Plugin yang Cocok untuk Blog di WordPress 2022

Bagikan:

Semua yang kita butuhkan di WordPress pasti ada. Karena CMS ini bersifat open source yang artinya bebas ‘tanpa ampun’ dimodifikasi kapan saja dan dimana saja. Tetapi walaupun banyak plugin yang sejenis, bukan berarti semuanya diinstal. Berikut rekomendasi Plugin yang Cocok untuk Blog.

WordPress yang kita maksud di sini adalah versi WordPress.org, ya.. Bukan yang versi .com. Karena kedua jenis ini berbeda walaupun satu perusahaan.

Bagi seorang WordPress pemula saya yakin pasti Anda bingung apa yang harus di instal pada blog WP Anda.

Plugin yang Cocok untuk Blog di WordPress

Ada beberapa jenis plugin yang cocok untuk situs blog. Dan ini terus saya gunakan di berbagai situs milik saya. Dan efektif membantu meningkatkan baik dari segi Performa, SEO, Kecepatan, serta Keamanan.

Berikut Plugin yang cocok untuk Blog Anda adalah:

1. SEO Plugin

Setelah saya instal template untuk blog, yang pertama saya instal adalah plugin SEO.

SEO adalah suatu cara kita agar artikel atau blog bisa nongkrong di halaman satu mesin pencari. Dengan mengoptimalkan blog kita dengan bumbu SEO, maka artikel kita lebih mudah ditemukan oleh para visitor. Jika Anda baru pertama kali mendengar kata SEO, silahkan baca artikel Memahami Dasar SEO untuk Pemula (Apa, Kenapa, Cara Kerja SEO).

Ada beberapa plugin untuk SEO yang bertebaran di direktori Plugin.

  • Yoast SEO
  • Rank Math
  • All in One SEO
  • SEOPress
  • Slim SEO, dan
  • masih banyak lagi.

Hampir Semua sudah saya coba. Hanya SEOpress, dan Slim SEO yang belum sama sekali.

Yang paling populer dan mendapat rating positif adalah Yoast dan Rank Math. Keduanya bagus untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization.

Saya tidak bisa bilang mana yang lebih bangus. Karena semua plugin SEO bagus-bagus. Namun jika teman-teman bertanya situs Bonar.ID pakai plugin yang mana? maka saya jawab Rank Math versi Pro. (sekalian promosi jasa instal Rank Math 😀 )

Saya lebih suka pakai Rank Math Free atau Pro karena fiturnya banyak. Fitur yang ada di versi Gratis itu ada di Yoast SEO versi Premium.

Harga Yoast Premium terlalu mahal, tak cukup uang dikantong saya untuk membeli versi Premium-nya.

Untuk performa, keduanya sangat bagus. Tapi jangan instal SEO plugin lebih dari satu ya..

2. Cache Plugin

Setelah saya instal plugin untuk SEO, Saya langsung saja instal plugin Cache. Ini adalah sebuah plugin untuk mempercepat loading website.

Sama seperti SEO Plugin, banyak plugin Cache yang bisa kita temukan di direktori plugin.

  • LiteSpeed Cache
  • WP Rocket
  • W3 Total Cache
  • WP-Optimize
  • WP Fastest Cache
  • WP Super Cache
  • Dan lain-lain

Yang saya sebutkan adalah plugin yang paling banyak digunakan oleh teman-teman kita yang lain. Jika server hosting ada sudah litespeed, maka saya sarankan menggunakan LiteSpeed Cache atau menggunakan WP Rocket. Namun jika server Anda masih menggunakan Nginx, maka sebaiknya gunakan W3 Total Cache.

Untuk saat ini Bonar.ID menggunakan WP Rocket sebagai plugin cache andalan saya. Karena menurut saya dan beberapa review yang lain WP Rocket jauh lebih bagus dari pada yang lain.

WP Rocket tidak ada versi gratis. Jadi kalau teman-teman ingin merasakan kecepatan loading yang jos, bisa jasa instal sama saya 😀

3. Site Kit by Google

Salah satu plugin keluaran dari Google. Site Kit by Google. Ini adalah plugin gratis yang memudahkan penggunanya untuk menghubungkan beberapa layanan Google seperti Google Console, Analytics, PageSpeed Insights dan Adsense.

Jadi dalam satu plugin ini akan menghubungkan beberapa layanan hanya dalam hitungan menit tanpa harus kita buka halaman layanan satu persatu. Site Kit by Google ini cocok untuk semua jenis website. So, segeralah pasang plugin ini.

Cara settingnya sangat gampang sekali. Tinggal hubungkan akun Google Anda dan beres, dech…

4. WPS Hide Login

Blog kita harus diamankan segera! Karena peretas sedang mengintai kita!.

WPS Hide Login ini dapat membantu kita untuk mengubah url login WordPress menjadi custom.

Url login WordPress yang umumnya, kan seperti ini https://domainloe.com/login.

Maka dengan plugin ini bisa kita ubah sesuai keinginan kita, seperti https://domainloe.com/pintuneraka atau https://domainloe.com/pinturumah.

Apa tujuannya? Supaya blog kita lebih aman dari serangan hacker dan ini merupakan strategi keamanan yang efektif.

5. Sosial Media Button Plugins

Plugin yang cocok untuk blog di WordPress Anda selanjutnya adalah plugin share sosial media. Baik itu Tombol share di tiap artikel maupun profil sosial media blog Anda.

Beberapa plugin sosial media populer seperti:

  • AddToAny Share Buttons
  • Social Share Icons & Social Share Buttons (by social share pro)
  • WordPress Button Plugin MaxButtons

Anda juga bisa membuat tombol share tanpa plugin di beberapa tema yang mendukung seperti GeneratePress versi Premium. Bonar.ID untuk saat ini tidak menggunakan plugin untuk tombol media sosial.

6. NewsLetter (berlangganan)

Ada dua jenis NewsLetter (menurut saya). Berlangganan melalui kotak masuk email dan melalui notifikasi browser. Plugin untuk blog WordPress ini menurut saya penting agar Anda dan visitor terus berinteraksi serta mendapatkan update artikel terbaru dari blog Anda sendiri.

plugin untuk blog wordpress

Untuk NewsLetter melalui email, Anda bisa menggunakan plugin:

  • Newsletter by tefano Lissa & The Newsletter Team,
  • MC4WP
  • MailPoet Newsletters (Previous)

Untuk notifikasi melalui browser,saya pakai salah satu plugin:

  • OneSignal (populer)
  • WebPushr
plugin untuk blog wordpress
contoh berlangganan artikel melalui notifikasi di browser

Ketika mereka sudah subscribe, pelanggan Anda akan mendapatkan informasi update artikel terbaru melalui notifikasi browser. Seperti teman-teman lihat di bagian sudut kanan bawah ada ikon lonceng. Itu adalah plugin WebPushr yang saya gunakan saat ini.

7. Plugin Backup

Salah satu hal yang sering diremehkan adalah backup data. Blog kita perlu ada backup’an atau salinan untuk berjaga-jaga bila mana suatu hari situs dihack. Bisa fatal jika tidak punya backup’an disaat situs diblokir pihak hosting karena terdeteksi virus.

Salah satu plugin backup gratis untuk WordPress adalah UpdraftPlus. Cara penggunaannya sangat mudah tinggal klik backup now dan tentukan tempat untuk menyimpan file backupannya.

Yang serunya, plugin ini bisa kita simpan di akun Google Drive.

Plugin Backup

8. Plugin untuk Adsense

Selanjutnya list Plugin yang cocok untuk blog di WordPress adalah plugin Adsense. Banyak teman-teman blogger yang sudah berpengalaman sudah tidak pakai plugin untuk pasang slot iklan di WordPress. Namun, jika teman-teman mau pakai plugin, saya rekomendasikan dua plugin untuk iklan di Blog Anda.

  • Ad Inserter
  • Ads by WPQUADS

9. Plugin Security

Salah satu kekurangan WordPress adalah soal kemanan. Dan untuk mengantisipasi dari serangan peretas, dibutuhkan sebuah plugin security. Saat ini plugin yang bisa dikatakan ampuh menjaga situs dari serangan yang tidak kita inginkan adalah Wordfence.

Plugin Security
Plugin Security

Wordfence tersedia dua versi, yakni gratis dan berbayar. Anda bisa gunakan plugin versi gratis ini untuk agar website Anda tetap aman walaupun fiturnya dibatasi.

Kalau saya sendiri menggunakan plugin BackupGuard versi Pro. Harga jauh lebih murah dibanding dengan Wordfence. Jika Anda berminat menggunakan BackupGuard Pro, bisa kontak saya langsung untuk jasa instal plugin ini.

10. GN Publisher Plugin

Terakhir plugin untu blog WordPress adalah GN Publisher, ini adalah plugin yang membantu untuk mendaftarkan blog ke Google News. Cara kerja plugin ini adalah mengubah RSS Feed blog sesuai dengan Persyaratan Teknis Umpan RSS Google Berita.

Jika teman-teman sedang menjalankan blog berita atau blog majalah, Anda wajib pakai plugin ini.

Itulah 10 Plugin yang Cocok untuk Blog di WordPress Anda. Daftar plugin ini juga saya gunakan di hampir semua blog saya sesuai dengan kebutuhan.

Bijaklah dalam menggunakan plugin dan theme. Jangan asal instal plugin dari sumber yang tidak terpercaya. Contohnya instal plugin bajakan yang Anda dapatkan di Google. Itu sangat berbahaya bagi keselamatan website Anda.

Tinggalkan komentar