Review Xiaomi Redmi Note 12 5G

Share dulu, dong!

Review Xiaomi Redmi Note 12 5G – Jadi, pada awal tahun ini, perusahaan bernama Xiaomi telah merilis ponsel terbaru mereka yang disebut Xiaomi Redmi Note 12 5G. Ponsel ini memiliki beberapa fitur yang sangat bagus dibandingkan dengan versi sebelumnya, seperti desain yang ramping dan konektivitas internet 5G yang sangat cepat.

Pada kesempatan ini, Androkit menulis sebuah review Xiaomi Redmi Note 12 5G ini untuk melihat apakah itu benar-benar bagus dan layak untuk dibeli.

Harga Xiaomi Redmi Note 12

Cek Harga terbaru Xiaomi Redmi Note 12 di Shopee

Review Xiaomi Redmi Note 12 5G: Unboxing

Paket Redmi Note 12 5G terdiri dari item berikut:

  • Catatan Redmi 12 5G
  • Adaptor daya 33W
  • Kabel USB Tipe-C
  • Kasus TPU yang jelas
  • Alat pelepas SIM
  • Panduan Mulai Cepat

Desain Xiaomi Redmi Note 12 5G

Ponsel ini sangat tipis dengan ketebalan hanya 7,9mm. Meskipun ramping, ponsel ini masih cukup berat, yaitu sekitar 188g.

Rangka dan panel belakang ponsel terbuat dari bahan polikarbonat. Panel belakang juga memiliki lapisan matte lembut yang memberikan tampilan dan nuansa kelas atas. Meskipun kedengarannya bagus, panel belakang mudah menarik noda. Namun, menurut kami ini bukan masalah besar karena mudah dibersihkan.

Review Xiaomi Redmi Note 12 5G ramping

Satu hal yang saya perhatikan soal desainnya adalah sisi-sisinya rata, dan bingkainya juga memiliki lapisan matte yang membuat memegang ponsel besar ini sedikit merepotkan karena cukup licin. Tapi sekali lagi, tidak ada yang tidak bisa diperbaiki oleh casing ponsel yang bagus.

Desain modul kamera telah berubah dari Redmi Note 11, dan sekarang terlihat seperti balok kaca poles yang diangkat dari panel belakang, memberikan tampilan modern. Saya sangat mengagumi bagaimana modul kamera diintegrasikan dengan mulus ke dalam keseluruhan desain ponsel.

Layar memiliki potongan lubang untuk kamera selfie dan saya menemukan bezel di sekitar sisi kiri, atas, dan kanan layar cukup tipis. Ada juga dagu yang mencolok di bagian bawah yang menghilangkan daya tarik premiumnya.

Fitur keren dari desain ponsel ini adalah pemindai sidik jari terletak di samping, di tombol daya. Ini adalah penempatan cerdas yang menambah estetika desain ponsel secara keseluruhan.

bagian sisi samping atas dan bawah xiaomi redmi note 12 5G. Review Xiaomi Redmi Note 12 5G
Review Xiaomi Redmi Note 12 5G tampilan samping

Menurut saya, Redmi Note 12 5G ini memiliki desain yang solid. Ramping, modern, dan memiliki beberapa fitur bagus. Pada bagian tertentu agak sedikit licin dan menimbulkan noda, tetapi itu adalah detail kecil yang bisa diabaikan. Secara keseluruhan, menurut saya ini adalah ponsel hebat yang patut dicoba!

Layar Xiaomi Redmi Note 12 5G

Xiaomi Redmi Note 12 5G dilengkapi dengan panel Super AMOLED 6,67 inci full-HD+ yang benar-benar memukau. Apakah Anda menelusuri media sosial atau menonton acara favorit Anda secara berlebihan di Netflix, layarnya sangat jernih dan sangat responsif. Dengan kecepatan refresh 120Hz, saya senang dan suka layar tampilannya yang halus dan mulus dari segala sesuatu.

Tampilan layar xiaomi redmi note 12 pro terbaru

Sekarang, saya tahu apa yang mungkin Anda pikirkan: “Tapi, bukankah kecepatan refresh yang tinggi buruk untuk masa pakai baterai?” Yah, jangan takut karena Redmi Note 12 5G ini agak berbeda. Meskipun tidak adaptif, Anda dapat mengatur kecepatan refresh secara manual ke 60 atau 120Hz, sehingga Anda dapat mencapai keseimbangan sempurna antara performa dan masa pakai baterai.

Bahkan saat saya menggunakan ponsel di luar ruangan, layarnya tetap terlihat dan hidup. Dan dengan kecerahan puncak 1200 nits, saya tidak perlu khawatir menyipitkan mata untuk melihat apa yang ada di layar saya.

Dalam hal akurasi warna, Redmi Note 12 5G adalah yang terbaik. Dengan profil warna default, tampilan menghasilkan warna-warna cerah yang benar-benar menonjol. Tetapi jika Anda lebih suka tampilan yang lebih alami, pengaturan “Standar” adalah cara yang tepat.

Dan meskipun tidak ada dukungan pemutaran HDR untuk aplikasi streaming, ponsel ini bersertifikasi Widevine L1, yang berarti Anda dapat menikmati pemutaran video full-HD tanpa masalah.

Secara keseluruhan, saya merasa tampilan Xiaomi Redmi Note 12 benar-benar memanjakan mata. Dengan warna-warnanya yang cerah, kinerja yang mulus, dan kecerahan yang mengesankan, saya merasa tersesat di ponsel selama berjam-jam. Dan dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, Anda tidak perlu khawatir karena layar Anda cukup tangguh untuk menahan keausan sehari-hari.

Tapi bagaimana dengan kinerja?

Redmi Note 12 5G tidak mengecewakan. Dalam benchmark, ponsel ini berhasil mencetak 366861 poin di AnTuTu, bersama dengan 626 dan 1.696 poin masing-masing dalam pengujian single dan multi-core Geekbench. Skor ini cukup mengesankan, terutama jika dibandingkan dengan Redmi Note 11 Pro.

Dalam hal kinerja dan game, saya menguji Mobile Legends dengan setting ultra high, saya dapat menjalankan game ini dengan mulus.

Namun, tingkat pengambilan sampel sentuh juga bisa sedikit tidak memadai untuk game FPS dan karena itu saya tidak akan menyarankan Xiaomi Redmi Note 12 5G untuk gamer hardcore.

Kamera Xiaomi Redmi Note 12 5G

Redmi Note 12 5G menawarkan tiga kamera belakang dan satu kamera depan 13 megapiksel untuk selfie. Pengaturan belakang cukup komprehensif dengan lensa utama 48MP, lensa sudut ultra lebar 8MP, dan lensa makro 2MP.

Jadi, bagaimana kinerjanya dalam kondisi siang hari? Harus saya akui, saya agak kecewa dengan kualitas gambarnya. Detailnya ada di sisi bawah, dan rentang dinamisnya terganggu.

Namun saat saya mengaktifkan mode AI, saya langsung terkesan dengan rentang dinamis yang layak dan kualitas gambar secara keseluruhan dibandingkan dengan foto biasa.

Tampilan kamera Xiaomi redmi note 12 Pro terbaru
Review Xiaomi Redmi Note 12 5G

Kamera makro agak sulit untuk dikuasai karena pengaturan fokus tetapnya dan kinerja kamera sudut ultra lebar lebih buruk daripada kamera utama. Nada warna dan rentang dinamis juga jauh dibandingkan dengan pemandangan sebenarnya, dan foto tampak seolah-olah diambil menggunakan filter.

Pada siang hari, kamera selfie mengambil gambar yang tajam dan detail, sedangkan pada kondisi minim cahaya, hasil foto tampak lembut dan kurang detail. Sayangnya, tidak ada mode Malam yang tersedia untuk kamera ultra lebar yang dapat memberikan hasil foto yang dibutuhkan.

Kualitas perekaman video maksimal 1080p pada 30fps dan tidak sebaik yang saya harapkan. Bagaimanapun, meskipun kamera dimuat dengan beberapa lensa yang sangat luar biasa, perangkat lunak dan kemampuan pemrosesan tidak cukup dan karena itu saya tidak akan merekomendasikan membeli Redmi Note 12 5G jika Anda berada di pasar untuk kamera yang layak untuk DSLR. telepon.

Baterai Xiaomi Redmi Note 12 5G

Bagi saya, Redmi Note 12 5G itu ibarat sebagai pelari maraton sejati, memberikan satu setengah hari jus dengan sekali pengisian bahkan dengan penggunaan berat. Saya benar-benar terkesan dengan berapa lama ponsel ini bertahan, bahkan ketika saya menggunakannya untuk multitasking yang serius – bermain game, mengambil foto, dan menonton acara favorit saya secara berlebihan.

Telepon mengisi hingga 37 persen hanya dalam 30 menit, yang sangat bagus untuk saat-saat ketika Anda membutuhkan isi ulang cepat. Dan jika Anda ingin mengisi seluruh baterai, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 14 menit. Itu juga dilengkapi dengan pengisi daya kabel 33W yang mendukung pengisian cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12 5G

Kelebihan:

  • Xiaomi Redmi Note 12 5G menawarkan layar yang indah dan cerah yang menawarkan pengalaman menonton yang imersif untuk segala hal mulai dari film hingga foto.
  • Ponsel ini memiliki performa dan daya tahan baterai yang sangat baik, memungkinkan Anda menggunakannya untuk waktu yang lama tanpa perlu mengisi daya.
  • Redmi Note 12 5G dirancang dengan desain yang eye-catching dan ramping yang terlihat dan terasa premium. Kualitas pembuatannya juga luar biasa, menjadikannya pilihan yang tahan lama untuk penggunaan sehari-hari.
  • Kamera ponsel mampu mengambil foto yang mengesankan di siang hari, dengan warna yang akurat dan detail yang bagus.

Kekurangan:

  • Salah satu kelemahan Xiaomi Redmi Note 12 5G adalah hadir dengan Android 12 di luar kotak, yang mungkin bukan versi terbaru. Selain itu, mungkin ada tambalan keamanan tertanggal yang berpotensi membuat ponsel rentan terhadap risiko keamanan.
  • Ponsel ini dilengkapi dengan aplikasi pra-instal yang mungkin belum tentu Anda gunakan atau perlukan, yang dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga.
  • Meskipun kamera bekerja dengan baik di siang hari, kamera mungkin bermasalah dalam situasi cahaya redup, dengan gambar tampak berbintik atau berisik.

Apakah Xiaomi Redmi Note 12 5G layak untuk ditingkatkan?

Review Xiaomi Redmi Note 12 5G, bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda hanya menginginkan masa pakai baterai yang tahan lama. Namun, ponsel ini gagal di area lain, terutama dalam performa kamera. Itu memang memiliki build yang bagus, tampilan yang bagus dan prosesor yang luar biasa, tetapi meskipun dilengkapi dengan perangkat keras yang bagus, perangkat lunak yang menjalankannya tidak bagus dan karena itu saya akan merekomendasikan untuk melihat opsi alternatif seperti Redmi Note 11 Pro atau Redmi Note 12 Pro yang belum dirilis untuk pengalaman yang sehat.

Duwita Sari

Duwita Sari

Halo.. Nama saya Desnita Devi seorang Freelancer dan salah satu admin di blog Androkit. Senang berbagi tips dan pengalaman saya selama terjun di dunia sebagai freelancer. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *