Cara Mematikan Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP

Share dulu, dong!

Bluetooth adalah golongan fitur bawaan ponsel yang memiliki fungsi untuk pengiriman data. Komponen fitur ini biasanya akan dinyalakan saat akan dipakai oleh penggunanya. Namun tidak jarang, Bluetooth menyala sendiri dan membuat penggunanya bingung. Jika hal ini terjadi, maka harus tahu cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri dengan metode yang tepat.

Setidaknya ada dua komponen metode utama yang akan dijabarkan dalam pembahasan ini. Jadi, pihak yang sedang mendapatkan masalah serupa bisa memilih salah satu dari dua metode yang ada. Penasaran bagaimana cara mematikannya? Simak urutan cara yang ada di bawah ini secara menyeluruh ke semua poinnya.

Seperti yang dilansir dari Ayo Makan by Marriott Bonvoy berikut cara untuk mematikan bluetooth dengan mudah dan cepat.

Mematikan Bluetooth pada Bagian Bluetooth Scanning

Permasalahan paling mendasar kenapa Bluetooth menyala sendiri adalah karena sedang terjadi pemindaian pada lokasi. Dengan adanya pemindahan lokasi ini, biasanya beberapa perangkat akan menyalakan Bluetooth secara otomatis dengan bantuan fitur scanning yang ada.

Cara untuk membukanya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna wajib untuk masuk ke bagian “Pengaturan” yang ada di perangkat.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, maka tiap pengguna wajib melanjutkan proses dengan pergi ke menu “Connections”.
  • Pada menu tersebut, akan disediakan beberapa opsi pilihan yang menarik. Langsung saja pergi ke bagian “Location” untuk melanjutkan prosesnya.
  • Setelah itu, masuk ke bagian “Improve Accuracy” yang sudah tertera di jajaran menunya.
  • Jika ada halaman baru yang muncul, maka akan tersedia beberapa pilihan. Pada bagian “Bluetooth Scanning”, pastikan untuk mematikan tombolnya agar Bluetooth tidak menyala sendiri lagi.

Dengan menerapkan serangkaian proses di atas, maka pengguna bisa mematikan bahwa Bluetooth tidak akan menyala lagi. Menu tersebut memang berguna untuk mematikan fitur Scanning Bluetooth secara otomatis. Jadi meskipun nantinya akan dilakukan pemindaian lokasi, namun Bluetooth tidak akan menyala sendiri.

Melakukan Penghapusan Data Bluetooth yang Menumpuk

Mematikan Bluetooth
Cara mematikan Bluetooth

Selain karena pemindaian lokasi, permasalahan lain yang menyebabkan Bluetooth sering nyala sendiri adalah karena adanya penumpukan data. Cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri pada metode kedua ini difokuskan untuk menghapus data yang ada. Untuk mengetahui prosesnya, simak uraian cara berikut ini:

  • Langkah paling dasar yang harus dilakukan adalah masuk ke bagian “Pengaturan” yang terpasang di perangkat.
  • Setelah itu, pastikan untuk menuju menu “Apps” atau “App Management” yang ada di jajaran menunya. Menu ini akan menampilkan banyak aplikasi yang sudah terpasang di perangkat.
  • Jika sudah masuk ke menu tersebut, maka pengguna bisa memilih menu “More Options” yang letaknya ada di urutan ketiga.
  • Kemudian, masuk ke bagian “Show System Apps” agar semua aplikasinya muncul.
  • Cari aplikasi Bluetooth, dan segera masuk ke dalamnya.
  • Buka bagian “Storage”, dan pencet tombol “Clear Data” yang ada di dalamnya. Dengan demikian, data yang terlalu banyak dan membebani akan dihapus atau dibersihkan.

Melalui serangkaian proses membersihkan data di atas, maka Bluetooth yang ada di perangkat tidak akan menyala sendiri lagi. Langkah ini memang terlihat sepele untuk dilakukan. Namun jika diterapkan dan dijalankan dengan baik, maka permasalahan Bluetooth yang menyala sendiri bisa terselesaikan secara menyeluruh.

Itulah penjelasan mengenai cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri dengan langkah mudah dan sederhana. Dengan menerapkan dua metode tersebut, maka Bluetooth tidak akan menyala sendiri saat tidak diperlukan. Agar tidak ada hambatan yang muncul selama prosesnya, maka pastikan untuk mengikuti semua poin langkahnya dengan benar.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu