menjadi Bank digital dengan nama Bank Neo atau PT Bank Neo Commerce Tbk.

Pada tanggal 18 September 2020 PT Bank Neo commerce Tbk resmi menyandang predikat Bank Umum Kegiatan Usaha 2 atau BUKU 2. Pada dasarnya, ini hanya pekategorian bank berdasarkan modal inti bank tersebut. Bank BUKU 2 adalah bank dengan modal inti paling sedikit sebesar 1 Triliun Rupiah sampai dengan kurang dari 5 Triliun Rupiah.

Kenapa dikategorikan sesuai dengan modal intinya? karena bank hanya dapat melakukan kegiatan usaha dari jaringan kantor sesuai dengan modal inti yang dimilikinya.

Apa itu Bank Digital?

apa itu bank digital

Dari tadi kita membahas transformasi Bang Yudha Bhakti menjadi Bank Neo commerce dengan konsep bank digital. lalu apa sih itu bank digital?

Menurut OJK, Bank Digital adalah bank BHI atau Bank Berbadan Hukum Indonesia yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik. Selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik yang terbatas.

Bedanya sama bank konvensional yaitu di bagian cabangnya saja seperti bangunan kita dengar sekarang ini, semuanya memiliki kantor cabang yang minimal di setiap provinsi ada satu. Sedangkan bank digital, kantor cabangnya terbatas.

Kekurangannya bank digital untuk sementara ini adalah nasabah yang umumnya sudah tua dan kurang paham dengan digital akan kesulitan dan memilih bank yang ada kantor cabangnya. Secara otomatis kebanyakan nasabah dari bank digital ini adalah anak muda yang sudah paham dengan digital. Walaupun begitu menurut report tahunan, Bank NEO selalu mengalami peningkatan jumlah pengguna dari kuartal ke kuartal di tahun 2021.

neo bank annual report 2021
Sumber: Neo Bank

Di Kuartal ke-4 ada sebanyak 5,17 juta pengguna baru meningkat 63% dari Kuartal sebelumnya. pada Kuartal 4 Bank Neo mencatatkan sebanyak 13,3 juta pengguna dan jumlah transaksi yang sudah mencapai 36,39 Triliun Rupiah meningkat 150% dari Kuartal sebelumnya.

Keuntungan Menggunakan Bank Digital

Lalu apa sih untungnya menggunakan bank digital? Biasanya orang menggunakan Bank karena ingin menyimpan uang mereka dan bisa dengan gampang melakukan transaksi keuangan. Misalkan transfer bayar listrik, bayar wi-fi dan lain-lain. lalu tahap selanjutnya, orang ingin mendapatkan bunga dari uang yang mereka taruh di bank tersebut.

Bunga Bank Digital

Ngomongin masalah bunga, yang didapat dari menaruh uang di bank artinya kita ngomongin bunga tabungan dan bunga deposito. Bunga Tabungan adalah bunga yang kita dapatkan dari uang yang kita taruh di bank tersebut dan kita memiliki hak penuh terhadap uang tersebut.

Sedangkan bunga deposito adalah bunga yang kita dapatkan dari uang yang kita taruh di bank tapi dengan jangka waktu yang sudah kita sepakati dengan pihak bank. Artinya, selama jangka waktu yang kita sudah sepakati itu, kita tidak bisa melakukan tarik atau transfer dengan menggunakan uang tersebut.

Berapa Bunga yang Ditawarkan Bank NEO?

Bank Neo memberikan bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan bank pada umumnya. Untuk bunga tabungan memberikan sebesar 6% sedangkan di bank lain cukup beragam dan lebih kecil dari 2 hingga 3,5%.

Untuk bunga deposito, Bank NEO memberikan dari 6,5% sampai 8% tergantung jangka waktu yang kita pilih.

Kenapa Bank NEO Bisa Berikan Bunga Tinggi?

Kenapa sih Bang Neo bisa memberikan bunga yang lebih tinggi dari bank lainnya?

  • Fitur produk dari bank Neo itu sendiri.
  • Bang Neo menggunakan referral strategy, tidak perlu menggunakan cabang ditambah operasionalnya yang enggak murah. Dengan mengurangi kehadiran cabang, maka Bang Neo punya pilihan untuk mengambil keuntungan dari tidak ada cabang atau mengembalikan keuntungan dengan cara memberikan bunga yang lebih tinggi dari bank lainnya.

Menurut kami, Bang Neo adalah super APPS, yang artinya dalam satu aplikasi kita sudah bisa melakukan berbagai hal mulai dari menabung investasi, meminjam uang, transfer uang, belajar uang, beli pulsa, listrik, paket data, top up e-money semua ada.

Fitur NEO EMAS

Tadi kita sudah sempat singgung kalau kita bisa mendapat bunga dari menabung dan deposito. Ternyata ada lagi loh, cara mendapatkan uang di bank Neo.

Jika kalian lihat di bagian menu awal, Anda bisa melihat NEO Emas. Nah, ini adalah salah satu fitur dari bank Neo yang mana kita bisa membeli dan menjual emas digital dan tentu saja kita tidak memerlukan uang yang banyak untuk berinvestasi di Neo Emas karena hanya dengan 10.000 saja Anda sudah bisa membeli emas di Neo Emas.

neo emas fitur menabung emas murah
Fitur NEO Emas

Selain dari Neo Emas, Anda sebagai anak muda yang ingin mendapatkan uang receh bisa menggunakan fitur ajak teman di mana kalian bisa mendapatkan 15.000 dengan mengejar teman kalian untuk menggunakan Bank NEO. Temen yang kalian ajak, akan mendapatkan cashback sebesar Rp50.000 dari bank NEO. Menarik banget, kan?

Nah, jika kalian ingin mendapatkan cashback 50 ribu, kalian bisa menggunakan kode ini ketika kalian mendaftar di bank NEO.

Pinjam Uang di Bank NEO

pinjam uang di bank neo
Anda bisa mengajukan pinjaman di Bank NEO

Ada yang bertanya, bisa nggak ya meminjam uang di bank NEO? Tentu Bisa! Bank Neo ada fitur Neo Pinjam dimana fitur ini adalah pusat layanan pinjaman uang di bank NEO. Tentunya dengan limit pinjaman tinggi, pengajuan mudah, bulanan pinjaman hingga 12 bulan, persetujuan cepat dan yang paling penting adalah bunga harian rendah mulai dari 0,2%.

Kesimpulan: Anak Muda Wajib Nabung di Bank NEO

Biasanya anak mudah masih memiliki jumlah uang yang belum terlalu banyak untuk menyimpan uangnya dalam bentuk cash. Itu karena kebanyakan bank konvensional memberlakukan biaya administrasi yang dipotong setiap bulannya.

Tapi sekarang kalian parah kaum muda tidak perlu khawatir karena Bank NEO memberikan free admin bulanan yang artinya berapapun kalian menaruh uang Kalian mau dalam jumlah banyak ataupun kecil, uang kalian tidak akan dipotong.

Dan yang lebih penting lagi, untuk anak muda adalah literasi keuangan. Di bank Neo kalian bisa mendapatkan literasi keuangan dengan membaca berbagai artikel di Neo News. Mulai dari Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar bagaimana cara menabung yang benar, cara berinvestasi yang menguntungkan, tips belanja hemat dan lain sebagainya. Intinya adalah Bang Neo lebih dari sekedar bank.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *