Memahami Dasar SEO untuk Pemula (Apa, Kenapa, Cara Kerja)

Jika Anda pernah mendengar kata SEO dari teman atau Group, namun tidak tahu sama sekali benda apa itu sebenarnya. Lalu penasaran dan ingin belajar cara mengoptimalkan mesin pencari agar pengunjung banyak mampir di blog Anda? Pada Pada kesempatan kali ini izinkan saya menjelaskan tentang Dasar SEO untuk Pemula. Kita bahas dulu tentang SEO secara sederhana dan saya harap teman-teman mudah memahaminya.

Dasar SEO untuk Pemula

seo untuk pemula
Dasar SEO

SEO merupakan tehnik yang selalu digunakan oleh pemilik website. Mau dia situs blog, toko online atau situs lainnya.

SEO itu sebenarnya tidak wajib. Tetapi jika kita terapkan ke dalam blog kita, maka efek dan manfaatnya itu jauh lebih besar.

Itulah mengapa orang mati-matian belajar gimana caranya supaya dia bisa menerapkan SEO di websitenya dengan baik dengan harapan mendatangkan banyak pengunjung.

Tahu ga, sekitar 64% sumber pengunjung berasal dari pencarian Google atau sejenisnya. Cuma ada 10% yang berasal dari Sosmed. dan lainnya berasal dari direct atau ketik langsung alamat blog kita di bilah browser.

Apa itu SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah serangkaian praktik yang dibuat untuk meningkatkan trafik dan posisi halaman situs website dalam hasil pencarian organik.

Situs yang baik adalah situs yang mana memiliki lebih banyak pengunjung yang berasal dari pencarian penelusuran seperti Google maupun Bing. Oleh karena itulah dibutuhkan sebuah strategi SEO yang baik dan ini adalah suatu hal yang penting sekali.

Apakah SEO itu Penting?

Apa itu SEO
Dasar SEO untuk pemula

Pada bab sebelumnya sudah kita dapat gambaran tentang betapa pentingnya optimasi SEO di website.

Sekarang begini,

Misalnya si A ingin mencari informasi tentang “cara memasak daging” di Google. Pastinya si A mengetik di kolom pencarian cukup dengan mengetik ‘cara masak daging’. Atau bahasanya sendiri.

Atau, ketika Anda ingin tahu tentang SEO, apa yang akan Anda ketik di kolom pencarian? “Cara Optimasi SEO” atau “Apa itu SEO”, ya kan?

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil pencarian dari apa yang Anda ketik.

Apakah pernah teman-teman di sini berkunjung ke halaman kedua atau ketiga pada halaman pencarian Google? Mungkin jarang lah ya. Kebanyakan kita mentok di halaman pertama pencarian saja.

Jadi, mana yang lebih ramai dikunjungi orang? Halaman satu atau halaman dua, tiga? tentu halaman 1 Google, dong.

Contoh di atas menunjukkan bahwa betapa pentingnya SEO bagi blog kita.

Sasaran kita untuk optimasi website adalah tampil di halaman pertama (Google Page One).

Itu sudah jelas..

Bahkan lebih baik mendapat kursi nomor satu di halaman pertama. Dan itulah mengapa sekali lagi saya katakan pentingnya penerapan SEO di blog atau situs website lainnya.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari (Google dan Bing) menggunakan yang namanya perayap atau crawler. Kadang Google sendiri menyebutnya Spider atau Bot.

Mereka ini berfungsi untuk mengumpulkan data dan informasi tentang konten yang ada di internet.

Bot ini akan mempelajari, mengenal semua konten dan mengikuti tautan internal serta tautan eksternal ke halaman situs lain. Hal ini dilakukan pada setiap halaman dan bagaimana sebuah halaman itu tersambung secara sistematik ke semua halaman lainnya dalam database mesin pencari. Inilah yang disebut dengan Indeks. Hasil pencarian organik ini sudah mencakup halaman yang penuh dengan teks, berita, gambar, video, bisnis lokal dan semua jenis konten lainnya.

Setelah terindeks, barulah mesin pencari menentukan blog kita cocoknya di posisi mana. Halaman 1, halaman 2 atau halaman berikutnya?

Faktor Agar Situs Masuk Halaman Pertama

Banyak sekali faktor untuk menentukan suatu website masuk ke dalam kategori peringkat pertama atau tidak. Namun hal itu cocok di bawah tiga pilar SEO:

  • SEO On-Page
  • SEO Off-Page, dan
  • Technical Optimization

Ada juga beberapa contoh faktor lain yang menentukan peringkat halaman website kita.

  • Kata kunci di tag judul website
  • Optimasi Kecepatan Loading Website
  • Reputasi

Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs https://digitalmarketinginstitute.com/ ada algoritma mesin pencarian utama Google yang bernama Google Hummingbird. Dia bertugas untuk memutuskan serta bertanggung jawab atas hasil peringkat di situs mesin pencari.

Lalu, ada juga sub-algoritma lainnya yang bernama RankBrain. Dia ini bertugas untuk mencari frasa kalimat yang tidak dipahaminya sehingga dengan kecerdasannya RankBrain akan mempelajari dan memahami lebih baik dengan cara menghubungkan ke beberapa kueri yang ada.

Jadi RankBrain ini akan memberikan semacam ucapan terimakasih atau penghargaan kepada website yang memberikan kepuasan kepada penggunanya.

Google sekarang telah menggunakan algoritma yang sangat canggih. Sehingga mampu memberikan hasil pencariannya yang sangat akurat sekali. Tidak seperti dulu di tahun 2009. Webmaster bisa memanipulasi SEO sehingga hasil pencarian kadang tidak relavan dengan apa yang kita inginkan.

Saya harap sampai di sini teman-teman pengguna Blogger maupun WordPress sudah memahami sedikit tentang SEO. Dan di artikel selanjutnya, kita akan bahas cara mengoptimasi SEO di blog.

Bagikan:

Tinggalkan komentar