Cara Atasi Night Light Tidak Berfungsi di Windows 11/10

Share dulu, dong!

Jika Anda menghadapi masalah terkait Night Light tidak berfungsi di Windows 11/10, lihat panduan lengkap ini untuk menghilangkan kesalahan.

Night Light adalah fitur luar biasa dari perangkat Windows. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan sistem sepanjang malam tanpa menyakiti mata Anda. Seperti yang Anda ketahui, perangkat elektronik memancarkan cahaya biru yang dapat mempengaruhi mata Anda jika digunakan dalam waktu lama. Night Light membantu Anda dalam mengendalikan lampu biru ini.

Fitur ini akan memungkinkan sistem untuk menggunakan warna yang lebih hangat yang tidak terlalu mempengaruhi mata Anda dan juga membantu Anda tidur dengan benar ketika Anda telah menggunakan sistem dalam waktu lama.

Fitur ini dapat dengan mudah mengurangi ketegangan pada mata Anda dan memungkinkan Anda menjalankan PC tanpa mempengaruhi tidur Anda.

Meskipun fitur tersebut memiliki segudang kelebihan, terkadang fitur tersebut tidak bisa dijalankan. Masalah seperti Night Light tidak berfungsi di windows 10/11 cukup umum dan dihadapi oleh banyak pengguna setiap tahunnya. Prosedur untuk memperbaiki kesalahan tersebut cukup sederhana.

Jadi, inilah yang akan kita lihat di artikel ini.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai metode atau solusi untuk memperbaiki semua jenis kesalahan yang terkait dengan Windows 10 Night Light tidak tersedia/tidak berfungsi. Mari kita beralih ke solusi.

Berikut di bawah ini merupakan daftar isinya:

Solusi Efektif untuk Memperbaiki Lampu Malam Tidak Berfungsi di Windows 11/10

Tidak perlu panik karena kami siap membantu Anda. Lihat dan ikuti solusi yang disediakan di bawah ini, secara berurutan, untuk memperbaiki Night Light tidak berfungsi pada kesalahan Windows 10. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan kesalahan, menjalankan fitur, dan melindungi mata Anda dari cahaya biru berbahaya dari sistem dengan mudah.

Solusi 1: Konfigurasikan Pengaturan Cahaya Malam

Terkadang, bahkan jika pengaturan dasar fitur Lampu Malam dimatikan atau disetel dengan tidak benar, masalah seperti itu juga dapat muncul. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan jika Night Light tidak berfungsi seperti itu muncul kesalahan, Anda harus melihat apakah pengaturannya sudah dikonfigurasi dengan benar atau tidak. Untuk ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disediakan di bawah ini:

  1. Nyalakan PC atau laptop Anda, tekan tombol Win+S, ketik Night Light, dan klik hasil pertama yang muncul.
night light
night light
  1. Pertama, jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut saat ini, klik Turn on now. (Jika opsi dimatikan).
setting night light windows 10
  1. Saat fitur menyala, move the slider ke kanan di bawah untuk menyesuaikan Strength. Atur ke level yang diinginkan.
night light di windows 10 dan 11
  1. Jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut pada waktu tertentu, maka Anda dapat menggunakan opsi Jadwal Lampu Malam. Aktifkan opsi, dan atur jam sesuai keinginan.

Catatan: Anda juga dapat memilih opsi untuk mengaktifkan opsi Sunset dan mematikannya saat sunrise. Untuk ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang disediakan dalam solusi berikutnya.

Solusi 2: Aktifkan Akses Lokasi untuk Sunset Schedule

Ada opsi untuk menjadwalkan penyalaan di pengaturan Night Light. Fitur ini, seperti namanya, memungkinkan sistem Anda memancarkan cahaya malam secara otomatis saat matahari terbenam.

Karena waktu matahari terbenam di lokasi geografis yang berbeda berbeda, fitur tersebut meminta Anda untuk mengizinkan izin untuk mengakses lokasi perangkat Anda.

Anda dapat mengizinkan lokasi untuk fitur dan memperbaiki Night Light tidak berfungsi di Windows 11/10 menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Nyalakan PC atau laptop Anda, tekan tombol Win+S, ketik Night Light, dan klik hasil pertama yang muncul.
  2. Jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut pada waktu tertentu, maka Anda dapat menggunakan opsi Schedule. Aktifkan opsi, dan select the Sunset to sunrise option.
  3. Dari pengaturan, aktifkan opsi bernama Allow apps to access your location.
allow apps to access your location
  1. Tekan tombol kembali dan pilih opsi Sunset to sunrise
schedule Sunset to sunrise

Jika Windows 10 Night Light tidak berfungsi/tidak tersedia kesalahan tetap ada, lanjutkan ke solusi berikutnya.


Solusi 3: Konfigurasikan Pengaturan Waktu dan Tanggal Komputer Anda

Sistem Anda mungkin telah menetapkan konfigurasi yang salah untuk pengaturan waktu dan tanggal perangkat Anda. Dalam kasus seperti itu, Night Light akan diaktifkan pada waktu yang salah dan Anda akan menghadapi Night Light tidak berfungsi di Windows 10/11.

Jadi, solusi selanjutnya adalah mengonfigurasi bahwa sistem Anda telah mengatur waktu dan tanggal yang diinginkan untuk perangkat Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

  1. Klik pada bagian pencarian di taskbar, ketik Settings, dan tekan Enter
Konfigurasikan Pengaturan Waktu dan Tanggal Komputer Anda
Night Light Tidak Berfungsi di Windows
  1. Klik Time & Language.
  2. Di bawah Time & Date category, matikan opsi bernama Set time zone automatically and Set time automatically.
Set time zone automatically and Set time automatically.
Night Light Tidak Berfungsi di Windows
  1. Atur waktu sesuai kebutuhan menggunakan opsi bernama Atur tanggal dan waktu secara manual.

Night Light Tidak Berfungsi di Windows 11/10: Fixed

Jadi, di atas adalah solusi untuk memperbaiki kesalahan Windows 10 Night Light not available. Kami harap Anda sekarang dapat menggunakan fitur Night Light sekarang dengan mudah di desktop atau laptop Anda. Semua solusi ini pasti akan bekerja untuk memperbaiki kesalahan selama Anda menggunakannya dengan tepat dan sempurna.

Namun, jika Anda menghadapi masalah apa pun saat menggunakan solusi untuk Lampu Malam tidak berfungsi, kami dapat membantu Anda. Tulis pertanyaan Anda di komentar di bawah. Kami akan membantu dengan segala cara yang mungkin. Saran Anda juga diterima.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *