Terima Somasi Pinjaman Online? Begini Cara Atasinya

Share dulu, dong!

Jika Anda saat ini mendapatkan surat somasi dari EasyCash, AkuLaku, Kredivo, Indodana, Kredit Pintar dan AdaKami, Apa yang Anda harus lakukan?

Pada pembahasan ini saya akan memberikan informasi sekaligus tips cara mengatasi jika Anda mendapatkan surat Somasi dari pihak pinjol.

Cara Mengatasi Somasi Pinjaman Online

somasi pinjaman online terbaru

Apabila Anda mendapatkan surat somasi salah satu aplikasi fintech, itu artinya Anda sedang mengalami telat bayar selama kurang lebih satu bulan.

Sekarang bagaimana sikap kita? Ini tergantung pada diri Anda sendiri. Apakah Anda ingin melunaskan segera dalam waktu tertentu (jangka pendek atau jangka panjang).

Dua hal ini memiliki perbedaan bagaimana cara kita bersikap. Kalau memang dalam seminggu lagi Anda akan punya uang, yang harus Anda lakukan adalah fokus terhadap pekerjaan Anda saja.

Jika Anda memperkirakan belum bisa membayar atau melunasi utang dalam jangka waktu pendek, apakah akan beralih ke jalur hukum?

Setelah somasi itu dilayangkan, maka biasanya para pinjol seperti Home Credit, Kredit Pintar dan lainnya akan mengunjungi Anda melalui pihak DC lapangan.

Sepengetahuan saya dan biasanya DC pinjol itu datang ke rumah biasanya bukan untuk meminta atau menagih utang. Tapi lebih tepatnya adalah menekan Anda supaya segera melakukan penulasan atas utang dari pinjol terkait.

Jadi, jika Anda mendapatkan Somasi pinjaman Online, maka siapkan diri Anda untuk menghadapi DC lapangan.

Anda tidak perlu takut dan kuatir soal somasi pinjol tersebut karena tidak akan berlanjut ke jalur persidangan atau pidana (kemungkinan kecil).

Jadi saran saya ketika Anda sudah mendapatkan somasi pinjaman online adalah tetap fokus dengan pekerjaan Anda. Lakukan perencana pembayaran untuk melunasi utang tersebut. Anda tidak perlu kuatir, takut dan cemas. Jangan karena adanya surat seperti ini Anda jadi stress dan tidak bisa melakukan aktivitas Anda.

Lain hal jika memang Anda (secara sengaja) galbay atau gagal bayar. Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan surat somasi pinjaman online tersebut.

Namun satu hal yang pasti, akan berdampak buruk yang besar jika skor kredit Anda buruk.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini sangat membantu untuk menangani surat somasi tersebut.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *