Pinjol AdaDana: 11 Fakta yang Harus Anda Tahu

Share dulu, dong!

Apakah kamu baru-baru ini menemukan aplikasi pinjol AdaDana di Play Store? Mungkin sebagian teman-teman sudah sempat melakukan pengajuan di aplikasi ini. Tapi tahu kah Anda kalau aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi pinjaman online yang berbahaya?

Baru-baru ini saya menemukan aplikasi yang bernama AdaDana di beberapa platform iklan. Sejak artikel ini dibuat, sudah lebih dari 50 ribu pengguna yang download dan instal aplikasi ini.

Dalam artikel ini, kita akan sama-sama mengulas lebih dalam aplikasi pinjol AdaDana. Pada bagian akhir, saya akan memberikan beberapa fakta yang harus Anda ketahui.

Apa itu Pinjol AdaDana?

review Pinjol AdaDana apakah legal atau ilegal

AdaDana adalah satu dari beberapa aplikasi pinjol terbaru yang ada di Play Store. Diterbitkan oleh PT. SEKITAR TEKNOLOGI INDONESIA dan dirilis pada tanggal 27 Mar 2024. Hingga saat ini sudah didownload lebih dari 50 rb pengguna Android.

Tabel Profil Tentang AdaDana

Nama AplikasiAdaDana
DeveloperPT. SEKITAR TEKNOLOGI INDONESIA
Tanggal Rilis
Alamat
Kontak
Website

Keamanan Izin Akses

Ketika Anda menggunakan aplikasi ini, maka berikut adalah beberapa hak akses informasi yang harus Anda berikan izin kepada aplikasi pinjol AdaDana APK:

  • Lokasi
  • Informasi Pribadi
  • Informasi Keuangan
  • Kontak
  • Pesan SMS
  • Aktivitas Aplikasi
  • ID Perangkat

Syarat Pengajuan

  • Berusia 18 tahun atau lebih dan warga negara Indonesia sesuai KTP
  • memiliki rekening giro pribadi
  • memiliki sumber pendapatan yang konsisten
  • Lengkapi bidang yang diperlukan.

Produk yang Ditawarkan

Mari kita lihat informasi deskripsi produk pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasinya:

  • Pinjaman sebesar 3.000.000 rupiah,
  • dengan jangka waktu 6 bulan,
  • tingkat bunga tahunan adalah 18% (suku bunga per hari 0,05%)
  • biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut:
    • Maka bunga yang harus pengguna bayarkan setiap bulan adalah: 3.000.000 * 0.05% * 30 = 45.000,
    • Total biaya bunga selama 180 hari (6 bulan) Pemakaian : 45000 * 6 bulan = 270.000,
    • Jumlah pinjaman bulanan yang harus dilunasi : 3.000.000 / 6 bulan + 45.000 = 545.000
    • Jumlah pembayaran total: 545.000 * 6 bulan = 3.270.000
  • Maksimal suku bunga tahunan 18.25% (tidak ada biaya lain)
  • Jumlah pinjaman uang: 2.000.000 s/d 5.000.000 rupiah;
  • Tenor : 91 hari ~ 180 hari
  • Untuk pinjaman Rp5.000.000 dengan jangka waktu 91 hari, biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut:
  • Total bunga yg harus dibayar: Rp5.000.000 * (18.25%/365) * 91 hari =Rp227.500
  • Total Pinjaman yang harus dikembalikan: Rp5.000.000+Rp227.500=Rp5.227.500
  • Pembayaran Bulanan: Rp5.227.500/3=Rp 1.742.500

11 Fakta Menarik Tentang AdaDana APK

  1. Faktanya ini adalah pinjol ilegal, belum terdaftar langsung di OJK. Sehingga bisa dipastikan bahwa ini adalah pinjol yang menurut saya tidak aman digunakan. Anda juga bisa baca di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang 6 Dampak Buruk Pinjaman Online Ilegal
  2. Fakta kedua, AdaDana memiliki banyak “aplikasi beranak lainnya”.
  3. Ketiga: Kami tidak menemukan informasi lebih detail tentang alamat kantor resmi AdaDana. Jadi, bisa dipastikan bahwa alamat tersebut palsu.
  4. Keempat: Kami tidak menemukan situs resmi dari aplikasi AdaDana ini.
  5. Kelima: Jangan percaya dengan rating bintang lima dan ulasan positif di Play Store. Faktnya mereka yang beri bintang lima itu akun fake. Tujuannya untuk memanipulasi rating.
  6. Keenam: Apa yang ditawarkan oleh pinjol ini tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam aplikasi. Nyatanya, biaya potongan di awal dan total bunga sangat besar sekali dan menurut kami tidak masuk akal. Tidak hanya itu saja, tenor pinjaman hanya 7 hari saja.
  7. Fakta Ketujuh: Dua atau tiga hari sebelum Japo (Jatuh Tempo) Anda akan ditagih oleh pihak DC AdaDana dengan kata-kata yang tidak pantas.
  8. Fakta Kedelapan: Jika Anda telat bayar atau gagal bayar, maka konsekuensinya adalah sebar data. Metodenya beragam, ada cara Open Donasi dengan atas nama Anda sendiri, ada juga menyebarkan foto kita yang sudah diedit dan disebarkan ke kontak-kontak Anda.
  9. Fakta Kesembilan, Anda tidak bisa buka apikasi ini, terpaksa Anda akan diarahkan bayar semua tagihan lewat chat DC online mereka.
  10. Fakta Kesepuluh, Kalau Anda bertanya apakah AdaDana ada DC Lapangan? Jawabannya adalah TIDAK ADA.
  11. Terakhir, Anda harus mengizinkan mereka mengakses daftar kontak, SMS, Log Panggilan, Lokasi, Informasi Pribadi, Informasi Keuangan, Informasi Perangkat, Daftar Aplikasi dan Izin Kamera. Hal ini tentunya bertentangan dengan peraturan OJK yang mana hanya boleh mengakses Lokasi, Kamera dan Rekaman Suara.
Bukti cek penagihan pinjol Dana Pay

Solusi Jika Dana Pinjaman Masuk ke Rekening

Faktanya, ketika mereka menyatakan bahwa skor kredit Anda bagus, mereka tak segan-segan kirim uang ke rekening Anda tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya dengan bunga yang sangat besar. Selain itu tenor pinjamannya hanya 1 minggu.

Apabila Anda sedang mengalami hal seperti ini, berarti Anda sudah masuk ke dalam perangkap modus penipuan mereka. Jadi solusinya adalah tidak perlu membayar utang yang ada di AdaDana. Kalau Anda bayar, saya berani jamin, mereka bakalan terus menagih utang Anda.

Alternatif Pinjol Cair Ke Bank Digital

Kalau tidak mau repot-repot. kamu bisa juga menggunakan aplikasi pinjol legal yang menyediakan layanan pencairan limit pinjaman menggunakan bank Digital atau online.

Laporkan Pinjaman Online Ilegal Ke OJK dan Play Store

Yuk, mari bersama-sama menolak praktik pinjol ilegal dengan cara melaporkan aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK dan Play Store! Dengan melaporkan aplikasi tersebut, kita turut memerangi tindakan yang meresahkan dan merugikan masyarakat lainnya.

Silahkan baca di sini untuk panduan cara melaporkan pinjol ilegal di OJK dan Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal di Play Store

FAQs

Apakah AdaDana Termasuk Pinjol Ilegal?

Ya, faktanya mereka tidak memiliki nomor register OJK sebagai nomor bukti bahwa mereka adalah aplikasi pinjol yang terdaftar dan diawasi oleh OJK

Apakah Pinjol AdaDana Aman?

Tentu saja tidak. Karena tidak diawasi oleh OJK, maka besar kemungkinan adanya tindakan penyalahgunaan data pribadi.

Apakah AdaDana Ada DC Lapangan?

Tentu saja tidak ada. Karena ini adalah aplikasi ilegal dan tak mungkin mereka mau datang ke rumah Anda untuk menagih hutang. Untuk saat ini AdaDana masih menggunakan metode penagihan lewat Online.

Kesimpulan

Dengan adanya artikel ini, Saya sangat berharap dapat membantu teman-teman pembaca Androkit untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang aplikasi pinjol AdaDana ini.

Saran dari kami, jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan pengajuan pinjaman di platform pinjol yang belum ada izinnya. Terimakasih!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *