Singa ID ada DC Lapangan? Begini Cara Penagihannya

Share dulu, dong!

Apakah Singa ID Ada DC Lapangan? Bagaimana cara penagihannya? Inilah yang “mungkin” yang ada di benak kita ketika sudah tidak bisa bayar atau telat bayar cicilan pinjaman online. Saat masa tenor tenggang waktu pembayaran lewat, biasanya mereka menghubungi Anda baik via SMS, Chat atau telepon.

Di artikel ini, saya akan membagikan beberapa informasi seputar cara penagihan dan DC Lapangan Singa ID pinjol legal ini.

  • Debt Collector di Lapangan
  • Cara Penagihan

Namun, sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui tentang Singa ID ini agar nantinya kita memahami isi dari postingan ini.

Video DC Lapangan Singa ID

Profil Tentang Singa ID

profil tentang singa id
profil tentang singa id

Singa ID adalah sebuah apk pinjol legal di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2018. Aplikasi ini memberikan layanan pinjaman dengan jumlah mulai dari Rp.500rb s/d Rp.4 juta dengan tenor pinjaman 30 hari hingga 180 hari.

Syarat pengajuan pinjaman di Singa ID termasuk usia minimal 21 tahun, memiliki KTP, memiliki nomor telepon dan rekening bank yang valid, serta memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap.

Singa ID telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk memastikan layanan mereka memenuhi standar dan aturan yang berlaku di Indonesia.

Proses Penagihan Singa Pinjaman Online

Note: Di sini saya tidak mengajarkan Anda untuk gagal bayar atau mengabaikan kewajiban Anda. saya hanya memberikan gambaran atau penjelasan tenang proses penagihan dan cara menanganinya.

proses penagihan singa pinjaman online legal. Singa ID ada DC Lapangan
chat WA dari Singa ID pinjol

Ketika Anda telat membayar cicilan dari jarak lima hari dari tanggal tempo, biasanya pihak pinjol Singa melalui DC Online akan memberikan atau mengirim pesan melalui chat terkait cicilan Anda. Seperti gambar di atas adalah salah satu screenshot contoh proses penagihan DC Singa melalui chat WhatsApp.

Saran saya, Anda jangan panik apabila menerima pesan seperti gambar di atas. Seperti pada aplikasi serupa lainnya, biasanya ini adalah modus belaka. Tapi saya tidak mengajarkan Anda untuk “masa bodoh” terhadap tagihan cicilan Anda.

Bagaimana cara menganggapi apabila menerima chat WA dari pihak penagih Singa ini? Gampang aja kok, respon saja dengan baik dan jangan panik. Kalau Anda memang belum ada uang sama sekali untuk membayar kewajiban Anda, katakan saja kepada mereka demikian.

Apakah data pribadi kita akan disebar? Seharusnya tidak boleh. Itu sudah diatur oleh pihak OJK. Saya rasa Singa ID tidak akan melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan yang berlaku.

Tapi apabila terjadi sesuatu yang merugikan misalkan mengancam atau meneror yang berlebihan, silahkan adukan ke pihak AFPI dan OJK.

Apakah Singa ID Ada DC Lapangan?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ada beberapa yang mengatakan bahwa tidak ada kunjungan ke rumah, ada juga yang mengatakan bahwa ADA DC lapangan melalui pihak ketiga.

(UPDATE 01-06-2023) Untuk daerah JABODETABEK sudah ada DC Lapangan SINGA ID. Di luar daerah itu belum ada.

(UPDATE 24-10-2023) DC Lapangan Singa ID Random. Kadang datang ke rumah, kadang tidak. Mungkin tergantung dari jumlah sisa utang yang belum lunas. Contoh di bawah ini adalah contoh surat penugasan Singa ID yang dikirim langsung oleh pembaca Androkit.com

surat penugasan Singa ID
Contoh surat penugasan Singa ID yang kirimkan langsung ke kami

Bicara soal DC Lapangan ini terbilang RANDOM. Bahkan di beberapa pinjol legal lainnya juga masih ada yang belum mempunyai orang yang bertugas ke lapangan. Baca di sini untuk mengetahui 15 Aplikasi Pinjol yang Belum Ada DC Lapangan.

Note: Anda bisa ceritakan pengalaman Anda tentang galbay di Singa ID atau telat bayar di kolom komentar.

Solusi Mengatasi DC Lapangan Singa ID

Solusi gagal bayar pinjaman online
Proses penagihan Singa ID

Seandainya DC Lapangan Singa ID ada datang ke rumah Anda, bagaimana cara kita untuk menanggapinya?

  • Jangan Panik, Tunukkan Wajah yang tenang: Anda harus menampilkan posisi yang tenang, tidak menunjukkan rasa takut. Perlu Anda ketahui bahwa kita punya hak perlindungan sebagai peminjam.
  • Tanya soal Identitas Petugas: Ini wajib Anda lakukan untuk memastikan bahwa mereka merupakan DC lapangan Singa ID resmi dan memegang surat izin yang sah. Biasanya mereka melakukan pengenalan serta menunjukkan surat identitas dan surat perintah. Informasi lebih lanjut, klik di sini!
  • Berikan Pertanyaan: Setelah mereka menjelaskan tentang tujuan mereka datang ke rumah Anda dan sebagainya, Anda juga diperbolehkan untuk menanyakan sesuatu yang belum Anda mengerti terkait penagihan.
  • Minta Bukti Tagihan: Pastikan Anda meminta kepada mereka sebuah bukti tertulis terkait tagihan dan jumlah utang yang harus Anda bayar.
  • Katakan Sejujurnya: Katakan kepada mereka bahwa Anda saat ini belum punya uang untuk membayar Mintalah keringanan agar bisa menyicil sisa hutang.
  • Laporkan: Apabila mereka melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti memprovokasi atau mengintimidasi terhadap Anda.

Note: Anda bisa menolak kehadiran mereka apabila pihak DC Lapangan Singa ID tidak melengkapi surat-surat tugas atau surat bukti tagihan dan jumlah utang Anda. Katakan pada mereka agar datang kembali di kemudian hari.

Kesimpulan: Singa ID ada DC Lapangan

Itulah terkait tentang gagal bayar atau telat bayar di pinjaman Singa ID yaitu soal penagihan ke rumah. Mungkin saja di tiap wilayah berbeda-beda. Ada yang tidak didatangin, dan ada juga yang di datangin lewat pihak ketiga.

Coba Anda berikan pengalaman Anda tentang ini.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

159 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya pinjam singa.id tapi pas jatuh tempo saya tidak bisa menggunakan aplikasi.dan saya sudah diteror terus menerus.apa yang harus saya lakukan padahal saya niat membayar.saya hub cs tak ada respon

  2. slmt mlm.pak…sy mw tanya apakah singa id ini ada dc lapangannya utk daerah jkt? krn info yg sy terima msh abu2…trims pak🙏

  3. saya telat bayar 2 hari apa dc akan datang kerumah(jakarta utara) kak? Terima kasih…

  4. mohon maaf pak 🙏 kalau daerah Bandung apakah udah ada DC lapangan nya singa.id ?? mohon bantuannya

  5. sya galbay ms . sya blm ada uang untuk melunasi nya karna usaha sya lagi down . kata nya mau ada dc ke rmh .. trus sya harus gmna ya mas

      • gimana ya pak. saya kena tipu akun kredivo saya harus bayar full saya udah lapaoran sama pihak kredivonya tapi ttep harus d bayar. saya harus laporan kemna lagi ya pak. bukti2 nya sudah tidk ada

  6. saya orang kudus jawatengah, telat 2 bulan sudah ada DC yg datang kerumah kak, surat penagihannya untuk nama & nomer surat penagihan masak ditulis tangan pas DC sudah berkunjung kerumah. apakah seperti itu prosedurnya? mohon pencerahan

  7. pak mau nanya saya udah telat bayar singa 2 hari nah terus saya gajian tanggal 31 nanti apakah dc akan dateng kerumah sebelum tanggal 31?

  8. Apakah daerah Jawa barat , kabupaten cianjur itu sudah ada dc lapangan nya ka untuk pinjaman singa.id?

  9. saya mendownload aplikasi singa.id dan mendaftar, tetapi tidak pernah melakukan pengajuan pinjaman. Hari berikutnya tiba2 ada dana masuk ke rekening saya, dan saya sudah adukan ke Cs singa.id bahwa saya tidak mengajukan pinjaman. Saya diminta membuat surat pernyataan di atas meterai dsb. Krn saya sibuk, saya belum membuat surat pernyataan dan saya pikir saya bayar saja sesuai angsuran, toh bunganya tidak banyak. Beberapa hari kemudian saya membayar angsuran pertama dan masih tersisa 1 kali angsuran (sejumlah bunga).
    di hari saya melakukan pembayaran pertama, beberapa jam kemudian ada sms yang memberitahukan bahwa dana sudah ditransfer ke rekening aktif. Saya merasa tidak mengajukan pinjaman, toh masih ada 1 kali angsuran yang blm saya bayar krn jatuh tempo masih beberapa hari. Setelah saya cek, tdk ada dana masuk di rekening saya, dan setelah saya konfirmasi melalui Cs, dikatakan bahwa rekening yg tertera di aplikasi sdh berubah, yaitu rekening Bank Nobu atas nama saya (rekening saya cuma 1, bank mandiri) dan tagihan terakhir saya ternyata sudah lunas.
    Saya melakukan pengaduan ke Bank Nobu dan membuat surat pernyataan bahwa tidak pernah membuat rekening di Bank Nobu, sesuai permintaan Bank Nobu. Apalagi di kota saya tdk ada cabang bank Nobu. Pihak singa.id menuntut saya untuk meminta bank nobu melakukan pengembalian dana kepada saya spy saya bisa membayar tagihan di singa.id yang sebenarnya tidak pernah saya ajukan.
    saat ini tagihan sdh jatuh tempo dan saya sdh diteror DC, walaupun pihak Cs berjanji akan membantu mengatasi masalah saya yang kemungkinan adalah peretasan akun, sementara pihak Bank Nobu terkesan lamban memberikan tanggapan.
    Apakah saya perlu lapor polisi? jika ya, apa saja yang perlu saya laporkan. mohon pencerahannya

  10. bang untuk daerah Blitar Jawa Timur apa sudah ada DC lapangan singa..saya sudah telat bayar 27 hari katanya mau ada DC datang k rumah..Karena usaha lagi down ini bang

  11. *PERINGATAN AGENDA TUTUP BUKU AKULAKU AKHIR BULAN*

    *Dengan Adanya Tutup Buku Akulaku Dan Penyerahan Data Ke OJK BI Checking* Jika Sampai Terhitung *30 MENIT* Dari Waktu Yang Sudah Ditentukan Belum Melakukan *PEMBAYARAN TAGIHAN ANDA* , Kami Anggap Anda Memang Sudah *MENGERTI* dan *PAHAM* Resiko *MENUNDA PEMBAYARAN ANDA*.

    Lakukan Pembayaran Jika Memang Anda Tidak Mau Kami Melakukan Empat Prosedur Dari *Bi Checking* Dan *OJK*

    *TERHITUNG 30 MENIT HARUS ADA PEMBAYARAN KAMI TUNGGU ITIKAD BAIK ANDA*

    *TIDAK MERESPON = BLACKLIST OJK DAN MENGHUBUNGI KONTAK DARURAT ANDA*
    kak apa benar untuk perihal diatas.. padahal baru telat 6hari

    • Kemungkinan benar kak. Soalnya kalau kita telat bayar satu hari saja sudah tercatat langsung ke SLIK OJK. Yang penting jangan mau kalau disuruh bayar diluar aplikasi Akulaku