OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik? Begini Caranya

OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik – hhmmm siapa sih yang tidak terkagum saat pertama kali mencoba fitur Google Asisten ini? Teknologi canggih milik om Google ini membantu kita dalam melakukan semua kegiatan kita pada perangkat. Dengan mengandalkan perintah kita melalui suara, asisten Google secara cepat akan melakukan pekerjaannya sesuai dengan yang kita perintahkan.

OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik

OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik? Begini Caranya

Untuk menggunakan fitur Ok Google ini, kita bisa lakukan dengan cara menahan tombol rekam pada bagian mic lalu kita mengucapkan kata atau perintah seperti kata ‘telepon mama’, atau ‘buka aplikasi Facebook’.

Tapi terkadang beberapa pengguna mengalami permasalahan yang cukup serius. Salah satu masalah yang terjadi adalah sering mengalami kekeliruan atau tidak sinkron terhadap apa yang kita katakan. Atau microphone tidak berfungsi atau tidak merespon apa yang kita ucapkan.

Musti Baca: Buka Fitur Android yang Tersembunyi dengan Kode Rahasia Ini

Tapi kamu jangan kuatir. Pada artikel ini AndroKIT akan memberikan sedikit cara sederhana mengatasi masalah ini.

Pastikan Kamu tidak Sendiri

Maksudnya adalah apakah ada orang lain mengalami hal yang sama dengan waktu yang sama atau hanya kamu sendiri yang mengalami permasahan pada Ok Google?

Anda bisa cek lewat Twitternya Google. Apakah ada tweet mereka yang mengatakan kalau OK Google sedang bermasalah.

Musti Baca: Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail? Begini Caranya

Seperti pada kasus Youtube beberapa hari yang lalu. Aplikasi raksasa ini pernah mengalami down server. Semua pengguna tidak bisa memutar video Youtube. Dan seketika itu juga Youtube melalui tweet-nya mengatakan sedang mengalami masalah dan akan memperbaiki secepat mungkin.

Atau kamu juga bisa melihat di Forum Dukungan Google untuk mengetahui apakah orang lain mengalami hal yang serupa atau tidak.

Cek Pengaturan Bahasa (OK GOOGLE Tidak Berfungsi dengan Baik)

Biasanya Ok Google tidak berfungsi karna tidak mengenal bahasa yang kita pakai. Oleh sebab itu pastikan bahasa yang digunakan oleh Google Asisten adalah bahasa Indonesia. Kalau pengaturannya bahasa Thailand tapi kamu mengucap menggunakan bahasa Indonesia, sampai monyet bilang I LOVE U pun suaramu tidak akan terdeteksi oleh Google Asisten 😀

Sebenarnya secara default, Asisten Google secara otomatis menyetel bahasa sesusai tempat/negara yang kita tinggal.

Kamu coba cek aja langsung untuk memastikan:

  • Buka aplikasi Google
  • Pagi bagian bawah kanan ketuk menu Opsi atau Garis Tiga
  • Pilih menu setelan dan pilih setelan lagi pada bagian Asisten Google
  • Selanjutnya pilih tab Asisten dan ketuk Bahasa
  • Anda bisa tambahkan bahasa Indonesia ke dalam daftar bahasa Asisten

Periksa Microphone Perangkat

Sebagai fitur asisten yang mengandalkan suara,  tentu microphone adalah alat utamanya. Tanpa Microphone, Asisten kita tidak akan bekerja alias nganggur.

Musti Baca: Trik Mengubah Tampilan Telegram Chat dengan Mudah

Jika Google Asisten tidak respon atau tidak berfungsi, cobalah untuk berbicara dekat dengan microphone. Biasanya Posisi microphone ini berada di sebelah port pengisian daya baterai.

Kalau masih belum bisa, kamu bisa coba cek apakah microphone hp kamu masi berfungsi atau tidak. Kamu tinggal buka aplikasi perekam bawaan dari hp atau aplikasi yang lain. Lalu kamu coba tes suara dan rekam. kemudian kamu buka dan lihat hasilnya apakah suara kamut terekam dengan baik?

Latih Ulang Suara Ok Google

Kadang cara yang paling umum adalah dengan menyetel ulang voice match. Biasanya cara ini ampuh untuk memperbaiki OK GOOGLE yang akan mendeteksi suara kita dengan baik dan akurat.

Voice Match adalah fitur yang memungkin kita bisa mengucapkan ‘Ok Google’ kapan saja selama layar perangkat aktif. Anda bisa melihat fitur ini pada pengaturan Google.

  • Buka aplikasi Google
  • Pagi bagian bawah kanan ketuk menu Opsi atau Garis Tiga
  • Pilih menu setelan dan pilih setelan lagi pada bagian Asisten Google
  • Selanjutnya pilih tab Asisten, gulir ke bawah pilih telepon
  • Pastikan ‘Akses dengan Voice Match’ telah aktif.
  • Jika tidak anda bisa langsung aktifkan dan kamu bisa langsung mengucap kata Ok Google kepada asistenmu supaya kamu mudah dikenali oleh asisten.

Nonaktifkan Aplikasi S Voice atau Bixby jika Kamu Menggunakan Samsung

Tampaknya Google tidak kompatibel dengan Bixby atau S Voice (versi lama) pada hp Samsung. Jika kamu ingin menggunakan Google Asisten, sebaiknya kamu nonaktifkan aplikasi Bixby. Untuk mematikan aplikasi ini kamu cukup tekan lama pada aplikasi S Voice atau Bixby. Lalu pilih nonaktifkan.

Tinggalkan komentar