[Pemula] Perbedaan Nama Domain dan Hosting di Website 2022

Perbedaan nama domain dan hosting sebenarnya adalah dua hal yang terpisah namun saling membutuhkan. Ibaratkan ‘alamat rumah’ dan ‘rumah itu sendiri’.

Pada artikel ini, saya ingin jelaskan secara rinci perbedaan nama domain dan web hosting.

Pengertian Nama Domain

pengertian domain pada website

Nama domain merupakan alamat website kita yang mana diketik di bagian kolom url browser.

Contoh misalnya Anda buka browser, lalu ingin buka situs berita misalnya Kompas. Maka di bagian bilah url Anda harus ketik ‘kompas.com‘ atau ‘www.kompas.com’

Seperti yang sudah saya katakan, domain ibarat seperti alamat rumah. Kalau ingin pergi ke rumah si A di daerah perumahan, maka kita harus tahu alamatnya mulai dari Blok dan nomor rumah.

Yuk sekarang kita langsung ke lebih detail.

Pada umumnya, internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar yang mana terhubung antara satu dengan yang lainnya menggunakan via kabel. Supaya lebih mudah mengenal atau mengidentifikasi semua komputer, diberilah rangkaian nomor yang kita sebut dengan IP Address atau alamat IP.

Muncul pertanyaan baru,

Perbedaan Nama Domain dan Hosting

Apa itu Alamat IP atau IP Address?
Adalah sebuah rangkaian angka unik yang dipisahkan dengan tanda titik (.). Contoh IP Address: 128.129.0.1.

Kalau di KTP itu ada nomor KTP yang ada di bagian pertama dengan kombinasi 16 digit. Begitu juga dengan IP Address yang merupakan nomor tanda pengenal domain.

IP Address dari ‘domain.com’ (contoh) adalah 128.104.45.5. Sekarang saya tanya, yang mana lebih mudah di ingat. domain.com atau 128.104.45.5?

tentu Domain.com, bukan?

Seandainya jika tidak ada nama domain.com, maka kalau mau mengunjungi kompas.com harus mengetik IP Address di bagian bilah url browser.

Baca: Cara Sukses Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Komputer tidak akan bingung soal mengindentifikasi serta mengingat angka-angka unik ini. Tetapi mustahil bagi kita sebagai manusia.

Maka dapat kita simpulkan manfaat domain pada situs website adalah untuk mempermudah kita mengenal dan mengingat situs web yang ingin kita kunjungi.

Pengertian Hosting pada Website

pengertian web hosting
pengertian singkat web hosting

Tadi kita sudah singgung di atas, hosting itu ibarat rumah. Setiap rumah memiliki luas yang berbeda-beda. Semakin besar rumahnya, maka semakin banyak barang dan orang yang bisa masuk tinggal atau berkunjung di rumah tersebut.

Apa hubungannya dengan Web Hosting?

Hosting merupakan wadah atau tempat yang mana semua file atau aset situs website Anda tinggal. File yang biasa kita simpan di Hosting berupa gambar, video, dan file pendukung lainnya. Kita bisa tambah, edit, dan hapus semua file yang ada di hosting.

Hosting bisa juga kita ibaratkan tempat penyimpanan di komputer drive D (hardisk).

Saat Anda mengetik nama domain Anda di browser, maka domain akan di translate ke dalam IP perusahaan hosting web Anda. Di dalam komputer ini berisi file situs website Anda. Jadi dia akan mengirimkan kembali file tersebut ke browser Anda.

Jenis Web Hosting

Ada beberpa jenis web hosting yang banyak ditawarkan oleh perusahaan di seluruh dunia.

  • Shared Hosting
  • VPS
  • Dedicated Hosting
  • Cloud Hosting

Biasanya yang paling umum digunakan oleh blogger pemula adalah shared hosting atau cloud hosting. Karena dengan menggunakan jenis hosting ini, kita tidak perlu jago atau memilik keterampilan mengelola web hosting.

Rekomendasi Beli Hosting Murah dan Terbaik

Setelah kita mengerti apa itu hosting dan apa itu domain, selanjutnya saya rekomendasikan tempat beli hosting yang murah dan terbaik.

Banyak sekali provider yang menyediakan jasa sewa hosting, salah satunya adalah domainesia. Salah satu perusahaan di bidang server hosting yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Menariknya, Domainesia menawarkan diskon hosting sebesar 30% untuk selamanya. Anda bisa gunakan kuponnya di bawah ini:

Kode Kupon: androkit

Kesimpulan ‘Perbedaan Nama Domain dan Hosting’

Dari ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa perbedaan nama domain dan hosting sangat jauh berbeda namun mereka satu kesatuan yang saling melengkapi. Tanpa adanya domain, hosting tak bisa diakses, begitu juga sebaliknya.

Jadi perbedaan antara domain dan hosting secara umum adalah Domain ibarat sebagai alamat rumah, sedangkan Hosting adalah tempat untuk file itu tinggal alias ‘Rumah’.

Demikian artikel kita kali ini. semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar