Review Pinjaman INDOSAKU: Cek Limit dan Bunga

Share dulu, dong!

Artikel Review Pinjaman Indosaku ini akan mengulas lebih detail tentang limit pinjaman, tenor dan bunga harian. Selain itu, kami juga membahas cara mengajukan pinjaman di pinjol ini dan apa saja keunggulan dan kekurangan Indosaku.

Indosaku bukanlah nama yang baru di dalam dunai fintech p2p lending. Walaupun tidak sepopuler Adakami dan EasyCash, namun layak untuk dipertimbangkan.

Salah satu keunggulan yang perlu kamu tahu adalah metode pencairan dana pinjaman bisa dilakukan dengan menggunakan rekening Neo Bank. Selain itu keunggulan lainnya adalah proses pengajuannya mudah dan bisa untuk mahasiswa atau umur 18 tahun.

Dengan membaca artikel Review Indosaku ini, kami berharap agar kamu dapat memahami dan mengenal layanan Indosaku lebih dekat dan dapat membandingkan mana yang terbaik untuk kebutuhan finansial kamu.

Review Pinjaman Indosaku

Profil Indosaku

Pinjol Indosaku adalah aplikasi layanan pinjol yang sifatnya legal atau terdaftar di OJK dengan nomor KEP-86/D.05/2021, terdaftar di KOMINFO dan sertifikasi ISO 27001. PT Sens Teknologi Indonesia adalah nama perusahaan yang mengelola aplikasi Indosaku sejak tahun 2019.

Indosaku merupakan platform pinjaman online yang menawarkan akses mudah dan cepat terhadap dana pinjaman. Dengan teknologi canggih, Indosaku memberikan layanan yang memudahkan proses aplikasi serta pengalaman pengguna yang lebih efisien dalam memperoleh pinjaman secara online.

Layanan Produk Pinjaman

Dalam review Indosaku ini, kami mengulas berdasarkan pengalaman pribadi. Hal ini berkaitan dengan limit dan biaya bunga mungkin setiap orang berbeda-beda. Walaupun demikian, dengan hadirnya penjelasan ini setidaknya mendapatkan gambaran tentang pinjaman di Indosaku ini.

Limit dan Tenor Pinjaman

Indosaku menawarkan pinjaman untuk semua kalangan dengan limit pinjaman antara 400rb hingga Rp8.000.000. Sedangkan untuk tenor pinjamannya dimulai dari 90 hari sampai dengan satu tahun.

Untuk soal tenor, walaupun kamu mendapatkan tenor pinjaman 90 hari, bukan berarti kamu mencicil sebulan sekali. Di Indosaku sendiri ada istilah cicilan. Contoh pinjaman saya di Indosaku mendapatkan tenor 90 hari dengan 3x cicilan. Itu artinya dalam jangka waktu 90 hari ini, kami harus menyicilnya selama 3x.

Nah, perlu kamu ketahui jarak waktu pencairan dana dengan pembayaran cicilan pertama itu hanya berjarak 14 hari saja atau 2 minggu. Lalu dibulan berikutnya yaitu sebulan sekali. Biar lebih paham bisa lihat gambar di bawah ini!

rencana pembayaran indosaku

Biaya Bunga, Biaya Layanan dan Denda

Inilah yang paling penting! Sebelum pinjam, biasanya kita cek dulu berapa persentase bunga harian dan biaya layanannya.

Bunga Indosaku perharinya adalah maksimal 0,3% perhari sesuai dengan aturan OJK. Kami yakin, setiap pengguna atau calon peminjam mempunyai nilai persentase bunga harian yang berbeda-beda berdasarkan jumlah pinjaman. Semakin besar jumlah pinjaman, semakin besar pula besar persentase bunganya. Contohnya kami mendapatkan biaya bunga hanya sebesar 0,165% perhari.

Biaya layanan Indosaku adalah 0,135% perhari untuk pinjaman sebesar Rp500.000 atau 12,15% selama 90 hari.

Contoh Pinjaman Rp500.000

Saya yakin sekali, untuk pengguna baru, pasti akan mendapatkan limit tidak kurang lebih Rp1.000.000. Pada kasus kali ini, kami hanya mendapatkan limit Rp500.000. Yuk kita lihat berapa besar biaya bunga dan biaya layanan selama tenor 90 hari?

  • Pinjaman Pokok: Rp500.000
  • Tenor: 90 hari
  • Terima bersih: Ya, tanpa potongan.
  • Biaya bunga perhari: 0,165% perhari atau 14,85% untuk 90 hari. Jadi, total biaya bunga Indosaku selama 90 hari adalah 14,85% x Rp500.000 = Rp74.250
  • Biaya Layanan perhari: 0,135% perhari atau 12,15% selama 90 hari. Jadi total biaya layanan Indosaku selama 90 hari adalah 12,15% x Rp500.000 = Rp60.750.
  • Total tagihan: Rp500.000 + Rp74.250 + Rp60.750 = Rp635.000

Biaya Denda Indosaku

Nah, dalam review Indosaku ini, kami juga membahas soal denda Indosaku. Jika kamu belum membayar tagihan dari tanggal jatuh tempo, maka kamu akan dikenakan denda sebesar 0,6% perhari. Contohnya:

  • Pinjaman pokok Rp500.000
  • Telat 10 hari dari tanggal jatuh tempo.

Pertama, kita harus mengetahui jumlah bunga yang harus dibayarkan pada akhir periode 10 hari. Jumlah bunga per hari adalah 0,6% dari pinjaman awal.

Jumlah bunga per hari = 0,6% dari Rp500.000
= 0,6/100 × Rp500.000
= Rp3.000

Sekarang, untuk menghitung biaya denda total untuk 10 hari:

Biaya denda = Jumlah bunga per hari × Jumlah hari keterlambatan
= Rp3.000 × 10
= Rp30.000

Jadi, biaya denda atas keterlambatan pembayaran selama 10 hari adalah Rp30.000.

Kelebihan dan Kekurangan

Dalam ulasan Indosaku, ada beberapa fitur dan keunggulan yang mana ini dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Namun, dibalik itu juga pasti ada kekurangannya.

Kelebihan

  • Antar-muka dari aplikasi ini sangat bagus, ringan dan proses pendaftaran akun juga gampang.
  • Proses pengajuan pinjaman juga bisa dikatakan mudah dan cepat. Kamu hanya siapkan dua kontak darurat yang aktif. Karena masih ada beberapa pinjol yang harus menyediakan lebih dari 2 kondar.
  • Bisa cair ke bank digital. Kamu bisa gunakan bank Neo untuk melakukan pencairan dana pinjaman. Tapi walaupun demikian, kami tidak merekomendasikan menggunakan bank digital karna penilaian skor kredit kamu di Indosaku nanti semakin berkurang.
  • Menurut kami, proses mendapatkan limit di aplikasi ini cukup gampang. Tidak seperti pinjol lain yang selalu ditolak.

Kekurangan

  • Fitur keamanan akun di aplikasi masih dikatakan minim.
  • Tidak ada fitur layanan chat online seperti EasyCash.
  • Proses pencairan agak sedikit lebih lama.
  • Cicilan pertama jauh lebih besar dibandingkan dengan cicilan berikutnya. Bahkan hampir lebih dari 90% dari pinjaman pokok.

Apakah Layak Pinjam di Aplikasi Indosaku?

Kalau kita pelajari dari bunga, tenor hingga cicilan pertamanya, kayaknya jenis pinjaman ini cocok buat kamu yang butuh uang darurat atau sifatnya urgent dengan pendapatan harian atau mingguan. Misalnya, satu minggu lagi kamu gajian dan kamu butuh dana yang mendesak harus ada dananya hari ini.

Walaupun demikian, kamu harus bijak mengatasi keuangan kamu. Saran kami, pinjamlah uang dengan jumlah yang tidak melebihi 30% dari pendapatan kamu.

FAQ

Apakah Indosaku Legal?

Tentu legal. Indosaku adalah aplikasi layanan pinjaman uang secara online, tanpa agunan dan peroses pengajuannya mudah. Indosaku sudah terdaftar di OJK dan KOMINFO. Selain itu sudah terdaftar menjadi anggota AFPI.

Berapa Tenor Pinjaman di Indosaku?

Tenor pinjaman di Indosaku beragam, mulai dari 90 hari hingga satu tahun. Namun sekali lagi, setiap pengguna atau peminjam memiliki tenor yang berbeda-beda sesuai dengan skor kredit.

Berapa Lama Pinjaman Indosaku Cair?

Setelah proses pengajuan diterima dan tinggal menunggu dana dicairkan, biasanya proses ini dibutuhkan kurang lebih 1×24 jam. Setelah dana diterima, biasanya mereka akan memberitahukan kepada kamu lewat notifkasi atau SMS.

Berapa Bunga Indosaku?

Bunga Indosaku saat ini tidak melebihi dari 0,3%.

Apakah Indosaku Bisa untuk Mahasiswa?

Tentu bisa, salah satu syarat pinjaman di Indosaku adalah batas umur minimal 18 tahun sampai dengan 55 tahun.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *