Review TeraBox – Apakah Cloud Storage ini Aman

Bagikan:

Ketika artikel ‘Review TeraBox Indonesia’ kami buat, aplikasi cloud storage yang satu ini telah masuk ke 20 besar versi Google Play Store dengan kategori aplikasi paling populer. Pada hari ini kami akan mengulas secara lengkap tentang TeraBox yang katanya memberi peyimpanan sebesar 1 T atau satu terabyte secara Gratis!

Apa itu TeraBox? Review TeraBox

Mirip seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lainnya. TeraBox adalah platform yang menyediakan tempat penyimpanan secara online dengan kapasitas 1 TB atau satu terabyte secara gratis.

Ada dua versi akun TeraBox:

  • Gratis, dan
  • Premium (berbayar)

Baca: Memori Internal Mau Habis? | Cloud Storage Solusinya

Menurut informasi yang kami dapat, TeraBox itu sebelumnya memiliki nama yaitu DuBox. Anda ketik di Google dengan kata kunci DuBox, maka akan dialihkan ke domain TeraBox.

Tidak ada yang pasti kenapa mereka berganti nama. Namun yang jelas, tidak ada perubahan yang signifikan. Hanya berganti nama. Asumsi kami mungkin saja mereka ingin mengganti nama yang cocok untuk brand mereka sesuai dengan kriteria.

Fungsi Terabox

Beberapa bulan yang lalu, fungsi aplikasi ini adalah untuk membantu para penggunanya mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan belum pernah ada provider lainnya yang menawarkan kapasitas sebesar TeraBox.

Namun sekarang kami review kembali ternyata mereka sudah memiliki banyak fitur yang fungsinya tidak hanya untuk menyimpan, namun juga ada beberapa fitur-fitur lainnya:

  • Membagikan atau transfer file tanpa harus login sama sekali (tera transfer)
  • Upload file secara otomatis
  • Upload file jarak jauh

Selain Android, Platform cloud storage ini sudah ada untuk sistem operasi iPhone dan Windows.

Baca: Cara Menggunakan Oppo Cloud

Jadi, intinya adalah fungsi TeraBox itu tempat untuk menyimpan semua file yang kita punya di perangkat smartphone atau Android sehingga bisa kita pakai sebagai tempat backup file.

Apakah Aman Terabox Cloud Storage?

review terabox indonesia

Dijamin aman. Karena mereka sudah memiliki tim keamanan yang profesional termasuk pakar industri untuk perlindungan privasi, Anti Spam dan pengendali resiko. Tim ini selalu bekerja untuk memastikan TeraBox aman dan memiliki kebijakan keamanan yang terbaik.

Situs mereka sudah menggunakan protokol enkripsi tranmsmisi atau HTTPS yang memastikan tidak ada luang untuk mengintip file ketika disimpan di TeraBox.

Saat kita upload dan menyimpan file ke dalam TeraBox, file kita akan di-enkripsi yang mana tidak akan bisa dibaca oleh siapapun baik nama pengguna dan password akun Anda.

Jadi kami katakan penggunaan apikasi ini aman untuk kita gunakan.

Berapa Kapasitas TeraBox

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas, Saat kita mendaftar akun di TeraBox, kita langsung mendapatkan kapasitas sebesar 1TB atau satu terabyte setara 1000 GB. Namun, mereka ada tarawan akun Premium yang mana ruang kapasitasnya 2 TB (2000 GB).

Walaupun akun gratis dapat ruang penyimpanan yang besar, namun jumlah file-nya di batasi hanya 500 file saja.

Harga TeraBox Premium

Saat ini TeraBox memiliki dua versi yakni Gratis dan Premium. Kalau yang gratis tentu kita tak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakannya. Namun uuntuk versi TeraBox Premium itu harga perbulannya sebesar Rp65.000 saja.

Anda bisa gunakan fitur Uji Coba TeraBox Premium secara gratis selama 7 hari.

Panduan Menggunakan TeraBox Cloud

Cara memakai TeraBox itu sangat mudah sekali. Anda wajib daftarkan diri Anda ke TeraBox melalui nomor telepon atau email.

Jika saat ini Anda menggunakan PC silahkan daftar di Sini.

Bagi yang menggunakan Android silahkan download aplikasinya di Play Store.

Note: Jika menggunakan Email, Anda wajib menggunakan platform dari Gmail. Karena kami coba mengunakan platform pelayanan email lain ternyata tidak bisa untuk didaftarkan.

Cara Memindahkan file ke TeraBox

Apabila ingin memindahkan file ke TeraBox, pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke TeraBox dan cukup dengan menekan tombol unggah atau upload, pilih file nya lalu tekan tombol Buka.

Kesimpulan – Kelebihan dan Kekurangan TeraBox

Di akhir artikel review TeraBox ini, saya akan mengakhirinya dengan Kelebihan dan kekurangan TeraBox versi AndroKit.

Kelebihan:

  1. Gratis dapat 1 TB
  2. Daftar akun yang sangat mudah tanpa verifikasi email
  3. Terdapat versi aplikasi di Android dan iPhone
  4. Mudah digunakan
  5. Harga Premium yang terbilang sangat murah
  6. Tersedia banyak bahasa

Kekurangan:

  1. Tampilan websitenya masih dikatakan kaku (ga terlalu modern)
  2. Website versi bahasa Indonesia masih terlihat sulit untuk dibaca
  3. Aplikasi versi Desktop terdapat ikan yang sulit ditutup.

TeraBox merupakan salah satu platform cloud storage alternatif selain Google Drive atau OneDrive. Walaupun kapasitasnya yang besar tapi jumlah file yang bisa diupload hanya 500 file.

Jadi, Kesimpulan tambahan adalah TeraBox sangat berguna jika kita gunakan sebagai tempat penyimpanan backup file yang berukuran besar seperti video, aplikasi dan sebagainya.

Tinggalkan komentar