2 Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi

Bagikan:

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi – Jika Anda memiliki ponsel Xiaomi, Anda dapat memeriksa kapasitas dan kesehatan baterai Anda saat ini dengan beberapa metode. Anda harus memperhatikan kesehatan baterai. Karena baterai yang buruk dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda dan menyebabkan shutdown tiba-tiba. Beberapa baterai kondisi buruk bahkan dapat membengkak dan meledak seiring waktu.

Dengan iOS 11.3, diperkenalkan pada Maret 2018, fitur tampilan kesehatan baterai telah ditambahkan ke perangkat Apple. Keingintahuan tentang kesehatan baterai yang dimulai dengan Apple kini menjadi detail yang diperhatikan semua pengguna. Menampilkan persentase kesehatan baterai melalui pengaturan umumnya tidak tersedia di ponsel Android lain, kecuali HUAWEI, tetapi cukup mudah untuk mengetahui level baterai.

Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi menggunakan ADB/LADB

Dengan metode ini, tidak perlu menggunakan komputer untuk memeriksa kapasitas baterai. Anda dapat dengan mudah mengetahui kapasitas baterai dan persentase kesehatan baterai dengan LADB di ponsel Anda.

Jika Anda ingin melakukannya dengan komputer, Anda harus menginstal driver ADB terlebih dahulu dari artikel ini. Setelah itu, Anda perlu mengaktifkan opsi pengembang di ponsel Anda dan mengaktifkan USB debugging. Ada satu detail lagi yang tidak boleh Anda lupakan: Ponsel Anda harus terisi 100%.

Jika Anda melakukan pengoperasian tanpa mengisi daya ponsel hingga penuh, Anda mungkin salah mengukur kapasitas baterai.

  • Buka command prompt (cmd) di PC/laptop
  • Ketik “adb shell” dan hubungkan ponsel Anda ke PC. Jika driver diinstal dengan benar, PC akan mendeteksi telepon dan Anda akan melihat nama kode perangkat pada prompt perintah.
Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi
  • Ketik “dumpsys battery” dan Enter.
hasil cek baterai xiaomi

Jangan lupa bahwa Anda juga dapat memeriksa kesehatan baterai melalui telepon dengan LADB, tanpa memerlukan komputer, menggunakan instruksi yang sama. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan LADB, Anda dapat membaca artikel ini.

Baca: Xiaomi atau Realme? Mana yang Lebih Baik?

Anda dapat memeriksa arus, tegangan, kapasitas, suhu, dan semua informasi lain dari baterai perangkat Anda. “charge counter” dalam informasi menunjukkan kapasitas baterai perangkat, “status” berarti apakah baterai sudah penuh. Jika baterai Anda terisi penuh, akan muncul “status: 5”.

Dalam hal ini Anda dapat mengetahui kapasitas baterai dan kesehatan baterai Anda yang sebenarnya. Mengenai informasi di tangkapan layar, penghitung pengisian daya adalah 2368000. Ini berarti 2368 mAh. Data dapat bervariasi tergantung pada kapasitas baterai perangkat Anda.

Selain kapasitas baterai, Anda dapat memeriksa persentase kesehatan baterai dengan rumus matematika sederhana. Kapasitas aktual dalam spesifikasi teknis perangkat Anda dan kapasitas saat ini yang Anda hitung di atas, bersama dengan rumusnya, akan memberi Anda persentase kesehatan baterai.

Rumus matematika yang dibutuhkan adalah (kapasitas aktual / kapasitas saat ini)100. Contoh, (2386/2800)100. Dengan rumus ini, Anda dapat menentukan persentase kesehatan baterai. 2386 mAH adalah kapasitas baterai saat ini, sedangkan 2800 mAh adalah kapasitas baterai sebenarnya dari Pixel 4.

Sebagai hasil perhitungan, kesehatan baterai adalah 85%, datanya mungkin tidak 100% akurat. Anda bisa mendapatkan hasil yang paling akurat dengan mengosongkan dan mengisi penuh baterai perangkat Anda.

rumus untuk cek kesehatan baterai hp xiaomi
Rumus Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi menggunakan Metode Laporan Bug

Dimungkinkan untuk memeriksa kesehatan baterai dengan membuat laporan bug di MIUI. Seperti metode ADB, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan baterai Xiaomi dengan rumus matematika yang sama.

  • Buka pengaturan dan klik “Perangkat saya atau My device”.
  • Kemudian lihat semua spesifikasi dan tap ata ketuk info CPU sebanyak 5 kali.
Memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi
memeriksa Kesehatan Baterai Xiaomi
  • Setelah itu, perangkat Anda akan membuat laporan bug, Anda dapat memeriksanya dari taskbar.
  • Cari dan ekstrak file zip laporan bug yang cocok dengan tanggal saat membuat laporan bug. Sebagai contoh: “bugreport-2022-06-11-180142.zip”.
  • Klik dan masukkan file yang Anda ekstrak, ada zip lain di dalamnya. Ekstrak file zip ini dan masukkan ini.
  • Buka file teks dalam file terkompresi terakhir yang Anda ekstrak di editor teks dan cari “healthd” di dalamnya.

Nilai “fc” di garis sehat menunjukkan kapasitas baterai Anda saat ini. Menurut nilai “fc=4320000” di tangkapan layar, kapasitas baterai perangkat saat ini adalah 4320 mAh. Rumus (Kapasitas aktual / Kapasitas saat ini)*100 dapat kita gunakan untuk menghitung besar daya persentase kesehatan baterai xiaomi.

Kesimpulan

Dengan dua metode sederhana, Anda dapat menghitung dan melihat kapasitas baterai dan persentase kesehatan baterai perangkat Xiaomi Anda. Jika persentase kesehatan baterai buruk, isi penuh baterai dengan pengisi daya lambat setelah benar-benar kosong. Kemudian periksa kembali persentase kesehatan baterai Anda, mungkin bisa membantu. Jika masih buruk, saatnya mengganti baterai dengan yang baru.

Tinggalkan komentar