Cara Mengurangi Ukuran File PDF tanpa Ribet

Share dulu, dong!

Bagaimana cara mengurangi ukuran file PDF kita? Apakah bisa dilakukan secara online? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menemukan jawabannya dan mengetahui apa saja yang Anda akan lakukan untuk kompres ukuran PDF.

PDF adalah format yang sangat populer berkat fakta bahwa itu dapat membuat dokumen Anda terlihat persis seperti salinan cetak.

Tata letak, font, warna, gambar beresolusi tinggi yang kompleks—semua ini menjadikan format PDF media yang sempurna untuk dokumen kaya konten, seperti majalah, brosur, presentasi, dan laporan.

Namun, begitu Anda ditugaskan untuk mengirim file Anda melalui email ke klien atau kolega, Anda mungkin akan segera menemukan bahwa itu melebihi batas 20 MB yang ditetapkan oleh banyak platform email.

Dalam artikel ini, Androkit akan menawarkan beberapa tips tentang cara mengurangi ukuran file PDF Anda dan membagikan hasil yang saya dapatkan saat menguji beberapa opsi.

Kompres File PDF Anda dengan Adobe Acrobat

Ini adalah perbaikan tercepat untuk mengurangi ukuran PDF Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan:

Buka tab Alat > pilih Optimalkan PDF > klik Buka untuk mengakses file PDF yang ingin Anda kompres > pilih Kurangi Ukuran File > klik OK. Atau, Anda dapat menggunakan Adobe Online PDF Compressor. Ini adalah alat gratis yang menawarkan
tiga opsi kompresi:

  1. Kompresi Tinggi (ukuran terkecil, kualitas lebih rendah)
  2. Kompresi Sedang (ukuran sedang, kualitas bagus)
  3. Kompresi Rendah (hampir tidak ada penurunan kualitas)

Saya telah mencoba metode ini untuk file PDF 32 MB dan berhasil menurunkannya menjadi 15 MB dengan pengaturan Sedang! Itu mempengaruhi kualitas gambar, tetapi kecuali file PDF Anda adalah album foto yang ditujukan untuk layar besar, pembaca Anda tidak akan melihat perbedaannya.

Kurangi Ukuran File PDF dengan Kompresor Online

Ada banyak alat kompresi PDF online yang tersedia di pasaran. Kami telah menguji beberapa yang populer, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda.

iLovePDF

Mengurangi Ukuran File PDF dengan i love pdf
kompres ukuran PDF

Tool gratis ini sangat mudah digunakan. Yang harus Anda lakukan adalah upload file PDF Anda (didukung mengunggah dari Dropbox dan GoogleDrive), menunggu hingga dikonversi, dan download file yang sudah jadi. Sama seperti tool Adobe Acrobat dan layanan lainnya, ia menawarkan tiga opsi kompresi: dari ringan hingga ekstrem.

Dikurangi ukuran file PDF dengan pengaturan ‘Disarankan’, file pengujian yang saya miiliki kini turun dari 32 MB menjadi 5,9 MB, yang merupakan hasil yang fantastis jika Anda menekan untuk ukuran file PDF yang rendah.

SmallPDF Pro

Mengurangi Ukuran File PDF

SmallPDF Pro hanya memiliki dua profil kompresi PDF: dasar dan kuat, tetapi memberi Anda perkiraan ukuran file yang dihasilkan yang sangat membantu. Dengan pengaturan konversi dasar, tool ini mengurangi ukuran file pengujian dari 32 MB menjadi 19 MB.

Kualitas gambar tetap setara dengan aslinya, dan file PDF dapat dikirim melalui email sebagai lampiran.

Tool ini gratis dan memiliki antarmuka yang bersih dan intuitif sehingga Anda dapat mengetahuinya dalam hitungan detik.

Komprespdfonline.id

Komprespdfonline.id
Mengurangi Ukuran File PDF

Komprespdfonline.id sejauh ini merupakan yang termudah dari ketiga solusi tersebut. Setelah meng-upload file PDF Anda, tool ini segera mengompresnya dan download file tersebut secara otomatis. Jadi hanya perlu satu klik untuk mengurangi ukuran file PDF Anda.

Plus, ini mendukung pengunggahan dari URL yang merupakan bonus yang sangat bagus.

Tool ini menawarkan dua opsi konversi dan sejumlah preset mulai dari ‘Prepress’ (kualitas tinggi, 300 DPI) hingga ‘Insane’ (kompresi maksimum, 20 DPI). Dengan pengaturan konversi dasar.

Saya sudah mengurangi file uji PDF dari 32 MB menjadi 5 MB. Meskipun gambar terlihat bagus jika Anda tidak memperbesar, namun tidak cocok untuk layar besar atau pencetakan. Jadi kami sarankan memilih preset dengan DPI lebih tinggi untuk hasil yang lebih baik.

Alternatif Kompresi PDF untuk Menghindari Kehilangan Kualitas

Apa pun tool atau metode kompresi PDF yang Anda gunakan, itu akan memengaruhi kualitas gambar.

Dalam beberapa kasus, ini baik-baik saja — selama Anda tidak membutuhkan resolusi yang sangat tinggi. Rata-rata pembaca PDF Anda tidak akan melihat perbedaannya.

Namun, apa yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin membagikan PDF Anda tanpa batasan apa pun dan mempertahankan kualitas gambar sebaik mungkin pada saat yang bersamaan?

Anda dapat mencoba mengubah PDF menjadi flipbook! Flipbook adalah format file digital yang memberikan PDF Anda penampil interaktif dan membuatnya tersedia online sebagai link langsung.

Karena konten PDF Anda tersedia online, tidak perlu khawatir tentang ukuran file. Pembaca Anda tidak perlu download apa pun—cukup kirimkan tautannya, dan mereka akan dapat melihat dokumen secara instan di perangkat apa pun.

Selain membagikan tautan atau link, Anda dapat menyematkan flipbook di situs web
Anda atau mempostingnya di media sosial untuk memberikan visibilitas maksimal.

Format flipbook tidak hanya mempermudah berbagi PDF Anda, tetapi juga memberikan daya tarik visual dan interaktivitas. Beri merek PDF Anda, tambahkan video, tautan, dan GIF ke halaman—dan tingkatkan keterlibatan pembaca dengan konten Anda.

Kompres PDF dengan Pengaturan Lanjutan Adobe Acrobat

Terakhir, jika Anda tidak puas dengan hasil yang dihasilkan kompresor PDF online, Anda dapat
mengoptimalkan PDF secara manual untuk memperkecil ukurannya. Dibutuhkan sedikit lebih banyak
waktu dan alat editor PDF profesional untuk melakukan ini, tetapi Anda mendapatkan kendali penuh
atas apa yang sebenarnya dikurangi atau dihapus dari file PDF Anda.

Audisi Penggunaan Ruang PDF

Adobe Acrobat memiliki tool praktis yang menunjukkan dengan tepat elemen mana yang menghabiskan ruang di file PDF Anda. Untuk mengaksesnya, buka Tools > Optimalkan PDF > klik Pengoptimalan Lanjutan di menu atas. Di kotak dialog Pengoptimal PDF, klik Penggunaan Ruang Audit. Seperti yang Anda lihat, 99% ruang digunakan oleh gambar. Tetapi font yang disematkan, aliran konten (teks, grafik vektor, komentar, dll.) Juga dapat menyebabkan ukuran file PDF yang besar. Mari kita bahas semua opsi sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan dalam setiap kasus.

Ukuran gambar besar

Menghapus resolusi berlebihan membantu mengurangi ukuran file PDF secara nyata. Faktanya, itulah yang dilakukan sebagian besar kompresor PDF online—namun ketika Anda melakukannya secara manual, Anda memutuskan gambar mana yang dikompresi dan sejauh mana.

Font Embed yang berat

Jika masalah utama Anda adalah font, Anda dapat menghapus penyematan yang paling jarang
digunakan (seperti Bahasa Cina Tradisional, Jepang, Korea). Jika Anda melakukan ini, teks dalam bahasa ini akan ditampilkan dalam font pengganti yang tersedia di sistem tempat file dilihat.

Objek tersembunyi dan data pengguna

Apakah aliran konten yang harus disalahkan atas ukuran besar PDF Anda? Panel ‘Buang Objek’ dan
‘Buang Data Pengguna’ memungkinkan Anda menghapus konten tambahan di file Anda. Objek termasuk tindakan JavaScript, tag dokumen, gambar alternatif, bookmark. Data pengguna adalah komentar, formulir, lampiran file, dan data pribadi dari aplikasi lain.

Namun, saya menyarankan Anda untuk ekstra hati-hati dalam menghapus data ini karena dapat
memengaruhi aksesibilitas PDF dan potensi SEO Anda.

Itu dia! Kami harap tips ini akan membantu Anda meminimalkan PDF dengan sukses sekaligus menjaga kualitasnya tetap tinggi.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *