Cara Sukses Mendapatkan Penghasilan dari Blog 2022

Bagikan:

Apakah Anda masih baru memulai membuat blog? Inilah tutorial untuk Anda yaitu cara mendapatkan penghasilan dari blog di tahun ini. Jadi artikel ini khusus untuk Anda yang masih pemula dan ingin menekuni di dunia blogging.

Jika Sobat Pasta adalah seorang blogger baru (newbie), mungkin agak sulit untuk mengetahui dari mana Anda harus memulai.

Atau mungkin terinspirasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman dan sudah mendapatkan penghasilan besar dari blog, tetapi Anda tidak begitu mengerti caranya bagaimana.

Untuk itu, melalui artikel ini, Pasta ingin sekali memberikan panduan cara menghasilkan uang dengan blog (pemula).

Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Namun sebelum itu, Ini bukan ‘cara cepat kaya’. Jika Sobat Pasta mencari sesuatu di online yang bisa cepat kaya, maaf, Anda berada di tempat yang salah.

Jangan terlena dengan gambar mobil mewah atau rumah miliaran. Tidak ada pekerjaan yang santai-santai tapi uang mengalir ke rekening. Tidak ada pekerjaan yang kerjanya cuma ke pantai atau tidur di hotel bisa mendapatkan uang.

Ini bukan artikel cara menghasilkan uang secara online lainnya. Namun ini adalah blog atau postingan artikel tentang cara mendapatkan penghasilan dari blog secara baik dan halal tentunya.

Saya tidak mengiming-imingkan bahwa; “dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa menghasilkan uang hingga ratusan dollar” seperti artikel-artikel lainnya.

Tapi saya hanya memberi tahu dari mana kita bisa mendapatkan uang dari blog menggunakan WordPress.

Tinggal Anda yang memaksimalkan semua tips dari yang berikan nanti.

Oke, Saya rasa sudah paham ya,…

Yuk kita langsung saja cara mendapatkan penghasilan dari Blog di tahun ini.

Mendapatkan Uang dari Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Mendapatkan Penghasilan dari Blog melalui afiliasi marketing

Menurut saya ini adalah cara yang paling mudah dan paling banyak dipakai oleh para blogger yang berpengalaman. Dan ini sangat cocok untuk blogger pemula seperti Anda.

Kita tidak perlu memikirkan produk atau layanan yang biasanya harus disiapkan secara matang. Tetapi cukup mempromosikan produk barang ata jasa orang lain atau perusahaan di blog Anda.

Caranya yaitu menulis atau membuat konten artikel tentang review atau tutorial suatu produk barang atau jasa. Lalu pasang link referal di artikel itu, pembaca artikel Anda melakukan pembelian melalui link tersebut, maka secara otomatis kita akan mendapatkan komisi.

Jadi kita merekomendasikan produk kepada audiens kita melalui link pelacak khusus itu. Maka kita akan mendapatkan komisi sesuai kesepatakan.

Apabila Sobat Pasta tertarik dan mau memulai sebagai affiliate, Maka harus pikirkan produk yang sudah atau sedang digunakan yang mungkin juga diminati oleh audiens Anda.

Tempat yang Bisa Anda Temukan untuk Mengikuti Program Afiliasi

Bagi Anda pengguna blogger baru pasti bingung cara menemukan program afiliasi saat ini.

Perlu Anda ketahui, ada ratusan pilihan dan mungkin pasti Anda akan kewalahan memulai dari mana.

Tetapi, banyak juga blogger pemula mulai mendapatkan penghasilan dari blog melalui afiliasi Amazon.

Anda mendaftarkan diri menjadi afiliasi Amazon dan menggunakan link khusus di dalam blog Anda.

Berapa komisi atau keuntungan yang Anda dapatkan dari program afiliasi Amazon?

Komisi yang kita dapatkan dari program afiliasi Amazon sebesar 4% dari harga produk yang dijual.

Kalau Amazon itu adalah marketplace dari luar negeri, maka Shopee dan Tokopedia juga bisa menjadi pilihan Anda walaupun komisi tidak sebesar Amazon.

Mereka merupakan sebuah marketplace terbesar di Indonesia juga menyediakan program afiliasi.

Atau kalau kamu adalah seorang blogger pengguna WordPress dan bisa menguasai CMS ini, maka tidak salahnya Anda mencoba program afiliasi dari penjual tema atau plugin WordPress seperti GeneratePress, Elementor, atau Evanto.

Contoh salah satu Afiliator yang sukses adalah Syed Balkhi, seorang blogger dan pendiri wpbeginner.com dari tahun 2009. Dia dan timnya juga mengikut program afiliasi yang berkaitan dengan niche blog nya, yaitu WordPress.

Masih banyak lagi afiliator-afiliator sukses berkat platform Blog mereka. Dan Anda juga bisa menjadi bagian dari mereka.

Monetisasi Blog Anda dengan Adsense

Monetisasi Blog Anda dengan Adsense

Sebenarnya tidak hanya Adsense juga sih yang melayani pengiklanan di dunia. Akan tetapi perlu Anda ketahui, bahwa Adsense adalah platform dari Google yang menyediakan tempat untuk menghasilkan uang dari hasil tayang iklan.

Cara kerja Adsense secara singkat. Google sebagai penengah, dan kita di sini sebagai penayang iklan.

Google yang menyediakan alat teknologi sebagai fasilitas antara pemilik iklan dan kita sebagai konten kreator (penayang iklan).

Misalnya, saya ingin produk saya dipromosikan melalui iklan di Google, maka Anda yang punya blog dan mempunyai banyak pengunjung menampilkan tayangan iklan Saya berdasarkan minat audiens.

Bagaimana Perhitungan Penghasilan Kita dari Google Adsense

Sistemnya yaitu bagi hasil. Sederhananya begini. Ada istilah yang digunakan oleh Google Adsense. Yaitu BPK (CPC) dan CPM.

BPK atau CPC atau singkatan dari “Bayar per Klik”. Artinya kita mendapatkan uang dari Adsense jika setiap audiens mengklik iklan.

Berapa biaya perklik di Adsense? Tergantung pemilik iklan. Merekalah yang menetapkan biaya per klik di tiap masing-masing produknya.

Berbeda dengan CPM yaitu “biaya per seribu tayangan”. Jadi ini sistemnya di bayar dengan harga tertentu setelah ditanyang sebanyak seribu kali di blog Anda.

Untuk Anda adalah blogger pemula, Google Adsense adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan uang secara online.

Jual Space Blog Anda sebagai Tempat Pengiklanan

Jual Space Blog Anda sebagai Tempat Pengiklanan

Nah, kalau tadikan kita menjadi partner Adsense agar muncul iklan di tempat space kosong di blog kita.

Kalau yang ini kita tawarkan kepada peminat untuk mempromosikan produk mereka dengan cara pasang iklan di blog kita.

Cara ini jauh lebih menguntungkan dari pada Google Adsense. Kita bisa mematokkan harga periklan atau space iklan berdasarkan tempat dan jumlah pengunjung perbulan di blog kita.

Pertama, jika pengunjung blog kita banyak, jangan sungkan-sungkan untuk membuat harga pemasangan iklan yang lebih mahal (tapi jangan mahal-mahal amat lah) yang penting sesuai dengan jumlah pengunjung dan niche blog Anda.

Yang kedua, tentukan iklan berdasarkan penempatannya. Biasanya bagian header dan sidebar itu lebih mahal dari pada pasang iklan di bagian footer. Tapi itu bervariasi. Dan Anda sebagai pemilik blog yang menentukan harga pemasangan iklan itu sendiri.

TAPI, cara ini sebenarnya lumayan merepotkan jika dibanding dengan Adsense yang tinggal terima gaji saja tanpa harus memikirkan klien (peminat pemasangan iklan). Butuh penanganan yang baik agar tidak berantakan.

Artikel Berpsonsor

Hmmm, ini juga enak dan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dari Blog kita. Jadi orang atau perusahaan tertentu melihat blog Anda dan tertarik untuk bekerjasama dengan kita.

Mereka akan menyuruh kita untuk menerbitkan sebuah artikel baru yang isinya tentang perusahaan atau produk mereka seperti review atau tutorial.

Misalnya blog tentang Resep makanan. Perusahaan yang berkaitan dengan makanan seperti merek bumbu masakan tertarik dengan blog Anda dan menghubungi untuk bekerjasama.

Oleh sebab itu jika Blog sobat sudah banyak pengunjung, jangan lupa berikan laman kontak atau ‘about me’ yang jelas supaya mereka yang ingin bekerjasam bisa kontak Anda secara langsung.

Jasa Pembuatan Artikel

Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang lebih lagi, Sobat bisa membuka jasa pembuatan artikel.

Anda tawarkan di blog Anda dan pasang harga sesuai dengan skil dan harga pasar.

Jual Barang Digital

Anda punya bakat menulis? Jika ya, maka Sobat Pasta bisa membuat sebuah buku yang ditulis di E-Book.

E-Book adalah pilihan yang paling tepat untuk produk digital. Biasanya Anda yang sudah mahir menulis di blog, Anda bisa mengumpulkan dan mengoreksi beberapa artikel yang Anda punya, disusun menjadi beberapa bab dan diproduksi.

Setelah itu Anda bisa buat desain sampul PDF dengan menggunakan tool online seperti Canva.

Di WordPress, Anda akan lebih mudah menjual barang digital dengan menggunakan plugin Easy Digital Download.

Buka Jasa Pembuatan Website

Pembuatan website dengan menggunakan WordPress adalah pekerjaan yang menyenangkan (bagi yang sudah berpangalaman). Untuk saat ini, website masih sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik itu untuk perusahaan besar ataupun untuk instansi pemerintahan.

Bagi blogger pemula, khususnya yang menggunakan WordPress, ini merupakan hal yang belum Anda bisa lakukan. Tetapi setelah Sobat sudah mempunyai pengalaman banyak, Anda bisa membuka jasa pembuatan website. Baik itu website portal berita, website toko online atau landing page.

Mulai Bisnis Jualan Online

Mulai Bisnis Jualan Online

Bagi Anda blogger pemula dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan produk yang Anda punya atau jadi reseller dengan produk yang sesuai dengan topik blog Anda.

Misalnya blog tentang tips tutorial sepeda motor, Anda bisa manfaatkan program reseller dari toko saudara Anda menjualkan barang mereka dan Anda mendapatkan komisi.

Atau punya toko makanan hewan peliaraan, Anda bisa buat blog niche hewan sekaligus menjualkan produk Anda sendiri di blog Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress akan lebih mudah karna ada plugin WooCommerce yang bisa instal di blog untuk menampikan produk yang akan Anda jual.

Kesimpulan

Mungkin itu saja ide bisnis yang bisa mendapatkan penghasilan dari Blog. Sebagai blogger pemula, mungkin agak kesusahan dalam menerapkan di blog nantinya. Namun semua itu perlu proses. Kerjakan secara konsisten, jangan setengah-setengah.

Usahakan bangun blog Anda hingga pengunjung banyak. Optimasikan SEO blog supaya mudah ditemukan di pencarian Google.

Setelah Anda sukses membangun pengunjung, maka hal yang saya bicarakan di atas akan lebih mudah dikerjakan.

So, tunggu apalagi Bangun blog Anda, dan jadikan blog Anda itu sebagai diri Anda sendiri.

Tinggalkan komentar