Memori Internal Mau Habis? Cloud Storage Solusinya

Memori Internal Mau Habis atau memori penyimpanan hampir habis adalah salah satu momen yang pastinya kalian pernah mengalami terutama hp kentang kayak hp aku ini.

Memori Internal Mau Habis

Memori Internal Mau Habis? Cloud Storage Solusinya

Dengan berkembangnya teknologi digital, terpaksa kita harus untuk mengikuti gaya main dunia teknologi . Salah satu contoh adalah Smartphone. Semakin besar perkembangan teknologi smartphone, maka semakin besar juga kapasitas memori internal yang kita perlukan.

Setiap kita pasang aplikasi baru, jepret foto atau video baru, tentu semua file tersebut akan tersimpan di memori internal. Dan ini, dengan berselangnya waktu, Memori internal yang kosong akan habis atau berkurang. Apalagi kalau kamu pasang aplikasi yang banyak dan menyimpan foto atau video berdurasi panjang.

Musti Baca: Cara Menciptakan Stiker WhatsApp Menggunakan Foto Sendiri

Jika memori internal habis, dampak besar terjadi pada sistem android yang menjadi lemot, cepat panas dan bootlop.

Tentu hal itu tidak kita inginkan. Cara untuk menangani memori internal mau habis adalah dengan menghapus beberapa foto atau video yang tidak penting, menghapus aplikasi yang jarang dipakai. Atau kamu juga bisa menyimpan file-file penting seperi dokumen, foto dan video ke dalam memori eksternal. Untuk lebih lanjut tonton video ini:

Tapi pada artikel kali ini aku punya cara lain memindahkan file penting dari memori internal ke Cloud Storage. Cara yang kupakai tentu lebih simple dan mudah digunakan.

Cara Backup File Penting ke Cloud Storage Menggunakan Aplikasi File Manager +

Oh ya, Bagi teman-teman yang belum tahu, Cloud Storage adalah tempat penyimpanan yang bersifat online atau mengandalkan internet untuk mengakses data.

Contoh perusahaan yang menyediakan cloud storage gratis adalah Google Drive, Dropbox, 4Shared dan masih banyak lainnya.

Aku menggunakan aplikasi yang bernama File Manager + untuk membantu upload semua file penting/kenangan seperti foto dan video ke dalam akun Cloud Storage secara mudah dan simple.

Musti Baca: Buka Manager File HP dari PC (jarak jauh)

File Manager +
  • Setelah instal aplikasi File Manager Plus, Buka aplikasinya dan pilih Cloud
  • Pilih salah satu tempat cloud. Pada kasus ini aku pilih Google Drive
  • Kemudian pilih akun Google kamu untuk masuk dan izinkan

Sekarang akun Google Drive kamu sudah dikaitkan. Kamu bisa langsung menuju ke file yang ingin kamu pindahkan.

Musti Baca: OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik? Begini Caranya

Buka beranda File Manager Plus, masuk ke penyimpanan memori internal, cari file kemudian tahan file tersebut lalu pilih Salin atau pindahkan (pilih salah satu).

Memori Internal Mau Habis

Kemudian masuk ke beranda lagi, pilih Cloud, lalu ketuk dan masuk akun Google Drive kamu. Setelah masuk ke dalam penyimpanan Google Drive, silahkan tekan Rekatkan. Tunggu proses pemindahan selesai.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa akun Google Drive lain atau akun Dropbox dan juga akun Box.

Memori Internal Mau Habis – Mungkin itu yang bisa aku bagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar