Pinjam Yuk Ada DC Lapangan ke Rumah?

Share dulu, dong!

Bagi Anda yang sedang telat bayar atau galbay di pinjaman online khususnya di Pinjam Yuk, pasti Anda bertanya-tanya, apakah pinjol Pinjam Yuk Ada DC Lapangan ke Rumah?

Perlu Anda ketahui bahwa Pinjam Yuk adalah salah satu aplikasi pinjaman online resmi dan legal dan merupakan aplikasi pinjol yang populer di Indonesia.

Walaupun tak se-populer AkuLaku dan Kredivo, Pinjam Yuk memiliki jangkauan yang luas. Terhitung ada lebih dari 50 kota besar di Indonesia yang siap mereka layani.

Apakah Pinjam Yuk Ada DC Lapangan ke Rumah?

Oke, kembali ke topik utama kita, apakah Pinjam Yuk punya Debt Collector dan datang ke rumah?

Jawabannya adalah, hingga saat artikel ini dibuat, Pinjam Yuk belum memiliki DC Lapangan. Jikapun ADA, itu tidak akan semuanya (hanya khusus wilayah JABODETABEK) di samperin ke rumah untuk nagih utang Anda.

Kenapa?

Karena informasi yang kami dapatkan berasarl dari sumber yang sangat akurat, dapat dipercaya dan berdasarkan pengalaman dari beberapa pengguna yang sudah telat bayar.

PinjamYuk Ada DC Lapangan
Pinjam Yuk Ada DC Lapangan – Sumber: Facebook

Perlu Anda Ketahui!

Biasanya aplikasi pinjaman online itu jarang yang mempunyai DC Lapangan kecuali aplikasi yang mempunyai bekingan atau grup perusahaan yang sangat besar seperti Akulaku, Kredivo, Kredit Pintar bahkan sekelas AdaKami aja itu masih belum mempunyai DC Lapangan.

Apakah AdaPundi Ada DC Lapangan ke Rumah?
Pinjam Yuk Ada DC Lapangan Tidak

Nah, kalau EasyCash, itu awalnya dia tidak mempunyai DC lapangan. Tapi akhir-akhir ini mereka mempunyai rencana untuk merekrut Out Sourcing untuk digunakan sebagai media penagihan kepada orang-orang yang gagal bayar pinjol.

Permasalahan kali ini adalah di Pinjam Yuk. Apakah ada DC lapangannya? Saya tekankan sekali lagi bahwa sampai artikel ini dibuat belum ada.

Apa risiko Galbay pinjaman online?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ada beberapa risiko jika Anda gagal bayar. Salah satunya adalah data Anda akan masuk ke list SLIK OJK yang artinya nama Anda tidak akan bisa pinjam lagi di platform pinjaman online lainnya.

Mungkin bagi teman-teman yang sampai saat ini sedang gagal bayar di Pinjam Yuk bisa berbagi pengalaman Anda dengan mengisi kolom komentar di bawah artikel ini.

Cara Penagihan Pinjam Yuk

Ada beberapa proses penagihan pinjol legal, termasuk Pinjam Yuk. Jadi, secara singkatnya begini:

  • Bagi pengguna baru, dalam tiga atau empat hari sebelum jatuh tempo bakalan ada SMS atau telepon tentang pemberitahuan soal kewajiban membayar cicilan. Biasanya ini hanyalah pengingat yang sudah dirancang oleh sistem.
  • Ketika sudah lewat jatuh tempo, berikutnya data Anda akan diserahkan oleh pihak Desk Collection. Mereka ini yang akan menghubungi Anda secara online baik via SMS, Telepon, Chat dan sebagainya. Tujuan mereka tak lain adalah mengingatkan atau menagih angsuran atau cicilan peminjam.
  • Jika cara di atas tidak membuahkan hasil, langkah berikutnya adalah mengunjungi Anda ke rumah. Orang yang datang ke rumah itu adalah Debt Collection. (Desk Collection dan DC Lapangan itu orangnya beda).

Tanda-tanda DC Lapangan Datang Ke Rumah

Di bawah ini adalah salah satu contoh tanda-tanda DC Lapangan bakalan datang ke rumah. Yaitu adanya surat penugasan penagihan dari pihak ketiga.

Surat penugasan dc lapangan adakami
Source: Facebook Group

Untuk informasi lebih lanjut soal tanda-tanda DC Lapangan bakalan ke rumah untuk menagih, Anda bisa langsung klik di sini.

Tata Cara Penagihan DC Lapangan ke Rumah

Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol

Sebelum kita bahas tips menghadapi DC Lapangan, ada baiknya Anda wajib tahu dulu soal tata cara aturan penagihan (via kunjungan) yang dikeluarkan oleh OJK.

Anda wajib meminta atau menanyakan beberapa dokumen penting seperti:

  1. Bukti identitas
  2. Surat tugas dari pihak perusahaan
  3. Bukti dokumen debitur wanprestasi
  4. Sertifikat profesi di bidang penagihan
  5. Salinan sertifikat jaminan Fidusia

Pihak penagih wajib membawa lima surat tersebut sebagai tanda bukti valid/sah. Jika salah satu dari kelima surat tersebut tidak dapat mereka membuktikan, maka Anda juga jangan menanggapi mereka. Suruh mereka pulang dan lengkapi surat-surat tersebut.

Pinjol Bisa Menghasilkan Uang

Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjam Yuk (jika sudah ada)

  • Pertama, jangan takut, rileks saja. Jangan terlihat orang yang sedang ketakutan
  • Pastikan kelima dokumen tersebut lengkap.
  • Jika ternyata masih kurang lengkap, tetapi mereka tetap menolak dan meminta Anda bayar utang, maka Anda bisa langsung sebutkan bahwa ini adalah aturan dari OJK.
  • Kalau ternyata dokumen mereka lengkap, berikan mereka bicara tentang tujuan kedatangan mereka.
  • Jika Anda masih belum punya uang, katakan kepada mereka bahwa Anda berjanji akan membayar semua kewajiban saya dengan memberikan tenggang waktu yang Anda tentukan.
  • Beritahu alasan kenapa saat ini Anda belum bisa membayar hutang tersebut.

Jangan mau, bila ada oknum-oknum di sosial media yang menawarkan hapus data pinjol. Ini jelas modus penipuan. Baca di sini untuk mengetahui Jenis Modus Penipuan Pinjaman Online Ilegal

Kesimpulan: Pinjam Yuk Ada DC Lapangan Tidak

Setelah Anda membaca tulisan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Pinjam Yuk belum punya DC Lapangan. Hingga saat ini, mereka masih menggunakan metode DC online. Kita juga mengetahui risiko ketika gagal bayar di pinjaman online legal. Semoga permasalahan Anda bisa terselesaikan. Jika ada pertanyaan atau masukkan lainnya tentang soal ini, bisa langsung tanyakan lewat kolom komentar di bawah ini.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

75 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      • untuk daerah jakarta barat galbay pinjam yuk apa aman ? saya punya 2 tagihan dengan nominal yang lumayan besar

          • hallo kak
            mau tanya,sy kesulitan dana untuk bayar dan bisa jadi galbay krna TDK ada dana masuk sama sekali. apk Pinjam yuk,apakah DC ke rumah untuk penagihan?.
            apa yg harus sy lakukan ya kak biar bisa menghindari SMS teror ,ancaman WA dan TLP teror ya kak..?

          • Halo juga, untuk saat ini Pinjam Yuk belum ada DC Lapangan kak.
            Cara menghindar SMS teror dan ancaman WA cukup dengan blokir atau ganti nomor kontak kakak.

  1. kalau saya telat bayar d aplikasi pijam yuk trus saya d hubungi terus lewat wa,SMA,dan TLP tpi sya belum bisa bayar gimana ya..sedang kan saya bisa bayar pas gajian gimana cara nya agar saya tidak d hubungi terus

    • Beri tahu ke pihak penagih online bahwa Anda belum bisa bayar saat ini. Tunggu saya gajian, maka saya akan bayar cicil/lunasi semua utang tersebut. Biasanya mereka tidak akan telpon Anda jika sudah ada hubungan baik,

  2. saya mndpt sms jg katanya mw dtg ke rmh..kira2 bz smpai rmh tdk ya?saya berada di kota blitar,jawa timur..smentara saya udh jelaskan saya akan byar beserta denda jika sdh gajain..tp mereka mlah ngata2in..

  3. Hi kak kalo galbay pinjam yuk dan bantu saku apakah nmor yg ad di kontak kita akan di telfon semua? Apa data kita akan disebar ? Mhon jawabannya kak

    • Secara hukum, penyelenggara dilarang akses kontak. Artinya, secara langsung, mereka tidak boleh menyebarkan data pribadi ke semua daftar kontak kita. Yang dibolehkan hanya kontak darurat. Pinjam Yuk dan BantuSaku merupakan aplikasi pinjol legal dilarang menyebarkan data pribadi ke daftar kontak kita.

      • Pinjam Yuk daerah Semarang Jateng aman gak bang?

        Bukannya mau galbay tapi itulah tagihan pertamanya japo lima belas hari dan itupun harus bayar 90% dari pokok pinjamannya.

        Gak kuat kalo langsung 90% bayarnya, palingan 15-30% baru bayar.

        • Halo kak
          Pinjam Yuk belum ada DC Lapangan. Namun pastikan kakak selalu mendapatkan update terbarunya di sini.
          Biasanya ada kebijakan tentang potongan bunga atau tanpa bunga bagi nasabah yang wanprestasi. Coba tanyakan hal ini ke pihak CS Pinjam Yuk.

          • maaf kak mohon info, untuk daerah medan Julo bagaimana kk apakah ada dc lapangannya?

  4. Info update menarik seputar pinjol dari salah satu officer yang masih aktif bekerja :

    1. Fakta Pinjol :
    Pinjol berawal dari China. Di China sendiri bisnis pinjol gagal, karena disana banyak gamau/gabisa bayar dan tidak bisa ditindak secara hukum. Dan regulasi pemerintah china mengenakan pajak yang tinggi untuk perusahaan bisnis pinjol ini. Bisa dipastikan pinjol besar/kecil baik OJK maupun Ilegal, yang masuk ke Indonesia itu expand bisnis dari China langsung. Para petinggi pinjol satu sama lain saling kenal baik.

    2. DC Lapangan :
    Dipastikan untuk DC lapangan pinjol ga ada kecuali Home Credit, Kredivo, Akulaku & Shopee (karena secara legal bisnis utama mereka resmi perkreditan, yang nyambi bisa ngasih pinjaman secara online juga. Tunaiku dari Amar Bank yang saya dengar memang ada DC lapangan, mungkin karena masuk kedalam produk perbankan itu sendiri, tolong bantu dikroscek kebenarannya.

    Dan ini semua yang nagih itu Desk Collection (hanya melalui telfon/wa), tenang jangan terpancing psikologis kita. Di terror & ancaman dalam bentuk apapun hanya bualan belaka supaya kita segera bayar. Karena DC itu ada penilaian kerjanya yang berhubungan dengan gaji & bonus mereka. Maaf cakap berbicara mayoritas DC hanya anak-anak lulusan SMA/SMK yang ditekan atasannya.

    Pasti pernah ada yang diancam dokumen anda sudah dioper ke Pihak Ketiga. Benar akan diserahkan kesana tapi setelah 90 hari dari terakhir jatuh tempo. Biasanya datanya dijual putus pada Pihak Ketiga, cara penagihannya suka-suka Pihak Ketiga yang jelas pasti diterror secara bombardir. Sebenarnya pinjol besar resmi itu setelah 90 hari mereka akan mendapatkan asuransi penggantian jadi ga akan rugi sebenernya.

    3. BI Checking :
    Menurut info yang didapat semua data perbankan tetap aman tidak terhubung, kecuali masalah KPR, KTA, Kartu Kredit & murni produk perbankan lainnya.

    4. Saran :
    Tetap tenang menghadapinya. Hutang adalah hutang. Diniatkan bayar apabila sudah bisa membayar, minimal lunasi pokoknya. Ada pengancaman dari penagihan pinjol laporkan ke link pengaduan dibawah, screenshot kirim ke pinjol yang ngancam, mereka auto sopan pasti.

    5. Link bermanfaat :
    • Cek SLIK OJK/BI Checking : idebku.ojk.go.id
    • Pengaduan AFPI : afpi.or.id/pengaduan
    • Pengaduan OJK : konsumen.ojk.go.id/formpengaduan

    Note : Link diatas baiknya diakses dibawah jam 10 pagi, kalo siang suka lemot.

    • “Kutipan: 3. BI Checking :
      Menurut info yang didapat semua data perbankan tetap aman tidak terhubung, kecuali masalah KPR, KTA, Kartu Kredit & murni produk perbankan lainnya.”

      Beberapa tahun yang lalu, saya mengajukan KUR di BRI, alhasil pengajuan saya ditahan karena ada tagihan Spaylater dan disuruh untuk dilunasi saat itu juga. Trus yang kedua, tahun 2022, saya mengajukan KPR Rumah di salah satu bank terbesar. Alhasil saat melakukan survey, mereka menanyakan tentang Akulaku paylater saya.

      Ketiga, tetangga saya mengalami hal yang sama ketika galbay di beberapa pinjol legal. Terpaksa dia menggunakan nama adiknya untuk mengambil rumah KPR.

      • Oh iya betul mas. Untuk shopee & akulaku terlewat pembahasannya ada pengecualian untuk kedua ini. Secara skala bisnis memang kedua ini yang menggurita, dari legalitas administrasi pun bisa terkoneksi dengan perbankan baik shopee paylater, shopee pinjaman & Akulaku. Shopee produk backupnya dari seabank, sedangkan Akulaku backupnya e-com terbesar dari cina Alibaba. Menurut pendapat pribadi saya kenapa terkoneksi ke perbankan karena kebijakannya menginduk dari bisnis utama mereka yaitu cicilan jual beli barang di e-commerce dan itu legal disini, yah dengan sedikit polesan administratif tentunya.

  5. * Tambahan kutipan diatas. Kita perlu mengetahui yang mana e-commerce yang memiliki produk pinjol & mana yang pinjol murni.
    1. E-commerce yang punya produk pinjol/paylater/cicilan belanja :
    • BRI Ceria
    • Shopee Paylater & Spinjaman
    • Akulaku
    • Kredivo
    • Home Credit
    Untuk Tunaiku by AmarBank & Maucash by AstraPay, mungkin lebih ke masuk produk perbankan.

    2. Selain nama produk diatas itu pinjol murni, baik yang legal maupun ilegal.

    Tolong dikoreksi apabila ada kekurangan dan kesalahan. Terima kasih

  6. saya barusan dapat email dari DC sepertinya pinjam yuk karna hanya pinjam yuk, yang masih ada tunggakan
    tapi dalam email tidak menyebutkan asal dari pinjol mana,
    hanya mengingatka jika tidak dilakukan pembayaran maka
    1. Akan datang ke rumah dan ke RT setempat
    2. akan dilaporka ke FCD
    apakah itu benar ada nya atau hanya gertakan saja kak terimaksih

    • Abaikan saja kak, bisa saja itu dari PinjamYuk.
      Mungkin WA Anda sulit dihubungi sehingga mereka menggunakan cara Email.

  7. numpang tnya kak..saya punya pinjol gambar di pinjam yuk, pinjam duit, kredit pintar,, bantu saku, apakah apk pinjol yg sya sebutkan tadi ada dc yg bakal kerumah kak.

      • saya mau nanya pak. saya ada tunggakan di pinjamYuk tpi cari penagihannya kasar, dan sampe edit foto2 saya dan disebar luaskan di akun dm temen2 ig saya dengan catatan. foto saya ditulis *dicari maling arisan online* emg pinjamyuk seperti itu ya? kalo saya respon wa nya saya di kata2in kasar . apakah mereka ada dc lapangannya juga ??

        • Silahkan laporkan kejadian ini di OJK dan AFPI sertakan dengan bukti yang ada.
          Untuk saat ini PinjamYuk belum punya DC Lapangan….

        • sama kyk sy teh,baru japo hari ini 20 Des 23 udh di TLP dan SMS WA teror semua,bahkan FP WA sy mereka pakai di WA mereka dengan ancaman akan pesan online COD menggunakan Foto dan data KTP dan di kirim ke alamat kami,bahkan pengancaman pembunuhan juga,kan sadis ya

          klu untuk APK Samir apa ada DC lapangan juga gak ya,krna bntar lagi japo dan blm ada dana untuk bayar jga nih .

    • kak kalo gagal bayar di pinjam yuk bakal ada dc kerumah gak kak…saya tinggal di banyuwangi apakah aman?

  8. saya punya tunggakan d pinjam yuk jtuh tempo trakhir 22 Juli sekarang apakah bakal ada DC kerumah???trus saya juga punya Singa ID sudah telat ternyata DC nya datang ke rumah….dan skrqmg saya harus bayar punya brapapun juga asal masuk aja katanya itu gmn ya ka….

  9. Saya punya tagihan yg jatuh tempo hr ini kak di aplikasi Pinjam yuk ya ampunn DC nya kasar kasar banget kak..pdhal kmrin sblm jatuh tempo saya sdh email ke perusahaan mrka dan bbrapa lembaga pemerintah bahwa saya meminta keringanan dan waktu utk melunasi hutang2 saya,tp DC nya malah wa kasar2 kak..apa yg hrus saya lakukan ya kak

  10. Saya sangkutan ke pinjam yu…jika saya gagal bayar terus trus klo mereka pnya dc kerumah biasanya berapa thn?…

  11. saya mau tanya kak..saya tinggal di daerah sidoarjo
    saya punya tunggakan di pinjam yuk sebesar 900
    apakah akan ada dc lapangan ke rumah ataw ke perusahaan y kak
    perusahanku tempatanya di surabaya

  12. Assalamualaikum…ka saya mau tanya, sya dh galbay di pinjam yuk jd dlm 1 app ada 2 tagihan, dia telp dan wa terus kesaya perihal tagihan tsb, tp sy tidak angkat ataupun balas wa’a, apa akan jd mslh di kedepan’a??

    • Walaikumsalam, Bu Dian.
      Cara mereka menagih debitur yang macet adalah dengan menghubungi baik lewat telepon, wa, maupun email. Pada umumnya, jika kita tidak mengangkat atau merespon panggilan mereka, biasanya mereka mencoba menghubungi pihak kondar (kondar darurat) nomor kantor (jika ada) tempat Anda bekerja.
      Jadi, tidak ada masalah serius soal ini

  13. boleh nanya lg tdk ka, klo app KTA Kilat gmn y ka?? apa ada DC?? soalnya sy ada beberapa app yg galbay k.

  14. hi ka, boleh tanya ga? kl kredit digital (kredit dana sama cash cepat ada dc lapangan ga? saya bingung mau byr pake metode apa…krn saya hanya punya bca saja.

  15. Hallo Kak,
    saya mengalami Galbay di Aplikasi Pinjam Yuk dan UATAS
    apakah mereka ada DC Lapangan nya kak,
    saya Galbay pun tetapi masih punya niatan membayar sehingga saya menggunakan Jasa Keuangan AMALAN
    yang nanti akan membantu konsultasi HUTANG saya
    tetapi dari Pihak PINJAM YUK tidak mau tahu
    mereka tetap menagih, berbicara kasar, sampai ada yang ingin mengirimkan barang COD untuk saya bayar.
    itu bagaimana ya kak,
    apakah benar mereka akan mengirimkan barang barang COD atas nama saya
    mohon pencerahan nya

    • Biasanya itu hanya gertakan saja kak,.. kalau pun memang terjadi, segera laporkan pihak OJK dan jelaskan kronologinya beserta bukti Screenshot.
      Pinjam Yuk dan UATAS untuk saat ini belum ada DC Lapangan, kak……

      • Menurut Penjelasan kaka sebelumnya
        Desk Collection dengan DC Lapangan berbeda,
        apakah ada kemungkinan juga Desk Collection nya tetap mendatangi Rumah ?
        kemudian, seberapa lama kita mendapatkan terror WA SMS dan telepon dari Pihak Pinjaman.

    • AdaPundi masih random untuk wilayah Jabodetabek. Tapi sebagian mengatakan belum pernah di datangin DC Lapangan. Kalau Pinjam Yuk untuk saat ini belum ada DC lapangan.

  16. hallo kak,..
    ada ancaman WA dan SMS dari pjmyuk kak,sampi kata² kasar,bahkan FP WA sy di pakai di WA di peneror,trus di ancam untuk mengirimkan paket COD menggunakan foto dan KTP sy kak, .
    itu benar gak ya kak atau hanya ancaman
    klu itu benar² terjadi bisa di laporkan ya kak ke cyber polri dan OJK ya kak,..

    mohon penjelasan nya kak Hendri sy ada bbrpa apk yg pasti galbay : ADAPUNDI,EC,Pnjmyuk,KTAkilat,DanaRupiah , UATAS,apakah aman kak klu Galbay ,DC ke rumah gak ya untuk penagihan.? sekarang sih masih teror² aja SMS,WA
    terima kasih kak
    sy lokasi bekasi selatan,dan mau meyakinkan bahwa apa benar DC TDK akan menagih ke rh ?

    • Jika memang benar mereka kirim paket COD ke rumah kakak, mohon laporkan ke OJK Share ke kami biar kita viralkan.
      Semuanya yang kakak sebutkan masih aman kak.. Yang harus diperhatikan AdaPundi dan EasyCash kak mungkin ada DC-nya untuk wilaya Bekasi.