Cara Optimasi Kecepatan Website WordPress Pemula 2022

Salah satu kunci menjadi blogger yang sukses, mendatangkan banyak pengunjung adalah mengoptimasikan Kecepatan loading pada website. Kenapa? karena Google menyukai website yang loadingnya cepat dan stabil. Mesin pencari akan memberikan sinyal peringkat untuk situs yang memiliki loading yang cepat. Sehingga secara organik akan mendapat trafik yang tinggi. Oleh karna itulah di sini kita akan belajar cara optimasi kecepatan website WordPress.

Mengapa Kecepatan Situs Website itu Penting?

Seperti yang sudah kita singgung, Website yang memiliki loading cepat dan stabil itu akan berpengaruh di beberapa alasan termasuk pengalaman pengunjung, mesin penelusuran, hingga tingkat konversi (toko online).

Pengalaman Pengunjung

Pekerjaan yang paling membosankan adalah menunggu. Setuju?

Begitu juga ketika kita menunggu halaman loading dimuat. Jika terlalu lama, apa yang kita lakukan? Menunggu lagi atau kabur? Pasti kebanyakan kita langsung kabur bukan?

Kata Google, Lebih dari 50% pengunjung auto leave halaman jika waktu loading lebih dari 4 detik.

Mesin Penelusuran

Tadi di point pertama kita sudah jelaskan betapa buruknya dampak negatif yang akan terjadi bila kecepatan loading situs bagi pengalaman pengguna.

Dan sekarang di bagian poin kedua ini, kecepatan situs web adalah salah satu faktor inti dan menjadi prioritas utama bagi mesin pencari. Google lebih senang apabila loading halaman situs kita sangat cepat. Dan ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi mesin penelusuran untuk memberikan peringkat di halaman pertama.

Konversi

Jika Anda punya toko online, Anda wajib mempertimbangkan kecepatan loading saat dimuat. Karena kata Google, peningkatan sebesar 0.1 detik bisa meningkatkan volume konversi sebanyak 8.4%.

Apabila situs toko online kita lambat loadingnya, maka niat mereka untuk membeli produk Anda akan terhenti karena malas menunggu.

Oleh karena itulah kecepatan meningkatkan penjualan.

Bagaimana Cara Tes Kecepatan Website

Dibutuhkan sebuah tool untuk mengetahui seberapa cepatnya loading website ketika dimuat di browser. Tapi untungnya tool ini banyak kita jumpai dan bisa kita gunakan secara gratis. Salah satunya adalah tool dari Google.

Google PageSpeed Insights

Optimasi Kecepatan Website
Optimasi Kecepatan Website

Pilihan yang terbaik untuk mengetahui seberapa cepatnya loading website kita adalah menggunakan tool online dari Google, yakni Google PageSpeed Insights.

Ini merupakan alat online yang sangat akurat menilai kecepatan suatu website. Kita bisa mengidentifikasi apa saja yang mempengaruhi waktu loading situs.

Google PageSpeed Insights adalah alat yang ampuh yang akan membantu Anda mengidentifikasi kelemahan utama yang memengaruhi waktu muat Anda. Faktanya, ini adalah tempat terbaik untuk memulai ketika mencoba mencari tahu di mana Anda dapat meningkatkan.

Masalah yang paling umum ketika yang menyebabkan loading lambat adalah pada sisi CSS, JS, serta gambar/video.

GTMetrix

cara supaya gtmetrix dapat nilai a
tes kecepatan website

Anda bisa gunakan tool ini secara gratis untuk mengecek dan memantau performa kinerja website Anda. Metrik yang dipakai GTMetrix untuk menganalisa kinerja adalah YSlow. GTMetrik juga banyak digunakan oleh teman-teman kita untuk memantau perkembangan performa websitenya.

Setelah tool ini menganalisa situs, maka mereka akan memberikan nilai. Grade A merupakan nilai yang paling baik.

Di laporan terakhir, Anda bisa melihat apa saja yang membuat performa website Anda kurang baik dan harus ditingkatkan.

Optimasi Kecepatan Website

WebPageTest

Optimasi Kecepatan Website
tes kecepatan website

Yang ketiga alat untuk tes kecepatan website gratis adalah WebPageTest. Laporan yang dihasilkan lumayan terperinci, memberikan laporan tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan website Anda.

Bagaimana Cara Optimasi Mempercepat Website

Berikut ini adalah bagaimana cara supaya bisa meningkatkan kecepatan situs website:

Pilihlah Hosting WordPress

Ini merupakan awal penting yang kita lakukan untuk mengoptimasi kecepatan website. Setiap perusahaan web hosting memiliki penawaran yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang awan atau pemula, saya lebih menyarankan menggunakan Cloud Hosting atau shared hosting. Karena menurut saya inilah pilihan yang paling tepat.

Sara menyarankan berlangganan hosting di Domainesia dengan paket Hosting WordPress. Karena menurut saya di sana merupakan tempat yang bagus dan kecepatannya Stabil.

Sekarang Domainesia sudah menggunakan teknologi cloud hosting dan Enterprise-grade NVMe SSD sehingga mampu menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi saat memuat halaman situs.

Perusahaan penyedia layanan hosting ini sudah di-review oleh Penasihathosting.com secara rinci dan lengkap.

Optimasikan Media File Gambar

Kebanyakan orang menggunakan gambar sebagai penghias artikel atau halaman website-nya. Kalau video kebanyakan menggunakan embed dari Youtube.

Kalau kita tidak mengoptimsaikan file gambar, maka akan berpengaruh pada kecepatan situs web Anda. Apalagi website Anda adalah blog tutorial yang memerlukan gambar sebagai media petunjuk tutorial.

Cara mengoptimasikan gambar adalah dengan memperkecil ukuran file dan mengubah format gambar yang biasanya JPG dan PNG menjadi .webP. Kenapa harus WebP? simak penjelasan apa itu WebP.

Google lebih menyarankan setiap file gambar menggunan ekstensi .webp. Dan menurut saya webp ini memiliki kualitas gambar yang baik walaupun sebenarnya ukuran file gambar sudah kita kompres.

Kalau Anda ingin menyertakan video di dalam artikel, saya sarankan simpan di Youtube, lalu embed ke dalam artikel Anda. Dengan cara ini, maka akan telah mengoptimasikan serta mengurangi resource server Anda.

Gunakan Tema yang Responsif dan Mobile Friendly

Seperti yang kita ketahui, pengguna seluler mempunyai lalu lintas di terbesar di internet di banding pengguna PC. Itulah kenapa Google menyarankan setiap website harus sudah mendukung versi seluler. Artinya website tersebut bisa diakses di ponsel dengan tampilan yang disesuaikan.

Pakai Plugin Caching

Ini juga ga kalah pentingnya agar bisa mempercepat loading website kita. Tujuan caching adalah penyimpan semua data website yang kita kunjungi di simpan di memori internal perangkat smartphone atau desktop.

Contohnya begini, Anda sedang mengakses artikel ini di situs Bonar.id. Lalu Anda buka halaman lain (misalnya Home atau artikel yang lain). Maka, data yang kita simpan itu akan digunakan saat loading websie. Jadi data tidak perlu minta dari server website itu sendiri.

Dengan begitu akan membuat situs web akan menjadi lebih cepat. Inilah kenapa banyak orang lebih suka dengan website yang tidak lemot.

Jadi ada baiknya teman-teman yang pemula khususnya yang menggunakan WordPress, gunakanlah plugin chacing, karena ini adalah plugin yang wajib dan cocok untuk situs web

Memperkecil atau Minify CSS, JS dan HTML

Anda jangan takut ketika baca judul bagian ini. Untungnya kalau pakai WordPress kita tidak perlu lagi menuliskan satu persatu kode pemograman untuk kasus minify CSS, JS dan HTML ini. Karena sudah ada plugin yang mempermudah pekerjaan kita.

Kalau web kita tidak minify CSS, JS dan HTML, bisa-bisa akan memperlambat kinerja web Anda.

Plugin untuk kasus ini biasanya sudah satu paket dengan plugin caching seperti WP Rocket, Autoptimize, W3 Total Cache, LiteSpeed Cache dan masih banyak lagi.

Gunakan Lazy Loading

Lazy Loading merupakan tehnik yang mana elemen halaman tidak dimuat sampai memang harus diperlukan.

Begini, Anda buka artikel tentang tutorial di salah satu situs. Dan ternyata di situ banyak gambar. Nah, setiap gambar yang belum tampil/terlihat di layar ponsel atau desktop belum akan dimuat sampai diperlukan. Kalau kita scroll ke bawah terus biasanya sering muncul gambar yang baru saja sedang loading.

Dan biasanya dalam kasus ini, elemen yang paling umum menggunakan lazy loading adalah gambar dan video dari Youtube. Jika teman-teman pakai Blogspot, Anda bisa baca artikal Cara Embed & Lazy Load Video Youtube di Blogger Yang Benar.

Ada banyak plugin lazy loading di WordPress.org. Salah satunya adalah lazy load dari WP Rocket. Plugin lazy loading ini 100% gratis dan menjadi tool andalan saya.

Optimasikan Kecepatan Website Anda Sekarang!

Maksimalkan kecepatan website Anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Jika Anda lakukan optimasi pagespeed website Anda, maka Google tidak segan-segan menaikkan peringkat SERP. Tapi perlu di ingat, Ini adalah salah satu cara untuk mengoptimasi SEO. Masih banyak lagi faktor-faktor SEO lainnya yang berpengaruh bagi websitenya. Pahami dasar SEO jika Anda belum familiar tentang Search Engine Optimization.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Tidak ada kerugian jika Anda menerapkan tips-tips yang saya berikan. Silahkan lakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas blog/website Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar