7 Resiko Plugin Bajakan yang Harus Anda Ketahui | WordPress

Bagikan:

Pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan resiko plugin bajakan atau theme bajakan WordPress yang harus Anda ketahui.

Kalau kita lihat di pencarian Google, banyak kita temukan website-website yang menyediakan theme dan plugin bajakan. Tentu hal ini akan menjadi mudah para pengguna WordPress untuk mencicipi theme dan plugin premium tanpa harus membeli lisensi dari para developer.

Apa yang Dimaksud Tema & Plugin Bajakan (Nulled) WordPress?

Plugin Bajakan atau nulled plugin merupakan copian dari plugin premium berbayar yang telah diubah dari yang aslinya. Walaupun diubah, namun fungsionalitas premium tetap sama dengan yang aslinya.

Dengan plugin bajakan, pengguna WordPress tidak perlu membayar untuk mendapatkan lisensi.

Maksud dari telah diubah dari aslinya adalah pelaku akan mengisipkan kode malware ke dalam plugin bajakan tersebut yang akhirnya akan menjadi sebuah ancaman bagi yang menggunakan plugin atau theme WordPress bajakan.

Theme dan plugin bajakan itu biasanya tidak akan mengubah nama merek dan logo sama seperti yang aslinya. Membuat kesan seolah-olah pengguna plugin bajakan ini memiliki lisensi.

8 Resiko Menggunakan Plugin Bajakan / Nulled pada Situs WordPress Anda

resiko theme bajakan

Berikut ini merupakan 8 Resiko menggunakan plugin bajakan. Dan inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengindari penggunaan plugin atau theme bajakan.

1. Privacy Terancam

Theme dan Plugin WordPress bajakan pada umumnya memiliki berbagai kode yang sangat membahayakan bagi situs Anda. Terdapat kode yang bisa mencuri informasi dari situs WordPress.

resiko theme bajakan

Informasi seprti Email dan kata sandi Anda, Nama Pengguna dan lain-lain. Apalagi situs Anda adalah situs toko online yang memiliki data keanggotaan. Semua data anggota Anda juga akan terancam dan dapat membahayakan bagi Anggota Anda.

Sulit kita mendetaksi apakah website kita sudah terinfeksi virus atau tidak. Karena model seprti ini biasanya situs kita berjalan dengan normal seolah-oleh tidak ada virus malware. Karena mereka hanya meretas informasi privasi pengguna.

2. Kemanaan

Tema atau plugin WordPress bajakan sangat berbahaya bagi kemanana situs website kita. Kode malware dapat menyebar ke berbagai file-file penting di situs kita untuk menyamar sehingga hal seperti ini sulit untuk dideteksi dan diperbaiki.

Anda juga dapat kehilangan data situs Anda, dan lebih fatalnya lagi, Anda mungkin tidak akan mendapatkan kembali situs Anda.

3. SEO

seo terancam jika menggunakan plugin bajakan wordpress
resiko plugin bajakan untuk SEO

Resiko plugin bajakan lainnya juga bepengaruh pada SEO website Anda. Mereka akan menambahkan tautan spam ke dalam konten situs Anda. Tautan ini biasanya diarahkan ke situs yang buruk.

Ketika hal ini terjadi dan Google mencium adanya link spam di Situs Website, maka Google akan memberikan hukuman dengan cara menjatuhkan peringkat pencarian atau menghapus indeks situs web Anda.

4. Tidak Dapat Update Plugin Terbaru dari Developer

resiko plugin bajakan

Pada umumnya, tema atau plugin WordPress premium secara rutin akan terus merilis pembaharuan atau udpate terbaru untuk memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, dan menambah kemanan. Namun untuk theme atau plugini bajakan tidak akan mendapatkan update secara langsung dari pihak developer.

Resiko jika kita tidak udpate plugin adalah situs kita akan terlihat ketinggalan fitur terbaru dan terlihat ‘kusam’. Bahkan kemanan situs web Anda pun ikut terancam.

Lalu, WordPress sendiri secara berkala akan terus update ke dalam versi terbaru sehingga pemilik plugin premium harus melakukan update agar kompatibel dengan WordPress terbaru.

5. Akses Ke Fitur Baru

Sudah kita singgung sebelumnya, Resiko plugin bajakan tidak akan menerima pembaharuan langsung dari pihak developer. Dan tentunya hal ini kita tidak bisa juga mendapatkan fitur-fitur terbaru.

Fitur baru dapat meningkatkan situs web Anda secara signifikan. Dan membantu Anda lebih banyak menghasilkan uang.

6. Support & Documentation

Jika Anda pengguna plugin bajakan, maka resikonya adalah Anda tidak dapat dokumentasi atau support langsung dari pihak developer.

Jadi ketika Anda mengalami masalah terhadap plugin tersebut, artinya Anda tidak bisa minta tolong kepada pengembang untuk membantu permasalahan yang Anda hadapi.

7. Hukum

Anda harus berhadapan dengan jalur hukum apabila pihak developer ingin kasusnya ke jalur hukum.

Walaupun plugin WordPress lisensi open source, tetapi ada beberapa diantaranya menjual lisensi campuran. Artinya beberapa plugin dilindungi oleh undang-undang hak cipta.

Fakta

Laporan dari Tim Intelijen Ancaman Wordfence atau Wordfence Threat Intelligence Team. Tahun 2020 mereka mengindentifikasi adanya malware yang disisipkan melalui plugin dan tema nulled atau bajakan. Plugin bajakan merupakan salah satu ancaman terbesar dalam ekosistem WordPress.

Mereka nememukan 23.000 website yang menjalankan theme dan plugin nulled dari Wordfence. Sumber: Wordfence

FAQ

Apakah Semua Plugin Bajakan Mengandung Malware?

Tidak. Namun pada umumnya cara penyebaran virus Malware adalah dengan menyisipkan kode ke dalam plugin bajakan. Dan hal ini sangat umum di plugin atau tema nulled.

Apa Perbedaan Penggunaan Plugin Bajakan dan Asli?

1. Tidak dapat update langsung dari dashboard.
2. Tidak memerlukan kode lisensi langsung dari pihak pengembang yang mengakibatkan munculnya notifikasi di Dashboard secara terus menerus. Dan ini akan mengganggu kenyamanan pengguna.
3. Tidak dapat support langsung dari pengembang

Apakah Harus Menggunakan Plugin Premium?

Tergantung kebutuhan. Jika Anda membutuhkan sebuah plugin yang benar-benar penting, maka Anda harus membeli lisensinya. Namun sebelumnya Anda bisa cari di direktori WordPress.org apakah ada plugin lain namun fitur yang Anda cari itu gratis? Kalau Ada yang gratis kenapa harus yang membayar?

Kesimpulan

Menggunakan tema atau plugin bajakan merupakan hal yang paling membahayakan bagi situs web WordPress terutama pada keamanan dan privasi pemilik situs.

Dan masih banyak pengguna WordPress tidak menyadari bahaya yang akan mereka dapatkan jika menggunakan pugin bajakan.

Saran saya, belilah plugin premium langsung dari developer atau pengembangnya, karena lebih aman dan terpercaya walaupun kita harus mengeluarkan sejumlah uang yang sangat mahal.

Jika Anda ingin membeli lisensi terpercaya, Anda bisa menggunakan jasa instal plugin atau theme WordPress dari kami. Anda bisa kunjungi wp.androkit.com. Ini adalah situs jasa instal plugin terpercaya, original alias bukan bajakan. Kami membelinya langsung dari developer.

Tinggalkan komentar