5 Cara Melaporkan Pinjol Ilegal ke OJK

Share dulu, dong!

Cara Melaporkan Pinjol Ilegal ke OJK – Pinjaman online ilegal masih menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. Banyak pelaku usaha pinjaman online ilegal yang tidak memiliki izin dan menipu calon peminjam dengan berbagai cara.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melaporkan pinjaman online ilegal kepada OJK agar bisa diambil tindakan yang sesuai dan mencegah kerugian bagi masyarakat. Artikel ini akan membahas secara detail bagaimana melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK.

Apa itu Pinjaman Online Ilegal?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK, penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan pinjaman online ilegal.

Pinjaman online ilegal adalah pinjaman yang diberikan oleh pelaku usaha yang tidak memiliki izin dari OJK atau tidak mematuhi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Pinjaman online ilegal juga seringkali menipu calon peminjam dengan bunga yang sangat tinggi, biaya yang tersembunyi, dan praktik peminjaman yang tidak etis.

Mengapa Melaporkan Pinjol Ilegal?

Melaporkan pinjaman online ilegal sangat penting untuk mencegah terjadinya kerugian bagi masyarakat. Pelaku usaha pinjaman online ilegal seringkali menipu calon peminjam dengan cara-cara yang tidak etis, seperti menawarkan bunga yang sangat tinggi atau mengenakan biaya tersembunyi. Selain itu, pelaku usaha pinjaman online ilegal juga dapat mengambil informasi pribadi calon peminjam secara ilegal.

Tata Cara Melaporkan Pinjol Ilegal ke OJK

Dengan melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK, masyarakat dapat membantu memutus mata rantai peredaran pinjaman ilegal di Indonesia dan mencegah terjadinya kerugian finansial dan keamanan.

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Melaporkan Pinjol Ilegal

Mengumpulkan Bukti

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melaporkan pinjol ilegal ke OJK adalah mengumpulkan bukti-bukti terkait pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Bukti-bukti tersebut bisa berupa bukti transfer, dokumen perjanjian, atau informasi lainnya yang bisa membuktikan bahwa pelaku usaha melakukan kecurangan.

Mengisi Formulir Pelaporan

Setelah mengumpulkan bukti-bukti, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pelaporan yang tersedia di situs web OJK. Formulir tersebut berisi informasi pribadi pelapor dan rincian mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap agar memudahkan OJK dalam menindaklanjuti laporan.

Melampirkan Bukti Pelanggaran

Setelah mengisi formulir pelaporan, selanjutnya pelapor harus melampirkan bukti-bukti pelanggaran yang sudah dikumpulkan. Pastikan untuk melampirkan bukti-bukti yang lengkap dan jelas agar memudahkan OJK dalam menindaklanjuti laporan.

Mengirimkan Laporan ke OJK

Setelah mengisi formulir laporan online dan melampirkan dokumen pendukung, langkah selanjutnya adalah mengirimkan laporan tersebut ke OJK. Terdapat beberapa cara untuk mengirimkan laporan, yaitu:

  • Melalui Email: Laporan dan dokumen pendukung dapat dikirimkan ke email resmi OJK di konsumen@ojk.go.id. Pastikan untuk mencantumkan subjek email yang jelas dan deskripsi singkat mengenai kasus pinjaman online ilegal yang dilaporkan.
  • Melalui Pos: Laporan dan dokumen pendukung dapat dikirimkan melalui pos ke alamat kantor OJK terdekat dengan alamat rumah atau tempat kerja Anda. Pastikan untuk mencantumkan alamat lengkap dan jelas serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Alamat Lengkap Kantor OJK untuk konsumen:

Up. Direktorat Pelayanan Konsumen
Menara Radius Prawiro Lt.2
Komplek Perkantoran Bank Indonesia
Jl. MH. Thamrin no. 2
Jakarta Pusat
10530

  • Melalui Layanan OJK POIN: OJK POIN merupakan layanan telepon pintar yang disediakan oleh OJK untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi mengenai layanan keuangan. Masyarakat dapat mengirimkan laporan dan dokumen pendukung melalui layanan ini dengan menghubungi nomor 157.
  • Melalui Chat WhatsApp: Anda juga bisa melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK melalui chat WA. Silahkan simpan kontaknya: 081157157157
  • Melalui Situs Website Resmi OJK: Ini adalah langkah yang paling mudah dan lengkap. Anda juga bisa mengadukan pinjol ilegal ke OJK melalui situs website resmi yang dikeluarkan oleh OJK itu sendiri. Silahkan klik di sini untuk masuk ke halaman form pengaduan.
Halaman form pengaduan konsumen ke OJK

Setelah laporan dan dokumen pendukung diterima oleh OJK, petugas OJK akan memeriksa dan mengevaluasi laporan yang telah diterima. Jika ditemukan bukti yang cukup mengenai adanya praktik pinjaman online ilegal, OJK akan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

FAQs Tentang Melaporkan Pinjol Ilegal

Jika kita sudah melaporkan ke OJK, Apa tindakan selanjutnya?

Setelah melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK, pihak OJK akan menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan terhadap perusahaan atau individu yang diduga terlibat dalam praktik ilegal tersebut. Jika terbukti bersalah, pihak OJK akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti memberikan peringatan, mencabut izin usaha, hingga melakukan tindakan pidana.

Namun, sebagai pihak yang melaporkan, kita juga harus memastikan bahwa data dan informasi yang disampaikan ke OJK akurat dan valid. Hal ini dapat membantu proses investigasi pihak OJK menjadi lebih efektif dan akurat, sehingga sanksi yang diberikan pun dapat lebih efektif dalam memberantas praktik ilegal tersebut.

Apakah pihak OJK bisa menghapus pinjaman online ilegal di play store?

Tidak, pihak OJK tidak memiliki kewenangan untuk menghapus aplikasi pinjaman online ilegal dari Play Store atau platform lainnya. Namun, OJK dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk menghapus aplikasi tersebut. Selain itu, OJK juga dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian dan instansi terkait untuk menindak aplikasi pinjaman online ilegal. Namun, sebagai pengguna yang bertanggung jawab, kita juga dapat membantu dengan cara melaporkan aplikasi pinjaman online ilegal yang kita temukan di Play Store ke OJK atau melalui layanan pengaduan yang disediakan oleh platform tersebut.

Bagaimana cara melaporkan pinjaman online ilegal di Play Store?

Pihak Google selaku pemilik platform Play Store sudah memberikan fitur pelaporan di masing-masing aplikasi.

Kesimpulan

Melaporkan pinjol ilegal ke OJK merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk melindungi diri dan orang lain dari praktik pinjaman ilegal yang merugikan. Dengan mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melaporkan pinjaman online ilegal, diharapkan masyarakat atau pengguna dapat lebih berani dan terampil dalam menghadapi kegiatan pinjol ilegal yang semakin marak di Indonesia.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

26 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Sy kenak lae tgl 25 mei 2023 awalnya hanya cek listnya tiba2 ad info transaksi berhasil, sy mencoba tlp no kontak aplikasi nya direspon WA dan diarahkan cara pngembalian / cansel pinjaman. sy sdh ikutin ttapi stleah dana sy trnsfer tepatnya harini sy dpt WA Tagihan. dgn kata2 yg sangat kasar.. solusinya gmn krn sy sdh kembalikan langsung danannya ttpi sy ttp harus bayar.⁹

    • Aduh lae, seharusnya jangan mau lae ikutin atau transfer uang itu. Pakai aja uangnya buat lae. Lumayan itu uang gratis.
      Abaikan saja chat WAnya dan bilang ke dia kalau lae sudah kembalikan uangnya. Kalau tetap ngeyel, abaikan saja!.

  2. Bang, saya pun mengalami hal tersebut.
    Abang bilang abaikan saja..
    Pertanyaan saya :
    1. Berapa lama hal ini terjadi
    2. Apa dampaknya kalau kita abaikan
    3. Kalau kita akan selesaikan gimana caranya

    • 1. Berapa lama hal ini terjadi: Abaikan
      2. Apa dampaknya kalau kita abaikan: Dampaknya adalah jumlah korban akan terus bertambah dan terus meningkat.
      3. Kalau kita akan selesaikan gimana caranya: Abaikan

  3. saya jg coba aplikasi nya bang..eh tiba2 masuk dana 1.100.000 tagihannya 1.800.000 tenornya hanya 7 hari. kaget dan syok. auto cek google no pengaduan..saya bilang mau batalin pinjaman
    di suruh tf balik..di situ saya mulai curiga. akhirnya ga jadi. eh malah dia nya sewot, marah marah
    saya blok..dia wa lg dari no lain, blok lg..wa lg
    intinya dia ngancem

    yg saya tanyakan gimana bang..kemana saya mau menyelesaikannya..apa ngadu ke ojk apa di abaikan aja?

      • Bang saya juga kaget uang masuk 1.100.00,saya kaget harus bayar 1.8,sedangkan tenor cuma 7 hari, gimn solusinya bang, saya sampe gemetaran bang hrs bayar 1.1 juta

        • Biarin aja kak, gunakan ja uangnya. Sudah terlanjur masuk pinjol ilegal. Bayar atau tidak bayar sama saja data pribadi kakak sudah ada pada mereka.
          Cuma saat ini kakak harus kuatkan mental.

  4. bang saya juga mengalami hal yg sama cuma beda nya saya itu tdk merasa mengajukan ataupun meminjam di apl cash pro dan saya tdk ada download apl tsb. tp tba2 ada WA saya disuruh bayar krn sdh japo. saya bingung sdangkan sy tdk tau nominalnya brp. itu sebaiknya gmn ya bang karna dia sdh mengancam sebar data saya.

  5. Siang kak, saya baru dua hari ini ngalami hal yang sama. awalnya saat itu saya butuh biaya untuk pengobatan anak saya karena kecelakaan tunggal dan tidak di cover BPJS Kesehatan butuh biaya sebesar 3jt.
    saya memang tidak tahu dan tidak pernah tahu dan ngerti tentang pinjol ini. selain itu pembayaran gaji saya saat itu terlambat hingga 1 bulan

    saya saat buka pla strore lihat KTA Mudah lalu saya tertarik dan down load. kemudian saya ikutin prosesnya, tetapi ketika saya ajukan pinjaman dan berhasil tidak diada informasi biaya yang sudah ditransfer

    seteklah saya cek bank mandiri saya, ternyata masuk lebih dari 3 jt dan ternyata setelah saya cek di aplikasi KTA Mudah di bagian di cairkan saya kaget ada 3 aplikasi yang tercantum yang harus saya bayarkan

    kemudian 2 hari sebelum jatuh tempo sudah diingatkan melalui WA dengan penagihan yang kurang etis. saya berusaha cari pinjaman kawan, karena totak tagihan hingga 4,5jt dari tiga aplikasi

    singkat cerita, yang 1 tagihan saya bayar, kemudian sisanya saya saya coba ajukan kembali dari KTA Mudah hingga akhirnya saya hanya bisa membayar tunggu gajian yang tertunda di akhir bulan juli ini. tetapi terus di teror DC di WA

    mohon petunjuk dan pencerahanya ya kak. terimakasih

    • Siang juga pak imam.
      Saya turut prihatin atas kejadian yang dialami bapak.
      Terkait masalah pinjol, KTA Mudah adalah pinjol ilegal yang sangat populer di Play Store.
      Jika mas sudah terlanjur masuk/daftar dan sudah mengajukan pinjaman di aplikasi ini, maka saya menyarankan untuk tidak membayar atau melunasi cicilan terebut. Karena bagi kami, pinjol ilegal adalah PENIPU. Data pribadi mas sudah ditangan orang yang salah dan bisa berpotensi penyalagunaan data pribadi sekalipun pak bayar/lunasin semua sisa hutang di KTA Mudah.

      Jika ada DC kontak bapak, kami sarankan untuk mengabaikan dan blokir semua nomornya. apakah ada DC lapangan? 1000000% tidak ada.

  6. iya kk saya jga sma waķtu tu saya pinjam pinjol dana pay tr nyata saya pinjam 1’jta 600 tpi d tf 1jta 40 trus d balik’n 7 hari 1jta 600 kn saya balikin tu dana dn saya sudah balik’n k’cs ny trnyata ada wea dn segalah macam ny yg keluar minta d byar lgi saya bolkir tu nmr dn nmr hp ny di ganti2 trus dn nelor2 trus dn di tlpn2 trus sampi saya gk nyaman’ tu dana sudah saya balik’n gmn klu gk d balik’n mau lapor’lapor kmn y kk

    • Seharunya jangan dilunasin,… lebih baik dibiarkan saja.
      Tapi kalau sudah terlanjur, jangan transfer lagi. seperti itulah cara pen1pu bekerja….

  7. kak Hendri,baru kmren juga saya kena tipu dana pay ini,saya mau bayar saya konfirmasi dulu ke CS nya karena aplikasi sempat ke unnistal, eh malah katanya mau dibantu di bekukan kok malah pinjaman saya jadi banyak dan tidak berkurang setelah saya trf balik, kalo saya gak bayar gimana ya kak

    • Hai kak Nita,
      Sebelumnya perlu kakak ketahui bahwa konsekuensi ajukan pinjaman di pinjol ilegal adalah auto sebar data. Mau bayar atau tidak, kakak tetap rugi. Saran saya, kalau dana-nya sudah masuk ke rekening, lebih baik galbay saja. Masalah sebar data itu sudah pasti. tinggal kakak harus kuat mental.

  8. td siang ak coba install tunai sayang. setelah isi data dsb, tiba² muncul di layar ada 2 pinjaman yg sedang di verifikasi sebesar 1,8×2 😭😭 sedangkan ak blm pilih besar pinjaman dan tenor nya. ga lama msk notif mbanking klo ad uang ±1,16 2x juga
    gilaaa.. mn ak gbs batalin dan cm dpt tenor 7hr. jadi 1,8×2 selama 1minggu
    di bwh itu ad pilihan tautan memperpanjang masa pembayaran dan pelunasan ( perpanjangan 1mggu ) begitu aku klik perpanjdngan, muncul tagihan 720k
    pikiranku itu bs mengurangi beban yg hrs di byr.
    taunya itu cm mperpanjang aj. hutangku sm skali ga berkurang 😭😭 gmn baiknya baang.. pliiiss 🙏🏻🙏🏻

  9. truuss.. apa mrk akan menghubungi dan teror kontak yg kita isi di aplikasi..? sebar data spt ap kak.. apa bnr kt org² data kita di sebar ke semua kontak kita.. atau sebar ke pinjol² ilegal lain..?

  10. Kalau tidak dibayar nanti gimana kak data saya disebar luaskan misal disalahgunakan mereka. mereka susah sekali dilacak keberadaannya. mereka punya banyak sekali No Tlp atau Hp. kok bisa dapat kartu Hp begitu banyak. Tp ini kan mudah buat pemerintah untuk merangkul dg cara melacak kartu Hp yang pernah mereka gunakan. lalu pemerintah kan bisa bekerja sama dg telkomsel ataupun perusahaan telkom lainnya. ini gimana sih ? kok kayaknya susah banget penjahat online itu dibrantas. sementara korban smakin banyak berjatuhan.

  11. Pagi Bang, seminggu kemarin Sy buka apk KTA Pintar, baru pengajuan langsung ada transferan 4produk 4jt harus bayar 6jt500rb tenor 7 hari. mau Sy balikin bingung harus kemana balikin, mo bayar ga ada uang buat +2jt500rb nya.Sy harus bagaimana Bang? sementara WA penagihan terus di tekan.

  12. saya bu nur, saya coba pinjam dana darurat, karna ada keperluan mendadak, trus stelah pengajuan d acc 1200000 pas saya cek uang nya hanya ada 620000 saya syok ini tidak sesuai dengan pinjamn, dengan spontan sy ketik loguot, bagaimana kak, apa nanti dc akan sebar data saya, atau saya kembalikan uangnya, tlong ka solusinya trimakasih

    • Halo kak Nur,
      Sayang sekali ka Nur sudah masuk ke dalam jebakan mereka.
      Karna sudah terlanjur, saran saya lebih baik tidak bayar atau gagal bayar saja.
      Dari pengalaman sebelumnya, kalau kita lunasin, nanti mereka kirim uang lagi ke rekening kakak sebagai pinjaman.
      Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak bayar.

      • pengalaman saya baru2 ini, tiba2 d hubungi rentenir Super Pinjaman padahal tdk ada pinjaman aktif, lalu ditipu yg mengaku cs, diminta cairkan Pinjaman sekitar 15jt untuk di transfer ke VA yg cs itu berikan dg iming2 hapus data dan tutup akun, tp trnyata tagihannya masih berjalan dan tdk berkurang, karena sy tdk bayar ( tdk pakai uangnya sepeserpun juga ) sy diteror banyak dc dan data saya sudah disebar ke kontak2 sy dan diancam akan digunakan untuk galang dana dan diedit menjadi poster tidak senonoh, untung sy kontak2 sy supportif karena sudah sy briefing untuk abaikan org yg menagih.. sementara hubungi ojk, satgas, dsb tp blm ada hasil, mungkin masih diselidiki, semoga tdk ada korban selanjutnya