12 Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa umur 18 Tahun

Share dulu, dong!

Menurut kami, ada beberapa pinjol yang cocok untuk Mahasiswa yang mana telah berusia umur 18 tahun ke atas. Tentunya pinjaman online yang kami sarankan di sini adalah pinjol yang sudah memiliki surat izin OJK atau legal.

Apa itu Pinjol untuk Mahasiswa?

Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa umur 18 Tahun

Pinjaman online untuk mahasiswa merupakan solusi finansial yang memungkinkan kamu mendapatkan akses cepat dan mudah terhadap dana tambahan tanpa harus melalui proses yang rumit dan panjang seperti pada lembaga keuangan tradisional. Fintech pinjaman online menyediakan platform di mana mahasiswa dapat mengajukan pinjaman secara online dengan cepat dan praktis.

Keuntungan Pinjaman Online buat Mahasiswa

Pinjaman online (Pinjol) memiliki manfaat yang signifikan bagi mahasiswa. Salah satu keuntungannya adalah kemudahan dalam meminjam uang secara online. Prosesnya cepat dan mudah, memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dana dengan cepat tanpa harus menghadapi prosedur yang rumit.

Fleksibilitas pinjaman online juga menjadi nilai tambah, karena mahasiswa dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan kamu, baik itu untuk membayar biaya kuliah, membeli buku, atau keperluan lainnya. Dengan adanya pinjaman online, mahasiswa dapat mengatasi masalah keuangan dengan lebih efisien dan praktis.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Layanan Pinjol

Ketika memilih layanan pinjol untuk mahasiswa, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, seperti bunga dan biaya layanan yang ditawarkan oleh perusahaan pinjaman. Selain itu, reputasi perusahaan juga menjadi faktor penting dalam memilih pinjaman uang online.

Danacita: Pinjol Khusus Mahasiswa

pinjaman khusus mahasiswa

Buat kamu yang ingin mencari platform pinjaman online yang bisa untuk biaya kegiatan kuliah. Nih, ada satu aplikasi namanya Danacita.

Danacita adalah aplikasi layanan pinjaman yang mana hanya untuk menfasilitasi biaya untuk kuliah. Layanan ini sudah berlisensi OJK yang diterbitkan oleh PT. Inclusive Finance Group.

Mungkin Danacita sangat cocok buat kamu untuk pembiayaan kuliah karna menawarkan pinjaman dengan cicilan yang sangat terjangkau dan pembayaran cicilannya perbulan.

Ketika kamu mengajukan pinjaman di apk ini, kamu wajib memilih salah satu institusi pendidikan kamu saat melakukan pendaftaran akun. Seperti contohnya gambar di bawah ini!

Rekomendasi 11 Aplikasi Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa

Nah, Berikut ini adalah daftar beberapa aplikasi pinjam uang daring terpercaya yang cocok untuk mahasiswa. Fintech terbaik yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk meminjam uang secara online.

#1. Kredit Pintar

Kredit Pintar juga Pinjaman online untuk mahasiswa
Kredit Pintar juga Pinjaman online untuk mahasiswa

Yang pertama pinjol legal untuk umur 18 tahun ke atas adalah Kredit Pintar. Layanan pinjaman online ini menawarkan pinjaman jangka pendek dan panjang dengan biaya bunga yang kompetitif hingga maksimal 3% perhari. Selain itu, bentuk tenor cicilannya bisa hingga 12 bulan

#2. Kredivo

Kredivo bisa untuk mahasiswa atau orang yang masih kuliah

Yang kedua ada Kredivo. Aplikasi layanan keuangan yang menurut kami sangat populer di Indonesia. Kamu juga bisa menggunakan layanan pinjaman Kredivo dengan mudah dan tanpa harus menggunakan jaminan apapun. Walaupun ini layanan bukan khusus untuk mahasiswa, tapi Kredivo bisa menjadi bagian dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Perlu kamu ketahui bahwa, Kredivo menawarkan pinjaman dengan limit yang beragam sesuai dengan masing-masing skor kredit. Kamu juga bisa pilih jangka cicilan hingga 12 bulan dengan biaya bunga yang sangat kompetitif.

Baca: 12 Pinjol Cair ke Bank Jago & Alternatif

#3. UATAS

UATAS pinjaman online untuk 18 tahun

Yang ketiga ada UATAS, salah satu pinjol legal P2P Lending yang bisa kamu andalkan untuk mengajukan pinjaman sebagai mahasiswa atau umur 18 tahun ke atas.

Layanan pinjaman di aplikasi ini sangat mudah dan cepat. Hanya menyiapkan foto KTP dan beberapa persyaratan pendukung lainnya maka kamu akan dipersiapkan beberapa tawaran limit pinjaman dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Perlu kamu ketahui bahwa UATAS adalah pinjol legal dengan tenor atau waktu jangka pendek. Jadi, sebelum memulai mengajukan pinjaman, alangkah baiknya untuk bijak menghitung biaya bunga dan waktu pengembalian dana tersebut.

#4. EasyCash

EasyCash juga bisa pinjol untuk mahasiswa

Inilah salah satu aplikasi fintech P2P Lending yang paling banyak digunakan oleh banyak orang, EasyCash. Layanan pinjaman online ini juga memberikan kesempatan buat kamu sebagai mahasiswa melakukan pinjaman untuk kebutuhan kampus atau sehari-hari.

Buat kamu yang belum punya rekening bank tradisional seperti BCA, BRI, MANDIRI dan lain sebagainya, jangan kuatir, kamu bisa menggunakan beberapa bank digital untuk sebagai tempat pencairan pinjaman seperti Bank Neo, Bank Jago, dan sebagainya.

#5. Kredinesia

Kredinesia Play Store

Mungkin sebagian kita jarang mendengar nama apk pinjol ini. Ya, Kredinesia merupakan salah satu aplikasi aplikasi pinjol untuk mahasiswa pilihan. Walaupun tidak sepopuler aplikasi pinjol lainnya, tapi ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan dana pinjaman secara legal.

Kredinesia diterbitkan oleh PT Kreditku Teknologi Indonesia dan berdiri pada tahun 2018. Pinjol ini menawarkan jangka waktu pinjaman 1 s/d 6 bulan dan biaya pinjaman sebesar 0,08% s/d 0,11% perharinya.

Menurut kami, layanan di aplikasi ini cukup baik dan cepat. Hanya dengan mengikuti 5 langkah pengajuan, maka kamu bisa menikmati dan mendapatkan limit pinjaman.

#6. CAIRIN

Cairin Play Store

Rekomendasi aplikasi pinjol untuk mahasiswa yang berikutnya adalah CAIRIN, aplikasi ini cukup baik dengan menawarkan layanan pinjaman maksimal sebesar Rp20.000.000 atau dua puluh juta rupiah.

Oh ya, aplikasi ini juga ada fitur undang teman, loh. Cocok banget buat kamu yang ingin mencari cuan tambahan secara online. Tugasnya hanya membagikan link kepada teman-teman atau saudara kamu. Lalu tawarkan pinjaman dari aplikasi Cairin hingga dana dicairkan ke rekening. Jika berhasil, maka kita akan diberikan hadiah uang sebesar Rp30.000.

#7. INDOSAKU

Indosaku merupakan platform pinjaman online yang menawarkan akses mudah dan cepat terhadap dana pinjaman. Dengan teknologi canggih, Indosaku memberikan layanan yang memudahkan proses aplikasi serta pengalaman pengguna yang lebih efisien dalam memperoleh pinjaman secara online.

Indosaku menawarkan pinjaman untuk semua kalangan dengan limit pinjaman antara 400rb hingga Rp8.000.000. Sedangkan untuk tenor pinjamannya dimulai dari 90 hari sampai dengan satu tahun.

Untuk soal tenor, walaupun kamu mendapatkan tenor pinjaman 90 hari, bukan berarti kamu mencicil sebulan sekali. Di Indosaku sendiri ada istilah cicilan. Contoh pinjaman saya di Indosaku mendapatkan tenor 90 hari dengan 3x cicilan. Itu artinya dalam jangka waktu 90 hari ini, kami harus menyicilnya selama 3x.

Nah, perlu kamu ketahui jarak waktu pencairan dana dengan pembayaran cicilan pertama itu hanya berjarak 14 hari saja atau 2 minggu. Lalu dibulan berikutnya yaitu sebulan sekali. Biar lebih paham bisa lihat gambar di bawah ini!

#8. PinjamanGo

PinjamanGo Pinjol yang Cocok untuk Mahasiswa

Pinjaman Online untuk mahasiswa berikutnya adalah PinjamanGo. Merupakan salah satu aplikasi fintech P2P Lending legal yang dikelola oleh PT. Dana Pinjaman Inklusif. Kamu bisa mengajukan pinjaman uang dengan mudah. Cukup dengan menyiapkan KTP dan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, kamu akan diberikan kesempatan mendapatkan limit pinjaman hingga 6 juta dengan tenor paling lama 6 bulan.

Informasi lebih lanjut: 3 Cara Menaikkan Limit PinjamanGo

#9. Kredito

Kredito bisa untuk orang kuliah

Walaupun tak sepopuler EasyCash, Kredito juga layak kamu pertimbangkan sebagai tempat fasilitas pembiayaan perkuliahan kamu. Selain itu, Kredito menawarkan pinjaman dengan limit hingga Rp10.000.000 dan tenor pinjaman hingga 9 bulan.

Baca juga: Kredito Ada DC Lapangan ke Rumah? Fakta Terbaru

Kredito adalah platform pinjaman online legal dengan nomor OJK KEP-47/D.05/2021 yang diterbitkan oleh PT FINTEK DIGITAL INDONESIA. Layanan ini tersedia dan bisa kamu download di Play Store maupun App Store.

10#. SPinjam

SPINJAM pinjol cocok untuk mahasiswa

Terakhir, pinjol yang cocok untuk mahasiswa adalah SPinjam. Ini merupakan layanan pinjaman uang yang sangat populer di Indonesia. SPinjam atau Shopee Pinjam adalah fitur Shopee yang memfasilitasi pinjaman dana dengan pinjaman maksimal lebih dari 12 juta dan tenor 12 bulan.

Menurut kami, Spinjam juga cocok untuk pengguna yang berstatus mahasiswa atau yang masih kuliah dengan umur lebih dari 18 tahun. Tapi perlu diingat selalu bahwa pastikan kamu meminjam dana sesuai dengan kebutuhan kuliah kamu seperti untuk biaya pembelian buku, bayar iuran semester, dan biaya keperluan lainnya.

5 Tips Menggunakan Pinjol Sebagai Mahasiwa dengan Bijak

Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola pinjaman online dengan bijak, terutama bagi mahasiswa yang meminjam uang secara online:

  1. Buatlah perencanaan keuangan yang matang: Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk membuat perencanaan keuangan yang jelas. Tentukan pengeluaran bulanan kamu dan pastikan bahwa kamu memiliki cukup dana untuk membayar cicilan pinjaman.
  2. Pilih pinjaman dengan suku bunga yang terjangkau: Teliti dan bandingkan suku bunga dari berbagai platform pinjaman online. Pilihlah yang menawarkan suku bunga yang terjangkau agar cicilan bulanan tidak memberatkan keuangan kamu.
  3. Hitung kemampuan bayar: Sebelum meminjam, pastikan kamu menghitung kemampuan bayar kamu. Perhatikan pendapatan bulanan kamu dan pastikan bahwa kamu dapat membayar cicilan pinjaman tanpa mengorbankan kebutuhan pokok dan keuangan lainnya.
  4. Atur cicilan yang terjangkau: Jangan tergoda untuk memilih cicilan yang terlalu besar hanya karena ingin melunasi pinjaman lebih cepat. Pilihlah cicilan yang terjangkau agar kamu dapat membayar tepat waktu tanpa menimbulkan beban keuangan yang berlebihan.
  5. Gunakan pinjaman hanya untuk kebutuhan mendesak: Jangan menggunakan pinjaman online untuk kebutuhan yang tidak penting. Gunakan pinjaman hanya untuk keperluan mendesak dan penting, seperti biaya pendidikan atau kebutuhan kesehatan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mengelola pinjaman online dengan bijak dan menjaga keuangan kamu tetap sehat.

Nah, itulah beberapa pinjol yang cocok untuk Mahasiswa yang bisa kami rekomendasikan. Dari 12 pinjol ini, mungkin hanya satu pinjol legal khusus untuk kamu yang masih kuliah, yakni Danacita. Kamu bisa download dan pelajari biaya bunga, biaya lainnya, dan pembayaran cicilannya sebelum melakukan pencairan pinjaman.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *