8 Resiko Tidak Bembayar Rupiah Cepat

Share dulu, dong!

Saya sudah tidak sanggup lagi bayar cicilan. Apa saja resiko tidak membayar Rupiah Cepat? Banyak sekali pertanyaan ini saya temukan di berbagai platform media sosial. Mulai dari karena masalah ekonomi keluarga, bahkan ada yang sudah capek gali lobang tutup lobang.

Di sesi ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai resiko yang akan kita hadapi apabila kita mengabaikan tagihan Rupiah Cepat. Mulai dari resiko yang terkecil hingga yang terbesar.

Resiko Tidak Bembayar Rupiah Cepat

Resiko Tidak Bembayar Rupiah Cepat

1. Bunga Denda / Keterlambatan

Langkah Daftar Pengajuan Rupiah Cepat Pinjol
Resiko kalau tagihan Rupiah Cepat tidak dibayar

Resiko yang paling berat ketika kita tidak mampu untuk membayar tagihan Rupiah Cepat secara tepat waktu adalah adaya biaya tambahan atau biaya keterlambatan. Perlu kamu ketahui bahwa Rupiah Cepat memberikan beban biaya denda sebesar tidak kurang dari 0,3% perhari (menurut peraturan OJK) dari jumlah tagihan.

2. Pengaruh Terhadap SLIK OJK

Ada yang bilang kalau gagal bayar Rupiah Cepat tidak akan pernah masuk SLIK OJK. Tapi kami hanya ingin mengatakan bahwa semua pinjol legal mau itu galbay atau lancar akan tercatat di OJK. Kalau kamu telat bayar akan berpengaruh terhadap skor elektabilitas SLIK OJK.

Apa konsekuensinya jika skor elektabilitas SLIK OJK kita turun? Pasti ini akan berpengaruh pada kualitas kredit kamu di masa yang akan datang. Itu artinya kamu mungkin akan mengalami kesulitan menggunakan fasilitas-fasilitas kredit di platform-platform lain.

Baca juga: 6 Bulan Gagal Bayar di Rupiah Cepat (Pengalaman GalBay)

3. Penghentian Penggunaan Layanan

Resiko telat bayar Rupiah Cepat yang berikutnya adalah menghentikan semua fasilitas atau fitur yang ada seperti limit pinjaman. Penghentian fitur dan layanan seperti kupon diskon ini dapat mengakibatkan akses terhadap pinjaman tambahan menjadi terbatas atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali.

4. Aktivitas Menjadi Terganggu

Biasanya 3 hari sebelum jatuh tempo, pihak pinjol RuCep mencoba menghubungi kamu untuk mengingatkan atas kewajiban kamu. Kata orang kalau pinjol ini DC online-nya cerewet banget. Mereka terus telepon atau chat kamu untuk mendapatkan keterangan soal tagihan yang akan kamu bayar.

5. Tidak Bisa Hapus Akun

Kalau kamu ingin menghapus data pribadi atau akun yang ada di Rupiah Cepat sementara masih ada tagihan, maka hal ini tidak dapat kamu lakukan walaupun Rupiah Cepat sendiri punya fitur penghapusan akun.

6. Kontak Darurat Akan Dihubungi Penagih Rupiah Cepat

Resiko tidak bayar tagihan Rupiah Cepat yang berikutnya adalah kontak darurat. Biasanya, kalau kamu sulit dihubungi atau tidak menjawab chat dari penagih Rupiah Cepat, maka mereka terpaksa menghubungi kontak darurat yang kamu berikan saat pengajuan pinjaman. Tapi kamu harus tahu kalau kontak darurat itu bukan untuk menagih, tapi hanya untuk menanyakan keberadaan kamu sebagi peminjam.

7. Kemungkinan Bisa Menimbulkan Stres

Biasanya ini terjadi pada kamu yang baru awam soal pinjaman online atau orang yang baru pertama kali pinjam uang tapi belum bisa balikkin uangnya. Salah satu yang mungkin akan terjadi jika kamu tidak bayar cicilan Rupiah Cepat adalah gangguan mental atau stres karna terlalu banyak memikirkan hutang yang semakin hari semakin membangkak jumlahnya.

8. Tidak Bisa Tidur dengan Tenang

Resiko tidak bisa bayar tagihan Rupiah Cepat yang berikutnya adalah soal kesehatan dalam hal ini adalah sulit untuk tidur (istirahat) dengan tenang. Karena terlalu banyak yang dipikirkan ditambah dengan tagihan pinjaman serta penagihnya yang cerewet, otak kita terus bekerja untuk berfikir sehingga kamu sulit untuk tidur dengan baik.

FAQs

Telat bayar Rupiah Cepat apakah masuk SLIK OJK?

Seharusnya semua transaksi kamu yang ada di Rupiah Cepat akan dicatat dan dilaporkan ke OJK.

Apakah Rupiah Cepat ada DC Lapangan?

Hingga saat ini, pinjol Rupiah Cepat belum ada DC Lapangan yang menagih atau mengunjungi ke rumah nasabah yang macet.

Apakah Rupiah Cepat sebar data pribadi?

Tentu hal ini dilarang dan tidak diperbolehkan sesuai dengan aturan yang ditetepakan oleh OJK.

Penagih Rupiah Cepat berkata kasar, apa yang harus saya lakukan?

Screenshot chatnya sebagai bukti, lalu kamu laporkan ke pihak OJK via WhatsApp 081-157-157-157

Penutup (Resiko Tidak Bembayar Rupiah Cepat)

Itulah 8 resiko yang akan kita hadapi ketika kita tidak sanggup bayar tagihan Rupiah Cepat. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk tanyakan langsung kepada kami lewat kolom komentar di bawah ini!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *