Ada 1 Orang Pinjam 40 di Pinjol Ilegal dalam 1 Hari

Share dulu, dong!

Orang Pinjam 40 di Pinjol Ilegal – Baru-baru ini menemukan satu fakta yang cukup bikin kita geleng-geleng kepala. Ternyata ada warga yang nekat melakukan pinjaman dari pinjol ilegal sampai ke 40 aplikasi dalam satu hari. Iya, 40!

Ketua Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas Pasti) OJK, Sarjito, dengan nada keheranan mengungkapkan temuan ini. Menurutnya, masyarakat sepertinya masih penasaran mencari pinjaman dari pinjol ilegal, karena toh gak masuk ke dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

“Dan faktanya membuktikan, ada 1 orang bisa pinjam di pinjol ilegal sampai 40 aplikasi at the same day, at the same time, karena mereka tidak saling berhubungan, tidak ada SLIK, tidak ada OJK checking, tidak ada juga Pusdafil seperti pinjol berizin,” cerita Sarjito di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Tidak hanya soal literasi keuangan rendah, Sarjito membahas bahwa masih ada faktor lain yang bikin pinjol ilegal tetap asik di masyarakat. Menurut dia, kalau seseorang tahu atau seharusnya tahu bahwa dia gak bisa bayar tapi tetap nekat pinjam di 40 aplikasi pinjol ilegal, itu berarti dia mungkin kurang tahu diri. Pasti dia terliterasi.

Dan berita baiknya, Google dan Meta turut andil dalam menjaga keamanan kita semua. Sarjito memastikan bahwa mereka sudah memblokir 17 aplikasi pinjol ilegal yang bisa jadi membahayakan data pribadi kita.

“Itu sebagian masuk ke RI itu juga sudah diblokir, dan kami akan mengundang mereka [Google dan Meta] untuk memastikan pelaku-pelaku tidak bisa mengiklankan hal itu lagi,” tutupnya.

Dari data OJK, Satgas Pasti udah berhasil menghentikan atau memblokir sekitar 6.055 pinjol ilegal sejak 2017–November 2023. Selain itu, mereka juga menghentikan 1.196 investasi ilegal dan 251 gadai ilegal. Kalau dihitung-hitung, totalnya sudah 7.502 entitas keuangan ilegal yang terhenti dari 2017–November 2023.

Trendnya sih, penghentian pinjol ilegal makin tahun makin ngebut, walaupun sempat turun di 2022 dengan memblokir 698 pinjol ilegal. Tahun 2017 sih, OJK belum nemuin adanya pinjol ilegal.

Tapi tahun berikutnya, mereka berhasil nangkep 404 platform pinjol ilegal. Tahun 2019, jumlah pemblokiran pinjol ilegal makin mengganas sampai 1.493 entitas.

Tahun 2020, ada 1.026 pinjol ilegal yang dihentikan, dan pada 2021 sebanyak 811 pinjol ilegal juga disetop. Nah, yang terbaru, dari 1 Januari—11 November 2023, Satgas Pasti berhasil menghentikan 1.641 entitas keuangan ilegal. Yang paling banyak dihentikan/diblokir adalah pinjol ilegal, sebanyak 1.623 pinjaman online ilegal.

Selama periode yang sama, Satgas Pasti juga menghentikan 18 investasi ilegal. Jadi, semoga semakin banyak yang sadar dan nggak nekat lagi, ya!

Duwita Sari

Duwita Sari

Halo.. Nama saya Desnita Devi seorang Freelancer dan salah satu admin di blog Androkit. Senang berbagi tips dan pengalaman saya selama terjun di dunia sebagai freelancer. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *