Review Hp Realme GT Neo 3: Kekuatan Cas 150W

Bagikan:

Review Hp Realme GT Neo 3 – Realme memang dikenal sering meluncurkan banyak ponsel, dan sifat keunikan ini tidak berubah pada tahun 2022. Pabrikan Cina mempertahankan kecepatan yang hingar bingar di negara-negara seperti India, di mana sekarang berada di merek ponsel terbesar ketiga dengan pasar 16%. Strategi peluncuran realme telah memungkinkannya untuk tumbuh lebih cepat dari pada Xiaomi dan Samsung, dan apabila hal ini terus berlanjut, mereka (Realme) memiliki peluang besar untuk menyalip Samsung di tahun ini.

Sementara merek telah memusatkan perhatiannya pada kategori anggaran untuk sebagian besar perjalanan empat tahunnya, kini beralih ke segmen menengah dan premium untuk mendorong pertumbuhan. GT 2 Pro adalah penawaran fantastis yang bertahan melawan ponsel Android terbaik, tetapi GT Neo 3 yang akan mendapat perhatian lebih di pasar seperti India. Neo 3 tidak mengubah formula terlalu banyak untuk Realme, tetapi dengan hardirnya teknologi 150W-nya menjadi perhatian khusus dan layak untuk diperbincangkan.

Realme GT NEO 3: Harga dan Ketersediaan

Realme GT NEO 3: Harga dan Ketersediaan
Harish Jonnalagadda / Android Central

Realme meluncurkan GT Neo 3 di China pada akhir Maret, dan perangkat tersebut melakukan debut globalnya pada 29 April, dimulai di India. Ponsel ini dijual dalam dua varian: model standar memiliki pengisian cepat 80W, dan ada model 150W yang harganya sedikit lebih mahal.

Model 80W tersedia dalam dua pilihan penyimpanan: varian 8GB/128GB dan versi 8GB/256GB dijual seharga 6-7 jutaan. GT Neo 3 dengan pengisian cepat UltraDart 150W dijual dalam konfigurasi 12GB/256GB tunggal seharga 7-8jutaan.

Selain teknologi pengisian cepat, tidak ada perbedaan antara versi 80W dan 150W, dan keduanya dijual dalam tiga pilihan warna yang sama, termasuk Nitro Blue, Black, dan Sprint White.

Realme GT NEO 3: Layar dan Desain

Harish Jonnalagadda / Android Central

Tak heran bila Realme meluncurkan ponsel dengan desain yang gagah, dan GT Neo 3 mengikuti dengan nada yang sama. Varian warna Nitro Blue khususnya mencolok berkat racing livery di bagian belakang, dan housing kamera yang tebal terlihat sangat bagus.

Baca: Xiaomi atau Realme? Mana yang Lebih Baik?

Apabila Anda tidak suka desain yang mencolok, ada opsi hitam yang jauh lebih kalem. Kalau dilihat dari segi desainnya terlihat bagus, Realme menggunakan bingkai tengah polikarbonat dan kaca belakang untuk Realme GT Neo 3.

Bagian belakang terasa nyaman di tangan, tetapi mengingat kategori yang ditargetkan ponsel ini, Realme seharusnya menawarkan bingkai tengah logam di sini. Namun demikian, desainnya berkontur di sekitar tepi dan pas di tangan Anda dan tidak berat dalam penggunaan sehari-hari.

Datang ke layar, GT Neo memiliki panel AMOLED 120Hz 6,7 inci yang setara dengan perangkat lain dalam kategori ini. Anda mendapatkan warna-warna cerah dan kontras yang sangat baik. Ada beberapa penyesuaian di Realme UI 3.0 untuk layar, termasuk kemampuan untuk menyesuaikan keseimbangan warna, mengatur mode selalu aktif, dan menyesuaikan penskalaan font.

Realme GT Neo 3 juga memiliki yang suara stereo dan membuat banyak perbedaan saat bermain game atau streaming video sehingga menghasilkan suara yang cukup keras. Meskipun Anda tidak mendapatkan saluran yang sama, namun hal ini merupakan pertunjukan yang bagus.

Kinerja GT NEO 3

Kinerja GT NEO 3
Image credit: Harish Jonnalagadda / Android Central

Realme GT Neo 3 ditenagai oleh platform Dimensity 8100 terbaru dari MediaTek, desain 5nm yang menampilkan empat inti Cortex A78 yang mencapai 2.85GHz dan empat inti Cortex A55 yang mencapai 2.0GHz. Ada juga Mali-G610 dengan enam inti shader, dan secara keseluruhan, perangkat kerasnya mengalahkan Snapdragon 870 di sebagian besar skenario.

