Gampang Pinjaman Online Buat Mahasiswa [No Jaminan]

Bagikan:

JULO! Ajukan Sekarang!

Pinjaman online buat mahasiswa sekarang ini makin bertambah dicari pengguna. Beberapa hal yang mengakibatkan banyak mahasiswa sedang mencari jalan agar danapat menolong mereka saat sedang dalam kesusahan dana.

Sementara itu tuntutan administrasi dari universitas pun tidak dapat dipending. Ditambahkan lagi keperluan tiba-tiba serta tidak tersangka yang kerap kita temui di kehidupan mahasiswa.

pinjaman onlline buat mahasiswa

Sementara buat calon mahasiswa untuk beragam strata, banyak juga yang memiliki kemauan besar untuk kuliah tetapi kebingungan karena terbentur dengan permodalan. Berikut yang merupakan menjadi suatu pertimbangan di tiap orang saat akan atau sedang dalam waktu kuliah.

Apakah ada pinjol buat mahasiswa yang tanpa agunan, bisa cepat cair, dan masih tetap aman? Perkembangan financial technology di Indonesia sekarang ini banyak menjajakan beberapa pilihan pinjol dengan syarat serta proses pengajuan yang ringan dan praktis.

Jika Anda sedang cari pinjaman online, baca beberapa opsi financial technology legal dalam artikel ini. Ketahui beberapa faktor yang perlu kamu pikirkan saat sebelum ajukan pinjaman online supaya tidak terlilit praktek penipuan.

Dalam artikel ini Anda akan dibawa agar semakin memahami apa serta bagaimana dengan pinjaman online itu. Anda  akan mengetahui bagaimanakah cara atau panduan untuk pilih aplikasi dan tips pinjaman online yang pas sesuai keperluan dan kapabilitasmu. Baca terus artikel ini sampai habis.

Apa yang Dimaksud Pinjaman Online buat Mahasiswa?

Untunglah kita yang sekarang ini hidup dengan perkembangan tehnologi yang hebat. Kesusahan serta masalah keuangan sekarang ini telah ada jalan solusinya, yakni dengan beberapa adanya aplikasi atau website di media online yang membawa Financial Technology (fintech) sebagai jalan keluarnya.

Pinjaman online atau umum disebutkan sebagai PINJOL sebagai salah satunya sisi dari financial technology yang pantas untuk digunakan oleh mahasiswa.

Maka dari itu pinjaman online buat mahasiswa ini merupakan pinjaman sejumlah dana lewat media online dari satu instansi financial technology ke satu orang yang dengan status mahasiswa. Lewat basis yang diatur financial technology, mahasiswa bisa daftarkan diri dan ajukan pinjaman dana. Pasti harus lewat proses klarifikasi data lewat cara online juga saat sebelum pencairan dana yang disampaikan.

Penyebab Kenapa Harus Pinjaman Online bagi Mahasiswa

Senang duka sebagai mahasiswa nyaris semua merasakan hal yang sama. Berikut beberapa yang menimbulkan mahasiswa dengan harus terpaksa cari dana pinjaman, yakni :

  • Beberapa biaya ongkos perkuliahan selalu mengharuskan kita supaya dilaksanakan pembayaran pada awal penerapan pengajaran. Ini memaksakan mahasiswa untuk cari dana talangan jika tidak ada dana yang cukup pada waktu pembayaran yang ditetapkan pihak dari universitas.
  • Terlambatnya kiriman dana perkuliahan mahasiswa dari orangtua. Ditambah lagi jika domisili orangtua ada di luar pulau. Dana perkuliahan ini dapat untuk kepentingan; uang semester, uang praktikum, uang aktivitas pendukung, ongkos hidup sehari-harinya, ongkos kos / kontrak kamar, ongkos pelatihan dan sebagainya.

Kesusahan cari rekan yang dapat memberikan pinjaman. Bisa disebabkan sama perlu, atau juga bisa karena jalinan persahabatan yang kurang dekat.
Keperluan tiba-tiba untuk memberi dukungan perkuliahan, misalkan ; pembelian piranti netbook / PC, pembikinan laporan, terserang bencana dan lain-lain.

Apakah Pinjaman Online buat Mahasiswa Legal?

Kontribusi dana genting buat mahasiswa menjadi satu diantara fokus pemerintahan dengan mencanangkan program Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI) di tahun 1980-an. Mahasiswa bisa pinjam dana KMI lewat beberapa bank yang sudah bekerja bersama.

Untuk proses pengajuannya, mahasiswa harus menyerahkan ijazah sebagai jaminan. Tetapi, praktek KMI kerap disalahpergunakan oleh mahasiswa yang tidak membayar pinjamannya. Hingga program KMI tidak dilanjut.

Tragisnya, masalah keuangan yang menangkap mahasiswa terus jadi persoalan yang tidak terelak. Itu penyebabnya, berkembang beberapa produk pinjaman online untuk mahasiswa lewat industri jasa keuangan berbasiskan tehnologi, atau yang dekat disebutkan fintech.

Pertanyaannya, apakah pinjaman dana dari financial technology peer-to-peer lending (P2P lending) sebagai produk legal seperti KMI? Jawabnya, iya. Asal, P2P lending itu sudah berijin dari Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).

Pahami Pinjaman Online buat Mahasiswa yang Ilegal

Oleh karena itu, peminjam wajib melakukan penelitian P2P lending alternatif terlebih dulu. Kenalilah ada beberapa praktek P2P lending bodong yang menipu pelanggannya.

OJK sebagai instansi yang memantau dan atur aktivitas jasa keuangan di Indonesia aktif menyelidik praktek P2P lending bodong. Maka, pastikanlah Anda pinjam uang online pada P2P lending yang sudah memiliki berijin dan tercatat di OJK buat jaminan keamanan transaksi pinjaman. Kamu dapat memeriksa status P2P lending berijin OJK di sini.

Kampanye untuk berwaspada dengan praktek penipuan P2P lending terus disuarakan OJK mengingat ada banyak warga sebagai korban penipuan. Tidak kecuali mahasiswa yang tertekan harus pinjam uang lewat cara online untuk keperluan perkuliahan dan sehari-hari.

Lewat situs sosial media, OJK mengimbau calon pengguna pinjaman online buat mahasiswa supaya memeriksa orisinalitas surat ijin praktek P2P lending. Ini untuk menahan pemalsuan surat ijin. Nah, berikut tiga cara untuk memeriksanya:

  • Surat Ijin OJK yang asli serta diperlengkapi QR Kode yang bisa dipindai dan tersambung pada website Sipena OJK.
  • Surat Ijin OJK yang tidak dapat dipindai atau info yang diperlihatkan berlainan sama yang berada di QR, karena itu surat ijin itu palsu.
  • Hubungi contact OJK 157 untuk check langsung orisinalitas surat. Atau lewat WhatsApp 081-157-157-157 atau e-mail konsumen@ojk.go.id.

Panduan Saat sebelum Ajukan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Tips sebelum Ajukan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Saat sebelum memilih untuk pinjam dana lewat financial technology, sebaiknya kamu ikuti sedikit beberapa tips berikut supaya tidak menyesal di masa datang.

  • Melakukan penelitian serta bandingkan antara platform penyelenggara pinjaman. Penelitian dapat Anda kerjakan melalui iOS atau Play Store, web atau referensi yang ada. Kasih catatan utama pada masing-masing penyedia pinjol sesuai dengan persyaratan Anda.
  • Pilih yang ada penyediaan sarana Kredit Tanpa Agunan (KTA). Ini penting sekali, karena tersangkut status kita sebagai mahasiswa yang memang (pada umumnya) jarang punyai barang atau harta sebagai jaminan pinjaman.
  • Yakinkan berapakah besar ongkos tambahan saat akan dan sesudah pencairan dana pinjaman. Berapakah ongkos administrasinya, berapakah ongkos provisinya, berapakah ongkos keterlambatan pembayaran cicilan dan pemangkasan yang lain.
  • Bunga yang hendak dikenai pada peminjam, harus kamu kenali. Dan yakinkan bagaimana mekanisme bunga itu akan melekat pada pinjaman Anda. Apakah sama seterusnya di kemudian hari (flat), atau barangkali
  • Jika financial technology tawarkan banyak jenis peruntukan pinjaman, pilih yang betul-betul sesuai keperluan yang Anda cari. Jangan memaksa diri pilih penawaran yang kiranya justru akan merepotkan kamu yang akan datang.
  • Yakinkan kepada platform pinjaman online itu memiliki sebuah akses yang dapat kita hubungi. Misalkan; alamat lengkap dan jelas, nomor telepon yang bisa dikontak dan e-mail yang benar.
  • Samakan pembayaran cicilan kamu dengan kapabilitas yang Anda punyai untuk mengangsurnya. Ini terkait dengan tenor atau periode waktu pengembalian pinjaman. Jangan memaksa diri.
  • Silahkan akes Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui link INI untuk pastikan jika financial technology yang kamu mencari sudah tercatat di OJK, hingga akan dalam pemantauan OJK dalam pengendalian dananya.

Walau Anda sedang dalam kondisi keuangan menekan untuk bayar uang semester atau ongkos sewa ruang tinggal bulanan, sampaikan pinjaman online dengan bijaksana. Jauhi peluang kamu jadi korban penipuan lantaran pinjam uang dari P2P lending ilegal. Supaya kamu tidak salah pinjam uang, berikut sejumlah opsi pinjaman online untuk mahasiswa legal yang sudah berijin OJK


Kredit Pintar

Kredit Pintar memberi kecepatan dan kemudahan pinjaman lewat cara online. Kamu dapat pinjam dana sampai limit Rp8.000.000 tanpa agunan. Kredit Pintar mengeklaim proses pengajuan pinjaman berjalan cepat cuma dalam kurun waktu 5 menit karena itu dana bakal cair. Opsi yang memikat buat mahasiswa yang perlu dana cepat, kan? Ditambah, selainnya tanpa agunan, persyaratan pengajuannya pun tidak memerlukan slip upah. Berikut syarat pengajuannya:

  • Warga negara Indonesia (WNI);
  • Berumur 18-55 tahun;
  • Mempunyai KTP aktif;
  • Mempunyai rekening pribadi;
  • Domisili di Indonesia.

Untuk memudahkan pinjaman, Kredit Pintar memberi macam tenor yang cukup bersahabat. Yakni, angsuran pembayaran sepanjang 30 hari, tiga, enam, dan 12 bulan. Kredit Pintar menjajakan sejumlah keuntungan berbentuk potongan harga angsuran, tiket voucher, serta pulsa dengan ketetapan yang berjalan. Pinjaman online untuk mahasiswa dari Kredit Pintar dapat disodorkan dengan mengambil aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store. Lantas, melakukan register memakai KTP dan rekening bank, isi data diri, serta sampaikan pinjaman.


CICIL

Perlu pinjaman online untuk ongkos kuliah? Tidak perlu cemas. CICIL sebagai P2P lending khusus yang memberi pinjaman pengajaran untuk mahasiswa. Menariknya, pinjaman yang ditawarkan bukan hanya untuk ongkos angsuran uang kuliah, tapi juga untuk angsuran barang yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar serta berorganisasi, dan angsuran pelatihan training.

Mahasiswa bisa pinjam dana sampai 80% dari ongkos kuliah, dengan bayar uang muka 20%, serta bunga 1-1.5% perbulan. Untuk dana pinjaman kuliah semester dapat disodorkan dengan tenor satu sampai 6 bulan. Sementara, pinjaman uang pangkal dapat dicicil sampai tiga tahun. Tenor pinjaman online buat mahasiswa membeli peralatan kuliah seperti netbook ditentukan sampai 24 bulan.

Dengan proses yang cepat periode dua sampai 3 hari kerja dan sudah berijin OJK, pinjaman mahasiswa lewat CICIL sudah dipakai di lebih kurang 268 kampus swasta serta negeri di semua wilayah Indonesia. Untuk pengajuan pinjaman online buat mahasiswa, kamu cukup daftarkan diri di situs CICIL memakai alamat e-mail dan nomor handphone. Sesudah lengkapi profile, kamu dapat ajukan pinjaman mahasiswa. Untuk sistem pembayaran, kamu dapat transfer bank atau melalui gerai Alfamart.


Uang Teman (saat ini sedang ajukan banding terkait pencabutan izin OJK)

Fintech ini sudah tercatat di OJK sejak mulai bulan Mei tahun 2019. Dalam basis ini tidak ada produk khusus untuk mahasiswa atau untuk perkuliahan. Karena keperluan mahasiswa dalam perkuliahan kadang diperlukan secara mendesak dan tiba-tiba, karena itu perusahaan fintech ini pas banget untuk jadi salah satu opsi terbaik. Cuma memerlukan KTP saja sebagai persyaratan administrasinya, dan ini cocok untuk mahasiswa yang belum mempunyai pekerjaan tetap.

Tipe pinjamannya terbagi dalam 3 skema, yakni :

  • Sekali Bayar: dalam jumlah pinjaman optimal 3 Juta Rupiah, tenor pinjaman maksimum 70 hari.
  • Angsuran: dalam jumlah pinjaman di antara 5 Juta Rupiah – 20 Juta Rupiah, tenor pinjaman 3 atau enam bulan, dan bunga 9% yang berjalan secara flat.
  • Angsuran yang Mudah: dalam jumlah pinjaman di antara 3,5 Juta Rupiah – 10 Juta Rupiah, tenor pinjaman tiga atau enam bulan, dan bunga 16,5% – 18% yang berjalan secara flat

Danacita

Pinjaman online untuk mahasiswa ditawarkan Danacita. P2P lending ini tawarkan pinjaman mahasiswa dengan batasan optimal semua ongkos pendidikan untuk tingkat perguruan tinggi dan instansi pelatihan. Sudah pasti, pinjaman akan disamakan dengan kekuatan keuangan mahasiswa. Mekanisme pinjaman mahasiswa yang digotong Danacita ialah faksi Danacita akan membayar lebih dulu ongkos pengajaran peminjam ke perguruan tinggi atau instansi pelatihan yang sudah tercatat sebagai partner.

Kemudian, peminjam akan mencicil dana pinjamannya sama sesuai dengan tenor yang sudah diputuskan, yakni di antara enam sampai 12 bulan untuk mahasiswa aktif, atau dua puluh empat bulan untuk mahasiswa baru. Proses pinjaman online untuk mahasiswa lewat Danacita ini tidak membutuhkan agunan atau uang muka, tetapi ada ongkos administrasi Rp100.000 dan 3% dari keseluruhan pinjaman. Danacita akan mengerjakan pinjaman sepanjang satu sampai 2 hari sesudah pengajuan.

Pengajuan dilaksanakan di website Danacita. Lantas, apa syarat ajukan pinjaman untuk mahasiswa lewat Danacita? Berikut syaratnya:

  • E-KTP mahasiswa dan wali (wali diperlukan jika mahasiswa belum berumur 21 tahun);
  • Photo selfie mahasiswa serta wali;
  • Bukti tagihan dari instansi pendidikan terkait;
  • Bukti pendapatan wali (slip penghasilan atau rekening koran satu bulan terakhir).

KoinPintar

P2P lending KoinWorks tawarkan pinjaman online mahasiswa lewat KoinPintar. Menjalankan visi untuk melahirkan angkatan muda yang siap dalam kompetisi global, KoinPintar memberi program pinjaman untuk mahasiswa D3, S1 dan pendidikan tidak resmi (pelatihan). Pinjaman online untuk mahasiswa ini dapat menggapai sampai Rp200.000 dengan tenor angsuran tiga sampai sepuluh tahun. Suku bunga yang diputuskan KoinPintar dimulai dari 9% /tahun.

Perlu dicatat, pinjaman online untuk mahasiswa dari KoinPintar ini harus diolah lewat lembaga pendidikan yang sudah bekerja bersama dengan KoinPintar. Dana pinjaman yang disepakati akan dikirim ke pihak lembaga. Nach, jika kamu mencari pinjaman online untuk usia 17 tahun, program KoinPintar ini menjadi jalan keluar lho. Karena pengajuan dapat dilaksanakan dengan batasan minimum umur 17 tahun. Berikut syarat yang lain:

  • WNI;
  • Mempunyai KTP aktif;
  • Foto copy KTP orangtua;
  • Mempunyai rekening personal yang aktif;
  • Kartu Keluarga;
  • Mempunyai sumber penghasilan atau porsi bulanan dari orangtua;
  • Perubahan rekening (tiga bulan akhir).

Pinjaman Dana Untuk Mahasiswa Di Bank Formal

Beberapa bank formal khususnya bank punya BUMN juga sediakan pinjaman dana untuk pengajaran. Tetapi servicenya tidak dapat online, maknanya pengajuannya harus dilaksanakan di kantor bank langsung. Untuk persayaratan serta produknya masih tetap susah dijangkau oleh mahasiswa tingkat Diploma dan S1. Beberapa bank itu memang mengaplikasikan konsep kehati-hatian dalam memberi pinjaman, karena itu patut jika beberapa bank itu belum menampung mahasiswa Diploma serta S1.

Sebagian besar bank konvensional itu dapat memberi pinjaman dana pendidikan jika sang peminjam telah bekerja. Untuk permasalahan ini akan menyusahkan untuk mahasiswa yang belum bekerja. Apa lagi beberapa bank membataskan dirinya sendiri dengan memberikan pinjaman cuma ke mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi.


Alternatif Pinjaman Online buat Mahasiswa selain P2P Lending

alternatif selain pinjaman online p2p Lending

Mungkin saat melakukan pengajuan pinjaman melalui P2P lending ternyata Anda ditolak alias tidak memenuhi syarat sehingga bingung dan buntu mencari solusi terbaik.

Namun sebenarnya tidak hanya itu saja jalan satu-satunya. Masih ada beberapa opsi lain.

Salah satunya adalah memanfaatkan limit kredit PayLater. Ada banyak aplikasi penyedia layanan PayLater bahkan aplikasi sekelas marketplace pun sudah memiliki layanan ini.

Salah satu contohnya adalah aplikasi Shopee yang kita kenal dengan aplikasi mall online (marketplace) raksasa di Indonesia.

Mereka mempunyai layanan paylater bernama Shopee PayLater (SPayLater). Anda bisa mencairkan Limit Shopee PayLater langsung ke rekening Bank.

Ada juga aplikasi AkuLaku dan Kredivo. Mereka juga merupakan aplikasi terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan keuangan khususnya PayLater. Silahkan baca panduannya di bawah ini:


Pinjaman Online Untuk Mahasiswa Merupakan Opsi yang Terbaik

Kehidupan mahasiswa dengan semua dinamikanya tidak dapat terlepas dari beberapa biaya untuk selalu berjalannya perkuliahan dan kesehariannya. Keperluan ongkos yang telah terkonsep secara baik kadang pun tidak dapat dituntaskan secara baik karena banyak pemicunya. Apa lagi jika ada keperluan tiba-tiba yang perlu disanggupi untuk mendukung perkuliahan.

Salah satunya jalan keluarnya dengan lakukan pinjaman online lewat financial technology yang telah banyak ada pada media online. Walau banyak keringanan, akan lebih bagus jika memprioritaskan kehati-hatian saat menentukan financial technology yang akurat. Dan janganlah lupa, pertimbangkan dengan matang bagaimanakah cara pengembalian pinjamannya.

Tinggalkan komentar