Panduan Setelan Blogspot untuk Pemula

Bagikan:

Pada artikel sebelumnya, kita sudah bahas tentang cara membuat Blog gratis, hari ini saya akan memberikan panduan singkat tentang setelan blogspot untuk pemula.

Panduan Cara Setting Blogspot bagi Pemula

Ada hal-hal yang harus kita perhatikan saat kita setel atau setting blog di Blogger. Salah satunya adalah mengaktifkan meta deskripsi. Karena secara default, Blogger tidak mengaktifkan fitur ini.

Masuk ke Setelan Blogspot

cara setting blogger yang benar / Setelan Blogspot
cara setting seo blogger

Buka blogger.com > Pada Dashboard pilih ‘Setelan’. Semua yang berkaitan dengan website Anda baik soal setting nama situs, komentar, meta deskripsi dan lain-lain.

Setting Dasar

setting blogspot dasar
  • Judul: Nama blog Anda. Biarkan saja jika nama blog sudah tepat.
  • Deskripsi: Jelaskan secara singkat mengenai blog Anda. Misalnya, blog tentang resep makanan, blog tentang tips dan tutorial aplikasi Android, dll
    Bahasa Blog: Jika target audiens untuk wilayah Indonesia, pilih bahasa Indonesia. Tapi kalau blog bahasa Inggris, maka setelan blogspot ini kamu harus ganti dengan bahasa Inggris.
  • Konten Khusus Dewasa: Jangan aktifkan bila blog Anda bukan untuk orang dewasa.
  • ID Properti Google Analytics: Masukkan ID Pelacakan GA.
  • Favicon: gambar atau logo dengan ukuran tertentu yang muncul di tab browser saat membuka halaman. Cara memasang favicon blogger sangat mudah. Pertama, siapkan gambar dengan ukuran persegi misalnya 512×512 pixels. Anda bisa buat logo blog dengan menggunakan Canva Pro Gratis. Kedua, convert gambarnya menggunakan Favicon generator. Ketiga, upload gambarnya di bagian ini.

Langkah Ketiga: Privasi

setting privasi di blogger

Setelan blogspot selanjutnya adalah pengaturan privasi. Silahkan aktifkan fitur ini jika pengunjung mudah untuk mencari blog Anda melalui mesin telusur Google.

Tapi kalau blog Anda sifatnya pribadi atau tidak ingin ditampilkan di mesin pencarian, silahkan nonaktifkan fitur “Dapat diakses mesin telusur”

Atur Domain

setting alamat blog di blogger atau blogspot

Biarkan saja pengaturan blogspot ini secara default. Tetapi jika ingin ganti dengan custom domain, Anda bisa menambahkan domain milik Anda sendiri di bagian ini.

Pastikan bagian HTTPS telah aktif.

Izin

cara menambahkan penulis di blogger

Jika blog Anda memiliki lebih dari satu penulis, Anda bisa undang mereka dengan cara menambahkan alamat email. Klik “Undang lebih banyak penulis” > Masukkan alamat email yang ingin Anda undang.

Setelah itu blogger akan mengirim surat email kepada teman Anda. Suruhlah mereka untuk menerima undangan tersebut.

Undangan yang sudah mereka terima akan muncul di bagian Admin dan penulis blog.

Postingan

Setelan Blogspot

Ini adalah tampilan jumlah maksimal postingan yang ada di bagian Beranda atau Home blog. Secara default, maksimal 7 postingan yang tampil di halaman Home. Anda bisa edit sesuai dengan kebutuhan.

Komentar

Untuk setting komentar di blogger bisa Anda simak di bawah ini,

Setelan Blogspot Komentar
  • Lokasi tersemat: Memilih posisi atau lokasi komentar di tiap artikel. Klik sembunyikan jika tidak ingin menampilkan kolom komentar di tiap postingan.
  • Siapa yang dapat mengomentari?: Pilih saja Pengguna dengan Akun Google.
  • Moderasi Komentar: Lebih baik setiap komentar yang masuk harus kita moderasi terlebih dahulu sebelum kita terbitkan/approve.
  • Captcha komentar pembaca: Default-kan saja.

Email dan Pemformatan

Setting email di blogger

Untuk setelan blogspot bagian Email dan pemformatan ini biarkan saja secara default.

Tag Meta

apa itu tag meta pada blogger

Tag meta ini berfungsi untuk menampilkan dan menjelaskan kepada mesin pencarian Google tentang blog Anda secara keseluruan. Jadi wajib Anda aktifkan fitur ini.

Error dan Pengalihan, Crawler dan pengindeksan, Monetisasi

Untuk ketiga bagian ini biarkan saja secara default. Jadi untuk saat ini kita tak perlu kotak-katik pada pengaturan ini.

Kelola Blog, Feed Situs

kelola blog

Pada bagian “kelola Blog”, ini adalah setelan yang berfungsi untuk melakukan backup konten, restore serta menghapus blog secara permanen.

Umum

umum

Jika Anda ingin mengedit data profil, Anda bisa edit di bagian “Profil Pengguna”. Dan pada halaman selanjutnya Anda bisa edit tentang diri Anda.

Setelan Blogspot: Edit Template

Template adalah tampilan visual pada situs blog. Secara umum, Blogger sudah menyiapkan beberapa template menarik. Anda bisa temukan template bawaan blogger di Dashboard > Tema.

Tapi template bawaan Blogspot kurang diminati oleh para blogger lainnya. Kebanyakan mereka mencari template-template dari luar.

Template Blogger ada yang gratis dan ada juga yang Berbayar.

Kalau yang gratis itu banyak kita temukan tinggal search aja dengan kata kunci “Template blogger Gratis”.

Kalau yang premium, biasanya lebih bagus karena kita dapat support langsung dari developernya. Jadi jika ada pertanyaan atau masalah soal templatenya, kita akan dibantu untuk memecahkan masalah.

Tidak hanya itu, kita juga dapat informasi pembaharuan atau update template. Jadi template pada bog kita selalu up-to-date alias tidak ketinggalan zaman.

Rekomendasi Template Premium

Ada banyak template premium yang bisa kita temui. Namun untuk saat lebih merekomendasikan template dari Sugeng.ID. Di situ ada banyak template-template blog majalah yang keren, mobile-friendly, fast dan ramah SEO.

Produk template dari Sugeng.ID

Template dari Sugeng.ID sudah tak diragukan lagi. Sudah banyak teman-teman blogger kita menggunakan template ini untuk blog mereka.

Cara Ganti Template Blogger

Ini adalah cara gaya saya ganti template di blogspot walaupun sebenarnya untuk ganti template tinggal menggunakan fitur pulihkan dari Blogger.com

  • Masuk ke Dashboard Blogger
  • Pada Sidebar kiri > Tema
  • Halaman selanjutnya klik tanda panah ke bawah tepat di samping Sesuaikan.
  • Setelah itu pilih Edit HTML.
  • Hapus semua kode yang ada di dalam Code Editor.
  • Setelah itu buka file template Anda.
  • Buka dengan menggunakan notepad atau sejenisnya.
  • Lalu copy kode template terbaru Anda.
  • Kembali ke halaman blogger.
  • Silahkan pastekan ke dalam HTML Editor.

Jangan lupa tekan tombol Simpan. Untuk meninjau perubahan bisa tekan tombol pratinjau (ikon mata).

Baca artikel tips blogger lainnya: Cara Embed & Lazy Load Video Youtube di Blogger Yang Benar, Cara Membuat Daftar Isi di Postingan Blogger 2022

Penutup

Itulah beberapa pengaturan atau setelan Blogspot versi terbaru serta cara ganti template Blogger. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar terbaik Anda.

Tinggalkan komentar