WhatsApp Tidak Bisa or Bermasalah? Begini Caranya

Bagikan:

Aplikasi Whatsapp sudah tidak asing lagi kita dengar. Bahkan aplikasi ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Whatsapp adalah aplikasi chat (komunikasi) yang paling populer di dunia. Tercatat lebih 10% di dunia menggunakan aplikasi ini secara aktif setiap bulan.

WhatsApp Tidak Bisa atau Bermasalah? Berikut Daftar Solusinya

WhatsApp Tidak Bisa WhatsApp Bermasalah
Sumber Foto: Canva.com

Dengan begitu banyaknya pengguna WhatsApp, pasti tak lepas dari masalah yang timbul pada aplikasi tersebut.

Di artikel ini kita berfokus kepada permasalahan-permasalahan umum yang biasa terjadi pada aplikasi Whatsapp.

WhatsApp Tidak Dapat Diinstal

Untuk mengunduh aplikasi ini, yakinkan bahwa versi Android ponsel anda 2.3.3 atau lebih tinggi. Anda dapat memeriksa versi Android anda di Pengaturan – Tentang Telepon.

Artikel: Cara Koneksi Hp ke PC tanpa Kabel USB

Jika Anda ingin menginstal aplikasi ini dari situs web atau download apk dari Google, Anda harus mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Pengaturan.Berikut Caranya:

Buka Pengaturan – Aplikasi dan temukan aplikasi peramban ponsel Anda. Jika tidak ditemukan, buka Pengaturan – Pengaturan Lainnya – Keamanan – Aktifkan fitur Sumber Tidak Dikenal. Setelah itu silahkan pasang atau instal aplikasi Whatsapp yang anda download di web. Atau anda bisa download melalui situs resmi WhatsApp.

WhatsApp Tidak Bisa Menampilkan Kode Aktivasi

Jika proses instalasi berjalan lancar, namun disaat kode aktivasi tidak muncul. Pertama-tama, Anda pastikan nomor dan negara anda dengan benar. Jika masih belum mucul kode aktivasinya. Pastikan nomor yang anda masukkan aktif. Atau anda bisa juga menggunakan Panggilan Suara untuk meminta kode aktivasi. Dengan cara ini, komputer akan membacakan kode aktivasi memalui telepon.

WhatsApp Tidak Bisa Berfungsi atau Tidak Terhubung

Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh masalah jaringan data. Jika anda tidak bisa mengirim pesan, Anda bisa mengikuti cara berikut ini :

  • Pastikan ponsel anda sudah terhubung pada jaringan internet Wifi atau 4G. (Buka Pengaturan > Jaringan Data)
  • Silahkan instal aplikasi whatsapp versi terbaru. (Silahkan download di Playstore. link download ada di bagian atas)
  • Pastikan Task Killer tidak memengaruhi Whatsapp. (Lebih baik jangan menggunakan Task Killer)
  • Silahkan hapus cache aplikasi whatsapp. Buka Pengaturan > Aplikasi > Whatsapp > Bersihkan cache.
  • Terakhir, jika cara di atas tidak bekerja, coba anda hapus dan instal ulang aplikasinya. Terkadang aplikasi perkasa seperti Whatsapp ini tidak berfungsi karna layanan server-nya mengalami penurunan.

WhatsApp Tidak Mengenali Kontak Saya

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa aplikasi Whatsapp tidak mengenali semua kontak anda. Berikut ada beberapa yang harus anda periksa di ponsel anda :

  • Anda harus pastikan, nomor yang anda simpan adalah valid
  • dan pastikan juga nomor mereka sudah terhubung ke akun Whatsapp
  • Jika aplikasi Whatsapp anda masih versi lama, silahkan download dan pasang aplikasi terbaru
  • Pastikan semua kontak anda ataupun group kontak seperti group keluarga, teman atau kantor disetel menjadi “dapat dilihat”.

Apabila masih bermasalah, silahkan baca lebih lanjut Kontak Tidak Muncul di WhatsApp.

whatsapp bermasalah dan solusinya

Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar alias ‘Error”

Ketika ada orang mengirim pesan video kepada anda. Tapi video tidak bisa kita putar. Anda bisa mengikuti cara berikut ini :

  • Periksa apakah aplikasi Foto Goole versi terbaru? Silahkan buka Playstore > tab opsi (garis 3) di bagian kiri atas > tab Aplikasi & Game saya dan lihat aplikasi Foto Google, apakah ada diintruksikan untuk update?
  • Jika cara diatas tetap tidak bisa, coba lari ke Pengaturan > Aplikasi/Manager Aplikasi > Foto Google > pilih hapus pembaharuan.

Tidak Muncul ‘Terakhir Dilihat’

Dengan fitur ini, kita akan mengetahui kapan pengguna whatsapp atau teman whatsapp anda terakhir membuka aplikasi whatsapp. Ketika anda membuka WA dan teman anda juga membuka WA-nya. maka statusnya berubah menjadi ONLINE yang artinya kalian beruda sedang buka WA.

Jika anda tidak melihat status ‘Terkahir dilihat’ dalam percakapan anda, bisa saja terjadi beberapa alasan. Anda juga bisa mengaturnya di Pengaturan > Akun > Privasi > Terlihat Terakhir.

Whatsapp tidak bisa atau bermasalah
Whatsapp tidak bisa atau bermasalah

Apabila kasus ini terjadi hanya pada satu kontak atau beberapa kontak, maka yang terjadi adalah mereka meng-nonaktifkan fitur ini sehingga semua kontaknya tidak bisa melihat ‘Last Seen’ di statusnya.

Alasan terakhir adalah mungkin kontak teman anda telah memblokir anda. Bagaimana caranya supaya kita tahu kalau anda telah diblokir? Apabila anda mengirim pesan ke salah satu kontak dan hanya ceklis satu, anda tidak lagi menerima update statusnya dan perubahan foto profil-nya.

Tidak Dapat Menjawab Panggilan Suara

Apabila anda mengalami kualitas suara yang buruk, sering putus-putus, atau tidak dapat memanggil atau menerima panggilan. Itu tak jauh dari masalah jaringan anda yang buruk.

Pastikan jaringan internet anda stabil dan kuat. Untuk menggunakan fitur ini, kekuatan jaringan internet kita harus 4G. kalau H+ mungkin panggilan suara whatsapp anda akan terganggu.

whatsapp tidak bisa memanggil suara

Mungkin anda harus mencoba dengan memutuskan dan menyambungkannya kembali.
Anda juga harus memastikan bahwa orang yang anda ingin telepon suara memiliki jaringan yang kuat. Karna untuk menggunakan fitur ini, kedua-duanya harus memiliki jaringan yang stabil.

WhatsApp Bermasalah: Tidak Bisa Memutar Pesan Suara (Audio) Di WhatsApp

Anda harus tahu, Whatsapp memiliki sensor yang diandalan. Sensor ini berada di bagian dekat kamera menghadap ke depan pada ponsel anda. Sensor ini akan mendeteksi apabila anda memegang ponsel pada telinga anda. Jika sensor diaktifkan, maka audio akan diputar melalui speaker dengan suara yang lebih pelan. Pastikan anda atur jarak wajah anda dengan ponsel. Maka audio akan keluar dari speaker utama. Periksa juga pada volumenya, pastikan volume dinaikkan.
Tidak Bisa Download Foto atau Video di WhatsApp

Kalau anda tidak bisa download foto atau video secara otomatis di whatsapp, segera buka Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan. Lihat gambar di bawah ini yang di sebelah kiri, pada pilihan “saat menggunakan data seluler” silahkan centak semua (foto, audio, video, dokumen). Artinya adalah jika internet anda berasal dari seluler, maka secara otomatis semua media akan ter-download.

Solusi permasalahan pada aplikasi Whatsapp

Juga sama pada bagian “Saat terhubung ke Wi-Fi”. silahkan anda ceklis semua (foto, audio, video, dokumen) apabila anda ingin download secara otomatis lewat Wi-Fi.

WhatsApp Memblokir Negara Saya

Jika seandainya ini terjadi, anda jangan takut. Yang anda lakukan adalah dengan mengubah VPN. Untuk mengubah VPN.

Handphone Saya Hilang atau Dicuri, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Pertama-tama anda kunci atau nonaktifkan kartu SIM anda dengan cara menghubungi Operator anda. Ini dilakukan agar akun WhatsApps anda tidak aktif pada perangkat ponsel anda yang hilang atau dicuri.

Langkah kedua, Kirim pesan Email ke WhatsApp meminta kepada mereka agar dinonaktifkan akun anda pada ponsel yang hilang.

Anda bisa kirim email dengan judul “Hilang/Dicuri: Silahkan nonaktifkan akun saya” kirim ke [email protected] dan sertakan no telepon (lengkap dengan kode panggilan Internasional) di bagian isi email.

Anda bisa ke kantor operator SIM anda untuk meminta kartu baru dengan nomor yang sama. dan anda bisa mengaktifkan kembali akun wa lama anda dengan nomor yang sama di ponsel baru anda.

Bagaimana Cara Menghemat Data di WA?

Ada trik supaya kita bisa menghemat data internet kita.

  • Buka Pengaturan (Sudut kanan atas, garis tiga pilih pengaturan)
  • Tab opsi ke-empat, Penggunaan Data dan Penyimpanan
  • Setelah itu tab pada “saat menggunakan data seluler”
  • Hilangkan semua centang pada bagian Foto, Video, Audio, dan Dokumen. Tekan OK
  • Gulir ke bawah, dan centang pada pilihan “Penggunaan data minimum”
  • Langkah di atas adalah cara agar semua jenis file tidak akan diunduh secara otomatis apabila anda menggunakan data seluler kamu.

2 pemikiran pada “WhatsApp Tidak Bisa or Bermasalah? Begini Caranya”

Tinggalkan komentar