Review Tarik Dana Pinjol: Legal atau Ilegal?

Share dulu, dong!

Review Tarik Dana – Apakah Anda ragu ingin meminjam uang di aplikasi pinjol Tarik Dana seperti logo atau gambar di atas? Sebelum Anda melakukan pengajuan, ada baiknya Anda baca artikel ini supaya Anda dapat memahami terkait aplikasi pinjol yang ada di Play Store ini.

Kayaknya semakin hari pinjol ilegal terus berdatangan dengan wajah-wajah baru. Saya menduga bawah oknum-oknumnya atau pelakunya pasti itu-itu saja. Walaupun sebenarnya OJK terus gencar melakukan pemblokiran aplikasi pinjol yang belum terdaftar resmi, mereka terus melahirkan aplikasi-aplikasi baru guna mendapatkan keuntungan lewat jalur yang salah.

Review Tarik Dana: Apakah Ilegal?

Pertanyaannya adalah apakah aplikasi pinjaman online Tarik Dana ini merupakan aplikasi pinjol ilegal atau tidak resmi? Jawabannya adalah Ya. Tarik Dana adalah salah satu aplikasi yang belum memiliki surat resmi dari OJK. Artinya ini adalah app yang tidak direkomendasikan untuk pengajuan pinjaman online.

cara menghasilkan uang di internet

Menurut data dari OJK. Ada lebih dari 100 aplikasi pinjaman online yang telah memiliki izin alias terdaftar dan diawasi oleh instansi terkait. Selain dari pada daftar tersebut adalah pinjol tidak resmi.

Ok, sekarang kita fokus kepada Tarik Dana ini.

tarik dana pinjol ilegal

Aplikasi ini sudah di download lebih dari satu juga pengguna Android dengan rating di bawah bintang 4.

Berikut adalah profil yang bisa saya dapatkan dari Play Store.

Nama AplikasiTarik Dana – Pinjaman Uang Dana
DeveloperTarik Dana
Websitetarikdana.id (situs diblokir)
Umur App7 Nov 2019
Kontakfulbertutfelicia@gmail.com

Ternyata, umur aplikasi ini di Play Store sudah 3 tahun lebih sejak artikel ini ditulis.

Mengapa Saya Katakan Pinjol Tarik Dana Ilegal?

Selain dari pada informasi yang saya temukan di OJK, ada beberapa hal yang menurut saya dapat membedakan mana pinjol resmi dan pinjol tidak terdaftar di OJK.

Situs Resmi Diblokir Kominfo

Banner Internet Positif
Review Tarik Dana – Salah satu alasan kenapa aplikasi ini termasuk pinjol ilegal

Saat ini situs official-nya Tarik Dana telah dicap “Internet Baik” oleh kominfo. Silahkan cek: http://api.tarikdana.id/google/tarikdana. Lalu saya coba cek tarikdana.id dan ternyata tidak dapat diakses juga.

Tentu hal ini menjadi salah satu ciri-ciri pinjol ilegal.

Menggunakan Email Gmail dari Google (Gratisan)

Yang kedua adalah menggunakan email Gmail sebagai kontak utama mereka walaupun sebenarnya ada beberapa pinjol legal yang menggunakan Gmail sebagai layanan CS. Akan tetapi berbeda dengan email yang digunakan Tarik Dana ini. Jika saya perhatikan, nama emailnya sangat aneh dan susah untuk dibaca.

Tidak Jelas Alamat Kantor Utama

Alamat lengkap Tarik Dana adalah Jl. Jend. Sudirman, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210. Jika saya search di Google, ternyata saya tidak menemukan brand perusahaan pinjol tersebut. Bisa dipastikan alamat kantor ini fake.

Risiko Pinjam di Aplikasi Tarik Dana

Risiko Galbay di UATAS

Ada beberapa hal risiko yang harus Anda hadapi apabila Anda mengajukan pinjaman dengan menyerahkan data diri Anda ke aplikasi pinjol ilegal khususnya adalah Tarik Dana.

  • Bunga tak sesuai dengan deskripsi. Bahkan bisa lebih parah. Anda harus membayar bunga yang lebih besar dalam jangka waktu singkat.
  • KTP bisa disalahgunakan karena tidak diawasi oleh OJK.

Kesimpulan

Untuk saat ini saya menemukan setidaknya 3 alasan kenapa aplikasi pinjol Tarik Dana yang berlambang burung warna hijau ini adalah pinjaman online ilegal selain dari daftar OJK resmi.

Jadi saya sarankan untuk tidak mengajukan pinjaman di aplikasi ini. Ada opsi aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk pendaftaran pengajuan.

Tarik Dana Pinjol Legal atau Ilegal?

Tarik Dana untuk saat ini belum terdaftar di OJK.

Apakah aman pinjam uang di Tarik Dana?

Karena status ilegal oleh OJK, maka saya sarankan jangan mengajukan pinjaman di aplikasi ini.

Saya sudah terlanjut mengisi data formulir pengajuan, apa yang harus saya lakukan?

Segera hubungi CS-nya untuk menghapus semua data informasi Anda yang sempat Anda berikan.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *