Cara Mengurangi Komentar Spam di WordPress

Pada artikel ini, saya akan memberikan tips kepada teman-teman tentang cara mengontrol dan mengurangi komentar spam yang akan Anda terima melalui CMS WordPress.

Ada beberapa tips yang bermanfaat untuk kesehatan situs blog Anda, akan tetapi pada postingan kali ini kita akan berfokus kepada pembuatan Spamwall WordPress buatan kita sendiri.

Mari, kita hentikan sekarang komentar spam di blog kita. Ikuti tips dan trik ini dan ucapkan “bye-bye” pada spam.

Spam itu Apa, sih?

Buat teman-teman yang belum tahu, Komentar Spam itu adalah pesan atau komentar yang tidak relavan alias yang tidak kita inginkan dan tentu sangat menganggu menyumbat kotak masuk email kita.

Contoh singkatnya seperti ini; Artikel Anda tentang masakan, taunya ada orang yang kirim komentar yang mana isi komentarnya misalnya tentang jasa backlink.

Kan tidak sesuai dengan apa isi artikel kita.

Oleh karena itulah ini biasanya kita sebut komentar Spam.

Fakta

Fakta tentang komentar spam adalah tidak akan pernah hilang sama sekali. Spam ada di mana-mana dan terus mereka kirim secara random.

Oleh karena itu, kita harus membangun pertahanan pada situs kita agar kuat bertahan menghadapi spam dari luar.

Langkah Pertama: Visibilitas Komentar

Ini adalah langkah yang paling penting untuk mencegah serta mengurangi komentar Spam di blog WordPress. Kita harus mengelola visibilitas komentar pada tiap-tiap postingan kita.

Kalau Anda tidak ingin orang lain menemukan kolom komentar atau tidak ingin orang lain berkomentar, Anda bisa menonaktifkan komentar WordPress.

Anda bisa mematikan formulir komentar ini secara keseluruan situs website kita:

  • Settings
  • Discussion
  • Lalu pada pengaturan bagian teratas silahkan matikan “izinkan orang mengirimkan komentar…..”

Secara otomatis, Setiap menerbitkan artikel baru, maka formulir komentar tidak akan muncul.

Atau Anda bisa nonaktifkan form komentar di satu atau beberapa artikel dengan cara menonaktifkan fitur Allow Comments di sidebar pengaturan postingan saat sebelum artikel di-publish

Visibilitas Komentar

Langkah Kedua: Atur Persetujuan Komentar

Cara ini mampu menghentikan komentar-komentar Spam di blog WordPress Anda dengan cara menambahkan setelah persetujuan.

Silahkan centang dari salah satu kotak di pengaturan “Before a comment appears”

Langkah Ketiga: Nonaktifkan Formulir Komentar di Postingan Lama

Mengurangi komentar SPAM dengan cara menonaktifkan form komentar pada postingan yang lama merupakan salah cara yang mudah.

Buka pengaturan komentar – Diskusi – lalu centang

Nonaktifkan Formulir Komentar di Postingan Lama

Jika Anda ingin menonaktifkan semua postingan semua komentar, maka Anda bisa input angka satu hari. Artinya semua komentar yang lebih dari satu hari secara otomatis akan dinonaktifkan.

Langkah Keempat: Filter Moderasi

Pada bagian ini, kita akan menyaring kata-kata apa saja yang menurut Anda merupakan komentar SPAM.

Anda bisa melihat contoh komentar spam sebelumnya. Anda perhatikan kata apa saja yang sering mereka gunakan untuk berkomentar spam.

Setelah mengumpulkan kata-kata yang sering digunakan untuk SPAM, lalu Anda masukkanlah kata-kata itu ke dalam kotak ‘Disallowed Comment Keys’ atau ‘Kata kunci yang dilarang dalam komentar.’

cara mengurangi komentar spam dengan baik
Hanya contoh

Jadi, apabila ada orang yang ingin nye-spam di postingan Anda yang mengandung kata kunci yang sudah kita input tadi, maka secara otomatis komentarnya akan langsung masuk ke daftar trash atau sampah.

cara menghapus komentar spam

Di bagian ini juga Anda bisa masukkan alamat IP tertentu untuk memblokirnya langsung di blog kita. Apa itu alamat IP (IP Address)? Kalau kita lihat di komentar yang masuk, ada kode unik yang panjang di bawah foto profil author si pembuat komentar. Itu adalah contoh IP Address.

Jika Anda temukan komentar spam sebelumnya, tinggal copy IP nya dan masukkan ke daftar hitam / ‘Disallowed Comment Keys’ atau ‘Kata kunci yang dilarang dalam komentar.’

Langkah Kelima: Instal Akismet

Cara mengontrol dan mengurangi komentar spam di WordPress selanjutnya adalah menggunakan plugin khusus, namanya adalah Akismet.

Salah satu plugin yang populer di kalangan WordPress yang dapat membantu atau meringankan beban kerja kita dalam penanganan komentar SPAM.

Cara setting Akismet cukup mudah, Anda tinggal instal dulu pluginnya (secara default biasanya plugin ini sudah terinstal dan tinggal diaktifkan) lalu masukkan dan koneksikan WordPress Anda dengan Akismet menggunakan API key.

Instal akismet
cara menghapus komentar spam menggunakan plugin Akismet

Cara Keenam: Hapus URL Field

Kita sangat senang sekali jika artikel kita dikomentari oleh banyak pembaca. Itu menjadi suatu nilai plus bagi kita.

Lalu bagaimana jika mereka niat komentar karena ingin tanam backlink?

Cara mengantisipasinya adalah dengan cara menghapus kolom URL di kolom komentar WordPress, sehingga mereka tidak perlu memasukkan URL Website mereka saat sebelum menulis komentar. Dan cara ini biasanya saya pakai di semua blog WordPress saya.

Kesimpulan

Cara Mengurangi komentar SPAM adalah hal yang wajib kita lakukan demi kesehatan situs website kita baik di mata SERP Google maupun di mata manusia.

Perlu Anda ketahui, jumlah komentar Spam bisa mencapai 85% di WordPress. Oleh karena itu kita sebagai developer harus menahan semua komentar-komentar buruk agar kualitas blog kita terjaga dengan baik. Selanjutnya Anda bisa baca Kekurangan WordPress yang salah satunya adalah serangan komentar Spam.

Bagikan:

Tinggalkan komentar