Perbandingan Kamera Xiaomi 12s Pro VS HUAWEI P50 Pro

Bagikan:

Perbandingan Kamera Xiaomi 12s Pro VS HUAWEI P50 Pro – Era baru fotografi seluler telah dimulai dengan Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro, dan 12S Ultra, yang diluncurkan pada 4 Juli. Xiaomi, yang memiliki tanda tangan LEICA setelah HUAWEI dan Sharp, memperkenalkan seri Xiaomi 12S baru, mengambil pelajaran darinya kegagalan dengan Xiaomi 12 Pro. Tipe yang tidak diluncurkan secara global, hanya tersedia di pasar Cina dan oleh karena itu tidak termasuk dalam peringkat DXOMARK.

Fakta bahwa seri Xiaomi 12S tidak terdaftar dalam peringkat DXOMARK tidak menunjukkan kegagalan. Menurut sampel foto yang dirilis oleh Xiaomi, Xiaomi 12S Pro dan 12S Ultra adalah smartphone Android dengan kamera terbaik yang pernah ada. Ini memiliki pengaturan kamera yang lebih baik daripada HUAWEI P50 Pro, yang dilengkapi dengan optik LEICA.

Ada 5 bukti bahwa Xiaomi 12S Pro lebih baik daripada model HUAWEI kedua di peringkat DXOMARK.

Xiaomi 12S Pro Dilengkapi dengan Sensor Kamera Sony Terbaru

Sensor kamera Sony IMX 707 dalam model baru pertama kali digunakan di Xiaomi 12 Pro. Xiaomi 12 Pro, yang diluncurkan pada hari-hari terakhir tahun 2021, tidak memiliki optik LEICA dan karenanya tidak sekuat 12S Pro dalam hal kinerja kamera. Lensa yang disetel LEICA bekerja sangat baik dengan sensor kamera terbaru Sony. Sensor kamera ini berukuran 1/1,28 inci. Sensor kamera HUAWEI P50 Pro adalah Sony IMX 766 dan ukurannya 1/1,56 inci.

Perbandingan Kamera Xiaomi 12s Pro VS HUAWEI P50 Pro

Sebagai perbandingan, sensor Xiaomi 12S Pro jauh lebih besar daripada HUAWEI P50 Pro. Sensor kamera yang lebih besar dapat menangkap cahaya dalam jumlah besar, yang menghasilkan gambar yang lebih jelas selama pemotretan siang dan malam.

Ultra Wide Angle Sensor yang Lebih Baik

Ultra wide Angle Sensor Angle Xiaomi 12S Pro lebih baik daripada HUAWEI P50 Pro. Kamera ultra-wide-angle Samsung S5KJN1 dari Xiaomi 12S Pro dapat mengambil foto dengan resolusi hingga 50MP. Meskipun nilai sudut maksimum tidak ditentukan dalam model HUAWEI, Xiaomi 12S Pro dapat mengambil bidikan ultra lebar 115 derajat. Kamera memiliki aperture f/2.2, ini sama dengan HUAWEI P50 Pro. Kamera sudut ultra lebar pada HUAWEI P50 Pro memiliki resolusi 13MP. Sebagai perbandingan, Xiaomi 12S Pro lebih baik dalam hal ini.

ISP yang Lebih Baik

Image signal processor (ISP) memainkan peran penting dalam memperoleh foto. Data dari sensor kamera diproses oleh ISP dan software, dan hasil akhirnya keluar. SoC Qualcomm Snapdragon unggulan selalu dilengkapi dengan ISP yang unggul, tetapi Qualcomm Snapdragon 888 di HUAWEI P50 Pro lebih rendah dari segi ISP karena lebih tua dari Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 di Xiaomi 12S Pro.

Versi Android Terbaru & Kemampuan Perangkat Lunak Kamera yang Lebih Baik

Dengan setiap versi Android baru, Google lebih mementingkan kamera dan membuat tambahan untuk peningkatan. Versi terbaru, Android 12, menghadirkan inovasi penting pada kamera dibandingkan dengan Android 11.

Masalah kualitas gambar yang terjadi di versi sebelumnya sebagian besar telah diperbaiki dengan Android 12, yang disebabkan oleh API kamera yang diperbarui.

Xiaomi 12S Pro menjalankan Android 12, versi Android terbaru, dan MIUI 13, versi MIUI terbaru. HUAWEI P50 Pro, di sisi lain, menjalankan EMUI 12, yang berbasis Android 11. MIUI 13 memiliki aplikasi kamera dengan banyak fitur dan lebih mumpuni dibandingkan dengan kamera EMUI.

hasil kamera Xiaomi 12s Pro 2
hasil kamera Xiaomi 12s Pro 2

Dukungan Google Kamera

Google Camera (Gcam) adalah aplikasi kamera yang ditawarkan dengan ponsel Pixel dan telah menjadi sangat diperlukan bagi pengguna Xiaomi. Alasan mengapa pengguna menyukai aplikasi ini adalah dapat mengambil foto berkualitas lebih baik daripada banyak aplikasi kamera stok dan dapat dengan mudah dimodifikasi. Anda tidak dapat mengunduh dan menginstal Google Camera dari Google Play Store. Gcam di-porting ke setiap perangkat, jadi Anda harus dapat menemukan aplikasi yang berfungsi di perangkat Anda.

Dukungan Gcam model Xiaomi cukup tinggi, banyak developer mengadaptasi Google Camera ke model Xiaomi. Karena Xiaomi 12S Pro adalah model yang baru dirilis, saat ini tidak memiliki APK Port Kamera Google, tetapi akan memiliki dukungan ini di masa mendatang.

Kesimpulan

Xiaomi 12S Pro melakukan pekerjaan yang hebat dengan LEICA. Xiaomi, perusahaan smartphone Android nomor satu, telah membawa kinerja kamera ke level berikutnya dengan langkah barunya, menyalip HUAWEI.

Tinggalkan komentar