Dalam penggunaan sehari-hari, tidak ada masalah dengan Realme GT Neo 3. Ponsel ini menangani permainan intensif dan tugas-tugas biasa dengan mudah, dan saya tidak melihat perangkat terlalu panas bahkan saat bermain game. MediaTek melakukan semua hal yang benar dengan desain tingkat menengah akhir-akhir ini, dan Dimensity 8100 adalah chipset andal lainnya yang memberikan kinerja luar biasa tanpa menghabiskan terlalu banyak daya.

Ponsel ini juga memiliki konektivitas 5G, dan Anda mendapatkan deretan band: 1/3/5/8/28/40/41/77/78. Tentu saja, pita akan berubah berdasarkan wilayah.

Secara keseluruhan, Realme GT Neo 3 bersinar di bagian depan perangkat keras. Dimensity 8100 sangat bertenaga dalam kategori ini, dan memiliki banyak ruang untuk masa depan.

Kamera GT NEO 3

Realme GT Neo 3 hadir dengan sensor Sony IMX766 50MP yang sama yang menjadi andalan di banyak ponsel kelas atas pada tahun 2022, termasuk GT 2 Pro, Find X5 Pro, dan lainnya. Ini bergabung dengan lensa sudut lebar 8MP, penembak makro 2MP, dan kamera 16MP di bagian depan perangkat.

Realme belum membuat perubahan apa pun pada interface kameranya, jadi Anda akan terbiasa dengan tampilan kameranya. GT Neo 3 merekam video pada 4K 60 FPS, tetapi hanya untuk modul 50MP — kamera lainnya terbatas pada video 1080p.

hasil Kamera GT NEO 3
Harish Jonnalagadda / Android Central

Foto memiliki rentang dinamis yang bagus, warna yang akurat, dan penuh detail. Itu meluas ke situasi cahaya rendah juga, dengan Neo 3 mampu memberikan foto yang hidup dalam skenario yang menantang.

Meskipun kamera 50MP mengambil foto yang luar biasa, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk lensa sudut lebar. Lensa 8MP tidak cocok untuk kategori ini, dan secara keseluruhan tampilannya buruk. Foto yang diambil di siang hari cukup baik, tetapi Anda kehilangan banyak detail, dan jelas bahwa perangkat lunak secara agresif menghaluskan gambar.

Review Realme GT NEO 3: Apakah Layak?

Saya rekomendasikan membeli hp merek ini jika:

  • Menginginkan ponsel yang mengisi daya dalam waktu kurang dari 20 menit
  • Mencari ponsel dengan desain yang mencolok
  • Anda memerlukan memori internal kelas atas yang dibuat untuk bermain game
  • Mencari layar AMOLED 120Hz

Saya tidak rekomendasikan membeli hp ini jika:

  • Sedang mencari pengisian nirkabel atau tahan air
  • Memerlukan perangkat yang tidak memiliki bloatware
  • Ingin pembaruan perangkat lunak jangka panjang

Dengan GT Neo 3, sepertinya Realme membuat beberapa kompromi untuk memasukkan teknologi pengisian daya 150W. Situasi perangkat lunak sangat buruk untuk telepon dalam kategori ini, dan meskipun Anda dapat menyingkirkan sebagian besar bloatware yang sudah diinstal sebelumnya, fakta bahwa itu hanya akan mendapatkan dua pembaruan OS Android menjadikannya non-starter bagi saya.

Tidak ada tahan air juga, dan Anda kehilangan pengisian nirkabel. Dan meskipun desainnya mencolok, ia kehilangan bingkai tengah yang tahan lama. Yang mengatakan, ponsel ini bertahan dengan sangat baik untuk bermain game berkat perangkat keras kelas atas, dan panel AMOLED 120Hz sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari.

Tentu saja, pengisian cepat 150W adalah pembeda besar, tetapi kebaruan fitur khusus itu akan hilang setelah beberapa hari. Jika Anda tertarik dengan Realme GT Neo 3, rekomendasi saya adalah untuk mendapatkan model 80W — Anda akan menghemat uang dalam melakukannya, dan tidak ada jurang pemisah yang besar antara waktu pengisian daya antara 80W dan 150W. Dan semua hal dipertimbangkan, model 80W menawarkan nilai yang lebih baik.

Tinggalkan komentar