10 Alasan Pengajuan Pinjaman Jenius Ditolak + Alternatif

Share dulu, dong!

Apakah Pengajuan Pinjaman Jenius Ditolak? Dalam beberapa kasus, salah satu penyebab Anda tidak bisa pinjam lagi di Jenius adalah karena skor kredit Anda menurun atau buruk. Biasanya ini terjadi karena terlambat membayar atau pelunasan di pinjaman sebelumnya. Namun bagaimana dengan yang baru pertama kali pinjam dan pernah melunaskan pinjaman sebelumnya tapi pengajuan berikutnya ditolak?

Selain dari pada itu kita juga akan membahas beberapa penyebab Anda tidak bisa pinjam lagi di Jenius padahal pinjaman sebelumnya tidak pernah telat bayar, bahkan lebih pelunasan lebih awal dari tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Kami juga akan memberikan solusi atau rekomendasi platform lain yang cocok untuk Anda. Oleh sebab itu, mari terlebih dahulu membahas penyebab Anda tidak bisa pinjam lagi di platform ini berdasarkan pengalaman pengguna.

pinjaman Jenius ditolak

Alasan Pengajuan Pinjaman Jenius Ditolak

#1. Skor Kredit Buruk

skor Kredit atau riwayat kredit buruk

Skor kredit atau riwayat kredit yang buruk dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk melakukan pinjaman lagi di Jenius. Contoh: catatan riwayat kredit yang buruk adalah telat bayar cicilan atau pelunasan di pinjaman sebelumnya. Hal ini juga merupakan salah satu faktor limit Jenius hilang.

#2. SLIK OJK

SLIK OJK Penyebab utama kenapa pengajuan Adakami ditolak

Bagi Anda yang baru mengajukan pinjaman di Jenius dan hasil pengajuannya ditolak, mungkin salah satu faktor penyebab Anda tidak bisa pinjam di Jenius adalah masalah catatan transaksi Anda SLIK OJK.

SLIK OJK merupakan singkatan dari Sistem Laporan Insiden Keuangan yang dimiliki oleh OJK. Jadi tujuan utama dari adanya sistem ini adalah untuk memantau situasi keuangan pengguna dan platform seperti Jenius dapat membaca data pengguna, kemudian mereka mengambil langkah-langkah selanjutnya mulai dari analisis kredit hingga memutuskan apakah layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

SLIK OJK bukanlah sebuah daftar hitam yang secara langsung mencegah pengguna untuk melakukan pinjaman online di platform lain.

OJK

#3. Data Kurang Valid

Tidak bisa Pinjam lagi di Adakami karena data masih kurang valid
Tidak bisa Pinjam lagi di Jenius karena data masih kurang valid

Salah satu penyebab pengajuan Jenius ditolak adalah adanya kesalahan dalam pengisian formulir pengajuan pinjaman. Misalnya nomor KTP, Nama tempat Anda bekerja, dan sebagainya. Data pengguna juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi mereka untuk menilai dan menganalisa skor kredit Anda. Jadi, sebelum masuk ke tahap verifikasi, pastikan data yang Anda input lengkap dan valid.

#4. Jumlah Pinjaman Terlalu Besar

Setelah kita mendapatkan limit, bisanya kita langsung bisa memilih besar pinjaman dan berikutnya pengajuan tersebut di verifkasi kembali apakah di ACC atau tidak. Jumlah besar pinjaman juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan pinjaman Anda ditolak.

Saran dari kami terutama bagi Anda yang baru pertama kali pinjam di Jenius, usahakan untuk tidak terlalu mengambil jumlah pinjaman yang terlalu besar. Cobalah dengan nilai pinjaman yang lebih kecil.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah lunas pinjam di Jenius, cobalah untuk tidak dulu menaikkan jumlah pinjaman Anda.

#5. Kurang Memenuhi Syarat

Biasanya ini terjadi bagi Anda yang baru mengajukan pinjaman di Jenius. Faktor ini juga sangat mempengaruhi bagi Anda. Jadi pastikan Anda telah membaca dan memenuhi persyaratan dari Jenius seperti batas usia hingga berdomisili di Indonesia.

#6. Tinggal di Zona Merah

Menurut Androkit, salah satu penyebab Jenius tidak bisa pinjam lagi adalah tempat atau lokasi Anda itu berada di daerah Zona Merah. Kami menduga cara mereka menganalisis data hampir sama seperti kita mengajukan kredit motor/mobil. Daerah yang rawan atau mayoritas pengguna di suatu daerah banyak mengalami kemacetan akan ditandai dengan daerah zona merah. Dan ini akan menjadi dampak yang besar bagi pengguna baru yang ingin mengajukan pinjaman di Jenius.

Namun sekali lagi, ini masih dugaan kami.

#7. Dijadikan Kontak Darurat

Dijadikan kontak darurat
pinjaman Jenius ditolak

Limit pinjaman Jenius hilang menandakan Anda tidak bisa lagi pinjam di platform ini. Menurut kami pribadi, salah satu yang menjadi acuannya adalah data Anda dijadikan kontak darurat oleh orang yang Anda kenal. Baik dia itu keluarga, saudara atau teman Anda. Mungkin orang tersebut mengalami telat bayar atau gagal bayar sehingga skor kredit Anda juga ikut turun atau buruk. Hal inilah yang membuat Anda tidak bisa pinjam lagi di Jenius.

#8. Tujuan Meminjam

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman ulang atau pertama kali pinjam di Jenius, Tujuan Pinjaman juga patut Anda perhatikan. Kalau menurut kami, usahakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu.

#9. Pelunasan Terlalu Cepat

Ini khusus Anda yang tidak bisa pinjam lagi di Jenius namun pinjaman sebelumnya lancar. Kejadian ini sering terjadi pada beberapa pengguna.

Banyak yang mengira, ketika melakukan pelunasan lebih cepat atau awal dari tanggal jatuh tempo, maka kita bisa pinjam lagi di hari yang sama. Namun faktanya, tidak hanya di Jenius, beberapa platform yang lain juga mengalami hal yang sama. Yaitu, tidak bisa pinjam lagi atau pengajuan ditolak.

Kenapa kita tidak bisa pinjam lagi sementara pinjaman sebelumnya lancar? Karena mungkin itu merupakan salah satu kebijakan perusahaan.

Apabila Anda sudah terlanjur melakukan pelunasan lebih awal, cobalah untuk “beri nafas” kurang lebih 2 atau satu bulan lebih. Setelah itu, cobalah untuk melakukan pengajuan ulang.

#10 Tidak Ada Riwayat Kredit di OJK

Buat Anda yang belum pernah sama sekali mengajukan pinjaman kredit baik itu dari pinjol, paylater, kartu kredit, kredit motor/mobil KPR Rumah, dan sebagainya, ini akan menjadi sedikit kendala. Karena pihak Jenius tidak mendapatkan bukti tentang seberapa bertanggung jawab Anda dalam mengelola pinjaman sebelumnya.

Solusinya, Akulaku merupakan salah satu aplikasi yang mana dapat mengajukan pinjaman dengan mudah walaupun riwayat kredit Anda di OJK kosong (belum ada).

#11. Bukan Nasabah BTPN

Ada kemungkinan kecil Anda tidak bisa pinjam di Jenius karena Anda belum tercatat sebagai nasabah BTPN.

#12. Ada perubahan kebijakan

Terakhir, kemungkinan besar Anda sudah tidak bisa pinjam lagi di Jenius karena adanya perubahan kebijakan dari pihak perusahaan. Hal ini mungkin berpengaruh pada tingkat skor kredit Anda di Jenius. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan baca kembali kebijakannya atau hubungi kontak Jenius:

Daftar Pinjol Cair Ke Bank Digital / Online

Kalau tidak mau repot-repot. Anda bisa juga menggunakan aplikasi pinjol legal yang menyediakan layanan pencairan limit pinjaman menggunakan bank Digital atau online.

Rekomendasi Androkit

Berdasarkan pengalaman kami, pinjam uang di Akulaku dan NEO Pinjam adalah dua platform yang sangat kami rekomendasikan. Selain mudah disetujui, bunganya juga sangat rendah dan tempo pinjaman yang panjang.

Jika Anda berminat, silahkan gunakan kode referral kami ketika Anda melakukan pendaftaran akun:

AkulakuHQ5LYF
Neo PinjamPMBL32

Kesimpulan: Jenius tidak bisa Pinjam lagi

Sebenarnya, Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang dimiliki oleh bank PTPN yang memungkinkan penggunanya mengajukan pinjaman dengan mudah dan aman. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah ketika pengajuannya ditolak. Bahkan ada beberapa pengguna juga mengalami penolakan sementara pinjaman sebelumnya lancar.

Dengan mengikuti penjelasan kami di atas, kami harap Anda bisa memprediksikan penyebab utama kenapa pengajuan Jenius ditolak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Setelah Melunasi Jenius apakah bisa pinjam lagi?

Tentu saja bisa! Saran kami, Anda jangan terlalu lebih awal melakukan pelunasan atau telat dari tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Karna dua hal ini dapat memicu Anda untuk tidak bisa pinjam lagi di Jenius. Ini adalah berdasarkan pengalaman!

Apakah bisa pinjam dua kali di Jenius?

Kemungkinan bisa. Namun sekali lagi ini tergantung dari skor atau riwayat kredit Anda di Jenius.

Kenapa Limit Jenius hilang?

Ada banyak faktor. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah riwayat kredit Anda di Jenius buruk atau di bawah rata-rata normal.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *