Simulasi Biaya Denda Akulaku Telat 1 Hari – 3 Bulan Terbaru

Share dulu, dong!

Simulasi Biaya Denda Akulaku adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan bagi mereka yang menggunakan layanan kredit atau cicilan dari Akulaku. Denda ini akan dikenakan jika Anda terlambat dalam membayar cicilan. Namun, sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan layanan ini, Anda harus mengetahui berapa besar biaya denda yang akan dikenakan jika terlambat membayar cicilan.

Menurut beberapa sumber, sebenarnya biaya denda Akulaku itu bervariasi dan tergantung pada lamanya keterlambatan pembayaran.

Apabila Anda telat membayar dalam waktu 1 sampai 6 hari, maka biaya denda tidak akan dikenakan. Tetapi, jika Anda sudah telat membayar lebih dari 1 minggu, maka denda yang dikenakan dan biayanya akan semakin besar.

Nah, Tujuan artikel ini sengaja kami terbitkan untuk membantu Anda yang ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang biaya denda keterlambatan Akulaku.

Tidak hanya itu saja, di sini juga kami berikan tips bagaimana cara menghindari denda Akulaku.

Apa itu Akulaku?

Akulaku merupakan salah satu platform fintech populer yang menyediakan layanan kredit serta cicilan untuk produk-produk tertentu. Akulaku beroperasi di Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Malaysia. Platform ini didirikan pada tahun 2016 dan telah menjadi salah satu platform fintech terkemuka di Asia Tenggara.

Akulaku memungkinkan Anda untuk membeli barang-barang secara online dengan metode pembayaran yang fleksibel. Selain itu, Akulaku juga menyediakan layanan pinjaman uang tunai yang bisa diambil secara online dengan bunga yang kompetitif.

Untuk menggunakan layanan Akulaku, Anda harus mendaftar dan mengisi aplikasi online. Setelah aplikasi disetujui, Anda bisa mulai menggunakan layanan Akulaku untuk membeli barang-barang atau meminjam uang tunai.

Namun, seperti halnya layanan kredit dan cicilan lainnya, Akulaku juga memiliki aturan-aturan yang harus diikuti oleh Anda. Salah satunya adalah ketentuan tentang denda jika Anda terlambat membayar cicilan atau pinjaman.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang simulasi biaya denda Akulaku, Anda bisa melihat informasi yang tersedia di situs web Akulaku atau menghubungi layanan pelanggan Akulaku.

Simulasi Biaya Denda Akulaku

Biaya Denda AkuLaku terbaru

Bagaimana cara menghitung denda Akulaku?

Dalam menghitung denda Akulaku, perlu diketahui bahwa dendanya dihitung per hari dan dikenakan pada tagihan yang lewat jatuh tempo. Untuk menghitung denda Akulaku, dapat dilakukan dengan rumus berikut:

Rumus Denda Akulaku = (jumlah tagihan x persentase denda x jumlah hari keterlambatan).

Berapa besar denda Akulaku Dana Cicil?

Bunga Pinjaman di AkuLaku

Seperti yang saya katakan sebelumnya, besarnya denda Akulaku itu bervariasi tergantung pada jumlah tagihan, persentase denda, dan jumlah hari keterlambatan.

Dalam satu bulan, Akulaku menetapkan persentase biaya denda keterlambatan sebesar 10% atau 0,3% dalam satu hari (dari jumlah sisa tagihan).

Berikut adalah simulasi biaya denda Akulaku untuk layanan kredit atau cicilan:

Sisa TagihanKeterlambatanDenda /bulan
Rp.500.0001 bulanRp.50.000
Rp.500.0002 bulanRp.100.000
Rp.500.0003 bulanRp.150.000
Catatan: Ini hanya simulasi dan tidak mengikat

Contoh, misalnya sisa tagihan Anda Rp.2.000.000 di Dana Cicil Akulaku. Sudah telat 3 bulan. Maka perhitungan denda dan total yang harus Anda bayar:

  • Sisa Tagihan: Rp.2.000.000
  • Telat Selama: 3 bulan
  • Besar denda satu bulan: 10% (dari sisa tagihan)
  • Maka, besar biaya denda dalam satu bulan = (Rp2.000.000 x 10%) = Rp.200.000
  • Atau jika dalam tiga bulan, maka total denda tagihan Akulaku Anda adalah Rp.600.000

Contoh di atas hanya berlaku pada produk pinjaman “Dana Cicil”. Tidak berlaku pada produk “Pinjaman”.

Perhitungan denda produk Pinjaman Akulaku

Untuk produk Pinjaman Akulaku, biaya denda perbulannya adalah 30%. Contoh:

  • Sisa Tagihan: Rp.500.000
  • Denda Perbulan: 30%
  • Maka, jumlah biaya denda perbulannya: Rp150.000

Apa yang harus dilakukan jika terkena denda Akulaku?

Jika terkena denda Akulaku, Anda perlu segera melunasi tagihan yang lewat jatuh tempo dan membayar denda yang dikenakan. Jika tidak segera dilunasi, maka akan terus bertambah besar dan berdampak pada kredit score Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanggal jatuh tempo dan memastikan pembayaran dilakukan tepat waktu untuk menghindari denda.

Dalam hal terjadi kendala dalam pembayaran, Anda dapat menghubungi customer service Akulaku untuk mencari solusi terbaik.

Topik: Perbandingan AkuLaku VS EasyCash: Bagus yang Mana?

Tips Cara Menghindari Denda Akulaku

Untuk menghindari denda Akulaku, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari denda Akulaku:

  1. Bayar tepat waktu: Yang paling penting adalah membayar tagihan tepat waktu. Pastikan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda. Jika Anda tidak dapat membayar tepat waktu, pastikan untuk membayar secepat mungkin untuk mengurangi jumlah denda.
  2. Atur pengingat: Jangan lupa untuk mengatur pengingat pada ponsel atau kalender agar tidak melewatkan jatuh tempo pembayaran. Pengingat ini akan membantu Anda membayar tepat waktu dan menghindari denda.
  3. Perencanaan keuangan: Buatlah perencanaan keuangan untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Pastikan untuk mengatur anggaran dengan baik dan memperhitungkan tagihan Akulaku dalam pengeluaran bulanan.
  4. Gunakan fitur otomatis: Akulaku menyediakan fitur otomatis untuk membayar tagihan secara otomatis setiap bulannya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk menghindari keterlambatan pembayaran dan denda.
  5. Hubungi layanan pelanggan: Jika Anda mengalami kesulitan dalam membayar tagihan, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Akulaku. Mereka akan membantu Anda menemukan solusi untuk menghindari denda dan keterlambatan pembayaran.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menghindari denda Akulaku dan membayar tagihan tepat waktu. Pastikan untuk mengatur pengeluaran dengan baik dan mengelola keuangan secara bijak untuk menghindari masalah keuangan di masa depan.

FAQs

Denda Akulaku perhari atau perbulan?

Denda Akulaku ada perhari, perbulan bahkan ada perjam. Misalnya Anda harus bayar jam 7 pagi, tapi Anda sempat bayar jam 12 siang. Maka biaya denda yang dihitung ada 5 jam.

Apakah denda Akulaku bisa di hapus

Tidak bisa. Biaya akan terus bertambah dan membengkak jika tidak segera dilunasi / bayar.

Berapa denda Akulaku telat 1 minggu

Tidak ada biaya denda jika Anda telat selamat satu sampai enam hari. Bunga keterlambatan akan dihitung dimulai dari hari ke tujuh keterlambatan.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. saya jatuh tempo pembayaran cicilan produk setiap tgl 10.
    tgl 10 saya cek tagihan saya sebesar Rp 787.400.
    tgl 11 ( telat 1 hari) kok menjadi Rp 835.300, dan saya lihat di detail tagihan ada tulisan Jumlah belum di bayar Rp 47.900, apakah ini denda.
    kalaupun yg Rp 47.900 itu adalah denda.
    Padahal yg saya baca klu keterlambatan 1 sampai 6 hari tidak di kenakan denda.
    Mohon pencerahan nya……

    • Halo kak,
      Kebanyakan seperti itu kak, belum ada denda di hari pertama s/d 3. Kemungkinan ada beberapa faktor atau perubahan kebijakan. Untuk informasi lebih lanjut, kakak bisa konfirmasi hal ini langsung ke CS via ChatLive.