Pengajuan KTA DBS Ditolak? Ini 8 Alasanya!

Share dulu, dong!

Penyebab Pengajuan KTA DBS Ditolak – Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah jenis kredit yang tidak memerlukan jaminan atau agunan untuk memperoleh pinjaman dari bank. KTA biasanya digunakan untuk keperluan konsumsi seperti renovasi rumah, liburan, atau pembelian barang.

Pentingnya Memahami Alasan Penolakan KTA

Pengajuan KTA DBS Ditolak
Pengajuan KTA DBS Ditolak

Bagi banyak orang, KTA adalah solusi keuangan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bahkan untuk mengatasi keadaan darurat. Namun, tidak semua aplikasi KTA akan disetujui oleh bank. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami alasan-alasan mengapa KTA DBS dapat ditolak, agar kamu dapat mempersiapkan diri dan menghindari penolakan di masa depan.

Tujuan Membahas Alasan Penolakan KTA DBS

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alasan umum mengapa permohonan KTA DBS bisa ditolak. Selain itu, kita juga akan memberikan beberapa tips untuk membantu kamu menghindari penolakan dan memperoleh KTA yang diinginkan. Jadi, simak terus artikel ini dan temukan jawabannya!

Alasan-alasan Penolakan KTA DBS

kta digibank ditolak
Pengajuan KTA DBS Ditolak

#1. Kurangnya Kelayakan Kredit

Mungkin salah satu alasan utama mengapa permohonan KTA kamu ditolak adalah karena kamu tidak memenuhi kelayakan kredit yang ditetapkan oleh bank. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kelayakan kredit kamu termasuk pendapatan, catatan kredit, dan stabilitas pekerjaan. Jika pendapatan kamu tidak mencukupi atau kamu memiliki catatan kredit yang buruk, maka bank mungkin tidak akan memberikan persetujuan untuk KTA kamu. Selain itu, jika kamu memiliki stabilitas pekerjaan yang kurang, ini juga dapat mempengaruhi keputusan bank.

#2. Informasi Aplikasi yang Tidak Akurat

Hal lain yang dapat menyebabkan penolakan KTA adalah informasi aplikasi yang tidak akurat. Ini bisa berupa informasi pribadi yang salah, informasi keuangan yang tidak akurat, atau dokumen yang tidak lengkap. Jika bank menemukan bahwa informasi yang diberikan tidak akurat atau tidak valid, maka hal itu dapat mengakibatkan penolakan.

#3. Umur Tidak Memenuhi Standar

Salah satu alasan umum penolakan pengajuan KTA DBS adalah ketidakmemenuhi batas umur yang ditetapkan oleh bank. Setiap bank memiliki ketentuan tertentu terkait batas usia peminjam yang dianggap sebagai faktor risiko dalam memberikan pinjaman.

DBS, seperti bank lainnya, menetapkan batas umur maksimal dan minimal untuk calon peminjam. Batas umur ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk dan kebijakan internal bank. Sebagai contoh, batas umur mungkin berkisar antara 21 hingga 60 tahun untuk KTA. Jika usia kamu berada di luar rentang ini, kemungkinan besar pengajuan kamu akan ditolak.

#4. Penghasilan kamu Masih Di Bawah Standar KTA DBS

Penyebab KTA DBSditolak berikutnya adalah karena penghasilan kamu masih kurang dari persyaratan yang telah ditetapkan oleh mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk produk KTA DBS harus mempunyai penghasilan kotor selama satu bulan sebesar Rp5.000.000.

Bank sangat memperhatikan kemampuan peminjam untuk membayar angsuran pinjaman. Jika penghasilan tidak mencukupi, ini dapat dianggap sebagai risiko tinggi oleh bank, karena dapat memengaruhi kemampuan peminjam untuk melunasi kewajiban pinjaman.

#5.Jumlah Utang yang Terlalu Besar

Salah satu faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan bank adalah jumlah utang kamu. Jika kamu memiliki terlalu banyak pinjaman atau kartu kredit yang sedang berjalan, atau jika jumlah hutang kamu lebih besar daripada penghasilan kamu, maka bank mungkin tidak akan memberikan persetujuan untuk KTA kamu.

#6. Status Tempat Tinggal

Terakhir, status tempat tinggal kamu juga dapat mempengaruhi keputusan bank. Tinggal di area yang dianggap kurang strategis atau di area dengan risiko keamanan tinggi dapat membuat bank enggan memberikan persetujuan untuk KTA kamu.

Maka dari itu, untuk mendapatkan persetujuan KTA DBS, pastikan kamu memiliki berada di domisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan.

#7. Masalah Kartu Kredit

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan penolakan pengajuan KTA DBS adalah ketiadaan fasilitas kredit yang aktif di bank atau institusi keuangan lain. Bank sering kali menilai sejarah kredit calon peminjam sebagai faktor utama dalam menentukan keandalan dan kewajaran untuk memberikan pinjaman.

#8. Tidak Punya NPWP

Bank, termasuk DBS, meminta NPWP sebagai salah satu syarat pengajuan KTA. NPWP digunakan untuk memverifikasi identitas dan keabsahan data keuangan peminjam. Selain itu, keberadaan NPWP juga menunjukkan bahwa peminjam memenuhi kewajiban pajaknya, memberikan keyakinan kepada bank terkait ketaatan pajak.

Maka dari itulah sebabnya pengajuan KTA DBS ditolak karena tidak melengkapi NPWP.

Cara Menghindari Penolakan KTA DBS

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa KTA DBSdapat ditolak, kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara menghindari penolakan KTA?”

Nah, pada bagian ini Androkit.com telah mengumpulkan beberapa cara yang mungkin dapat membantu agar pengajuan KTA DBS di ACC. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menghindari penolakan KTA DBS:

A. Pastikan Kelayakan Kredit kamu Memadai

Sebelum mengajukan permohonan KTA, pastikan bahwa kelayakan kredit kamu memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Hal ini dapat mencakup memiliki pendapatan yang memadai, catatan kredit yang baik, dan stabilitas pekerjaan yang baik. Pastikan kamu telah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan memastikan informasi yang diberikan akurat.

B. Kelola Utang dengan Bijak

Sebelum mengajukan permohonan KTA, pastikan bahwa jumlah hutang kamu tidak melebihi penghasilan kamu dan bahwa kamu dapat membayar semua hutang secara teratur. Bank akan mempertimbangkan jumlah hutang kamu saat mengevaluasi permohonan KTA kamu, jadi pastikan kamu memiliki rencana pembayaran yang baik dan mengelola utang dengan bijak.

C. Pertimbangkan Lokasi Tempat Tinggal Kamu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi tempat tinggal kamu juga dapat mempengaruhi keputusan bank. Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan lokasi tempat tinggal kamu sebelum mengajukan permohonan KTA. Jika lokasi tempat tinggal kamu dianggap kurang strategis atau memiliki risiko keamanan yang tinggi, ini dapat mempengaruhi keputusan bank.

D. Jangan Ajukan Permohonan KTA Terlalu Sering

Terakhir, jangan terlalu sering mengajukan permohonan KTA. Jika kamu sering mengajukan permohonan KTA dan terus ditolak, ini dapat mempengaruhi catatan kredit kamu dan membuat bank enggan memberikan persetujuan untuk KTA kamu di masa depan. Sebaiknya, ajukan permohonan KTA hanya jika kamu benar-benar membutuhkannya dan pastikan kamu memenuhi persyaratan kelayakan kredit yang ditetapkan oleh bank.

E. Rawat Kartu Kredit yang Kamu Punya

Jika kamu menghadapi penolakan karena tidak ada fasilitas kredit aktif, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan Fasilitas Kredit: Pertimbangkan untuk membuka fasilitas kredit kecil atau kartu kredit dengan bank atau lembaga keuangan lain untuk membangun sejarah kredit.
  • Jaga Riwayat Pembayaran Baik: Pastikan untuk selalu membayar tagihan secara tepat waktu dan lengkap untuk membangun reputasi positif dalam sejarah kredit kamu.
  • Ajukan Fasilitas Kredit Terlebih Dahulu: Sebelum mengajukan KTA, pertimbangkan untuk mengajukan fasilitas kredit yang lebih kecil untuk membangun rekam jejak kredit kamu.

F. Tingkatkan Penghasilan

Jika penghasilan kamu dinilai masih di bawah standar, ada beberapa strategi yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Tingkatkan Penghasilan: Pertimbangkan untuk meningkatkan sumber penghasilan kamu, seperti mencari pekerjaan tambahan atau mengejar peluang bisnis.
  • Ajukan Jumlah Pinjaman yang Sesuai: Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan pembayaran kamu agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh bank.
  • Tambahkan Penjamin: Memasukkan penjamin dengan penghasilan yang memadai dapat meningkatkan peluang persetujuan.

Kesimpulan: Pengajuan KTA DBS Ditolak

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan persetujuan KTA DBS. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengajukan permohonan KTA, dan mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi keputusan bank.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *