Kenali Perbedaan Utama WordPress.com dan WordPress.org

Bagikan:

Halo Good Blogger yang budiman,
Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang Perbedaan Utama WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya sama-sama dari satu developer, namun secara versi mereka berbeda.

Artikel ini akan membantu Anda mengenali tentang WordPress yang mana mempunyai dua versi, yakni WordPress yang berdomain dot com dan dot org.

vBagi teman-teman yang belum familiar tentang WordPress, tidak tahu perbedaan antara kedua versi tersebut. Dan ketika Anda baca artikel ini, saya yakin teman-teman akan mengerti tentang kedua perbedaan ini.

WordPress, CMS yang Paling Populer

WordPress atau yang biasa kita sebut WP merupakan salah satu cara orang membuat website yang sangat populer. Ada hampir 50% dari semua website yang ada di dunia internet menggukan WordPress.

Kenapa para web developer atau blogger lebih memilih WordPress dari pada CMS yang lain? Untuk soal ini saya sudah buat artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan WordPress.

WordPress.org VS WordPress.com

Perbedaan Utama WordPress.com dan WordPress.org
ilustrasi ‘Perbedan Utama WordPress.com dan WordPress.org’

Sebenarnya, Perbedaan utama WordPress.com dengan WordPress.org terletak pada hosting yang ada di situs web kita.

Beberapa hari yang lalu saya sudah bahas tentang perbedaan Domain dan Hosting. Ketika Anda memahami perbedaan domain dan hosting, maka Anda ttidak akan mudah memahami perbedaan utama WordPress.com dan WordPress.org ini.

Ketika kita membuat website di WordPress.com, maka WP dot com ini yang akan menangani semua layanan hosting. Artinya tidak bisa hosting dari pihak lain. Caranya sangat mudah, Anda tinggal daftar untuk membuat akun lalu mulai membangun website.

Sedangkan WordPress.org, Kita harus cari tempat hosting sendiri. Anda bisa searching di Google layanan hosting untuk pemula. Anda bisa pilih layanan hosting mana saja yang penting mendukung fitur WordPress agar optimasi website lebih full power.

Jadi alur teknisnya seperti ini: Beli domain dan pilih tempat layanan hosting yang Anda sukai. Setelah itu Anda instal aplikasi WordPress di cpanel hosting itu sendiri.

Untuk hosting, saya rekomendasikan menggunakan layanan di Domainesia. Selain karna saya sudah berpengalaman dengan server mereka (belum pernah alami down), memiliki layanan 24 jam support yang berpengalaman.

Jadi ketika Anda ada masalah terkait hosting, maka mereka akan sangat membantu dan mencari solusi untuk website Anda.

Perbedaan Biaya antara WordPress.com dengan WordPress.org

perbandingan-biaya-wordpress

sama seperti Blogger.com yang mana kita membuat situs website sepenuhnya GRATIS. Namun ada juga yang berbayar.

Akan tetapi, teman-teman juga harus tahu kelemahan menggunakan paket gratis. Berikut adalah kekurangan WordPress.com

  • Domain Gratis, tapi bersubdomain (bonar.wordpress.com atau nama-blo.wordpress.com). Jadi di akhiran ada nama domain WP itu sendiri.
  • Kapasitas penyimpanan file terbatas (500 MB)
  • Tidak bisa memonetisasi blog atau website
  • Tidak dapat memasang tema atau plugin. Secara default, WordPress versi ini sudah terpasang plugin secara otomatis di situs website atau blog kita.
  • Kita tidak bisa menghapus iklan atau tulisan WordPress.com itu sendiri dari website kita

Apabila Anda ingin menggunakan versi berbayar, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp220.000 selama 1 bulan dengan kapasitas 50 GB.

berbeda dengan WordPress.org. Karena di sini kita bebas memilih tempat layanan hosting untuk website kita, jadi untuk biaya bisa beragam-ragam bahkan bisa jauh lebih murah. Kerena di setiap perusahaan penyedia hosting mempunyai penawaran yang berbeda-beda.

Di Domainesia misalnya. Harga sewa hosting yang paling murah di situ adalah Rp14.000 selama sebulan. Paket hoting ini sangat cocok bagi teman-teman yang ingin belajar membuat blog di WordPress.

Kapan Kita Menggunakan WordPress.com

Seperti yang sudah saya ulas di atas, di versi dot com ini kita tidak perlu membeli atau sewa hosting serta memantau perkembangan kinerja hosting dan keamanan. Inilah salah satu keuntungan besar menggunakan WordPress.

Karena tema dan plugin terbatas, artinya tidak bisa instal plugin selain yang sudah ditetapkan oleh WordPress.com, hal ini akan menyulitkan kita untuk menyesuaikan situs website kita sesuai dengan kebutuhan. Hal inilah yang menjadi mengapa orang lebih menyukai WordPress.org

Kapan Harus Pindah WordPress.org?

Pengalaman saya pribadi, saya langsung belajar membuat blog di WordPress langsung menggunakan versi dot org ini karena konfigurasi setting sangat bebas sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan WordPress.org yang lainnya adalah secara bebas dan tanpa batas, bisa instal tema dan plugin untuk blog atau situs lainnya. Apa saja yang kita inginkan bisa kita lakukan dengan menggunakan versi org ini terlebih bisa monetisasi sehingga kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi, Pilih WordPress.com atau WordPress.org untuk Pemula?

Pilih wordpress.com atau wordpress.org?
Perbedaan Utama WordPress.com dan WordPress.org

Apabila Anda masih ragu tentang dua hal ini, yuk kita simak tabel di bawah ini:

WordPress.orgWordPress.com
Tidak Gratis (karena beli domain dan hosting sendiri)Gratis (walapun ada versi berbayar)
Fitur Tidak terbatasTerbatas
Kapasitas disk Custom (sesuai tempat dan paket hosting)Gratis hanya 500 MB
Kualitas Server tergantung tempat penyedia hostingKualitas terbaik langsung dari WordPress itu sendiri
Instal WordPress sangat mudahSama, cukup buat akun saja.
Domain bisa bebasUntuk versi gratis, Subdomain diakhiri dengan .wordpress.com
Bebas instal tema dan plugin apapunTidak bisa
kelebihan dan kekurangan versi wordpress.org dan wordpress.com

Jadi, Perbedan Utama WordPress.com dan WordPress.org terletak pada hosting. versi dot com hostingnya harus dari mereka sendiri. Sedangkan versi dot org, kita sendiri yang nentukan mau hosting di mana sesuai dengan kebutuhan.

jadi WP mana yang ingin kamu gunakan? Yuk berkomentar!

Tinggalkan komentar