Apakah Tag WordPress Bagus untuk SEO?

Apakah tag WordPress bagus SEO atau tidak bepengaruh sama sekali? Tidak sedikit pengguna WP mempraktekkan pengguna fitur ini di dalam website mereka, tetapi tidak seperti yang Anda pikirkan.

Secara langsung, Tag WordPress sebenarnya tidak berpengaruh pada peningkatan SEO untuk halaman website. Akan tetapi, tag WordPress secara tidak langsung dapat meningkatkan upaya SEO Anda dalam beberapa upaya.

Pada artikel ini, saya akan mengeksplorasi cara menggunakan tag WordPress dengan benar, apa yang harus dihindari, dan bagaimana tag WordPress dapat membantu untuk meningkatkan strategi SEO.

Kategori & tag pada umumnya sama: kedua fitur ini membantu Anda mengatur konten Anda dan memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka inginkan. Secara umum, kategori dan tag memiliki tugas utama, yakni untuk organisasi internal. Mereka bisa membantu pengguna WP memfilter dan mengurutkan konten, serta dapat membantu pengunjung menemukan konten terkait yang sesuai dengan minat mereka.

SEO adalah masalah yang berbeda. Ada beberapa orang mengklaim tag WordPress penting untuk SEO on-page. Jadi, seberapa pentingnya tag untuk SEO? Dan bagaimana penggunaan yang tepat untuk tag WordPress sehingga SEO berjalan secara beriringan?

Apa yang Cocok untuk Tag WordPress?

Secara umum, WordPress memungkinkan Anda untuk mengatur konten menggunakan dua taksonomi utama: tag dan kategori. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu kategori bersifat hierarkis sedangkan tag itu tidak.

Kategori dapat memiliki beberapa subkategori yang dimasukkan ke dalam kategori induk. Sebaliknya, tag tidak memiliki struktur seperti itu. Akan tetapi, kategori dan tag memiliki tujuan yang sama: untuk mengatur konten situs web Anda.

Tag WordPress mempunyai cara untuk mengkategorikan posting Anda. Anda dapat menetapkan tag sebanyak mungkin ke postingan, dan tag tersebut membantu Anda menyusun konten. Tag juga dapat kita gunakan untuk membuat link antara postingan yang terkait.

Ketika pengunjung mengklik link tag, mereka akan diarahkan ke halaman yang menunjukkan semua posting lain yang telah ditandai dengan tag yang sama. Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong pembaca menjelajahi konten Anda yang lebih spesifik.

Secara umum, tag digunakan untuk mendeskripsikan postingan Anda, sedangkan kategori digunakan untuk mengelompokkannya. Anda dapat menganggap tag sebagai kata kunci yang membantu Anda mendeskripsikan konten Anda, sedangkan kategori seperti topik tentang konten Anda.

Contoh: Website Androkit ini membahas beberapa topik yang berbeda-beda seperti Smartphone, Aplikasi, Keuangan, Gaya Hidup, Game dan Blogging. Ini bisa kita masukkan ke dalam kategori topik. Tiap-tiap kategori tersebut memiliki artikel yang mana kita pasang tag yang berbeda-beda. Salah satu topik dengan kategori Blogging. Maka tag yang berkaitan dengan topik ini adalah: SEO, Template, Domain, hositng, dan lain-lain.

Tag WordPress sangat penting untuk mengatur situs web Anda dan memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari.

Oke, tapi apa kaitannya dengan SEO? Apakah Tag WordPress Membantu SEO, atau tidak sama sekali? Jawabannya adalah dua kali lipat.

Apakah Tag WordPress Membantu SEO? Antara Iya dan tidak

Sederhananya, jawaban singkatnya adalah tidak. Tag WordPress sendiri tidak menawarkan manfaat SEO apa pun. Faktanya, penggunaan tag WordPress yang berlebihan dapat menyebabkan situs web menjadi berantakan, mengurangi kegunaan, dan bahkan merusak SEO situs web Anda.

Merupakan suatu hal yang umum untuk kita percaya kalau tag WordPress itu membantu meningkatkan SEO Anda. Tetapi pada kenyataannya, keduanya memiliki dampak minimal pada peringkat pencarian. Faktanya, Rank Math bahkan tidak mempertimbangkan kategori atau tag sebagai faktor untuk skor SEO di halaman Anda.

Sekali lagi! Tujuan dari tag WordPress adalah untuk mengatur konten di situs Anda. Tag dapat membantu pengunjung menemukan konten tentang suatu topik yang masih berkaitan dengan topik sebelumnya. Menandai posting dengan kata kunci tidak meningkatkan peluang Anda untuk peringkat di Google untuk istilah pencarian tertentu.

Di sisi lain, Jika situs web Anda diberi tag dengan benar, pengguna akan dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih mudah, sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

Karena tag dapat membantu menurunkan rasio pentalan atau bounce rate, meningkatkan jumlah halaman yang dilihat, dan meningkatkan waktu rata-rata di situs web, tag secara tidak langsung dapat meningkatkan SEO pada halaman Anda sehingga menghasilkan peringkat yang lebih baik.

3 Cara Penggunaan Tag WordPress yang Bisa Meningkatkan SEO

Menambahkan tag WordPress ke posting Anda tidak akan secara langsung meningkatkan peringkat halaman website. Tapi, secara tidak langsung, bisa meningkatkan beberapa faktor kunci yang digunakan algoritme Google untuk menentukan peringkat halaman web.

Bounce Rate

Bounce Ratet itu terjadi ketika pengguna mendarat di situs web Anda dan memutuskan untuk pergi sebelum pergi ke tempat lain. Ada kemungkinan kecil bahwa pengguna mengklik tag meta dalam posting Anda, oleh karena itu dapat menurunkan rasio pentalan secara keseluruhan.

Semakin besar nilai Bounce Rate, maka semakin buruk nilai website Anda di mata Google dan begitu juga sebaiknya.

Waktu Rata-Rata Pengunjung

Rata-rata di situs mengacu pada waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna di situs web Anda yang meningkat jika misalnya, pengguna memutuskan untuk menavigasi tag posting Anda.

Tampilan Halaman Keseluruhan

Selain itu, jika pengguna menavigasi melalui situs web Anda dengan tag meta posting Anda, Anda dapat bertaruh bahwa tampilan halaman Anda secara keseluruhan akan meningkat juga (belum lagi pendapatan Adsense Anda).

Menggunakan tag WordPress baik-baik saja. Tag dapat membantu Anda mengatur konten dan membantu visitor menemukan informasi yang mereka butuhkan. Namun, penyalahgunaan tag dapat menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk dan akhirnya merugikan bagi SEO Anda.

WordPress membuat halaman arsip setiap kali Anda menambahkan tag. Jika Anda menggunakan praktek dengan menandai postingan di setiap variasi kata kunci target Anda, itu akan mengembangkan banyak halaman arsip. Kebanyakan dari mereka hanya akan berisi postingan tertentu. Itu tidak bagus! Itu akan membuat konten Anda tampak kecil.

Ini juga menciptakan pengalaman pengguna yang buruk bagi pembaca yang mengunjungi arsip tag tersebut untuk mencari konten terkait. Selain itu, ia menambahkan konten sampah yang kemungkinan akan dianggap berkualitas rendah oleh Google.

Masalah konten duplikat juga dapat terjadi secara signifikan jika kategori Anda tumpang tindih dengan tag Anda. Saya sangat merekomendasikan menjaga penggunaan tag seminimal mungkin.

Cara Menghindari Masalah SEO Terkait Tag WordPress

Ini adalah cara yang saya ambil untuk membuat tag WordPress saya SEO-friendly. Ingat, tujuannya adalah menggunakan tag dengan benar agar tidak berdampak negatif pada upaya SEO Anda.

Baca: 5 Rank Tracker Tool Terbaik buat SEO Website

Bedakan Antara Kategori Dan Tag

Biasanya berbahaya untuk membuat kategori dan tag untuk istilah yang sama. Anda dapat menggunakan tag dan kategori di website, namun, berikut adalah pendekatan umum: Gunakan kategori untuk kategorisasi yang luas (misalnya, “WordPress”) dan tag untuk subjek yang lebih spesifik/granular (misalnya, “Plugin” atau “Theme”).

Sistem ini akan memastikan bahwa taksonomi Anda terorganisir dengan baik dan berharga bagi pembaca Anda. Hindari menduplikasi kategori dan tag WordPress Anda.

Setting Noindex Arsip Tag

Sepertinya Anda tidak perlu mengindeks arsip tag Anda oleh mesin pencari kecuali Anda memiliki alasan yang baik. Jika Anda tidak memiliki plugin Rank Math, saya sangat merekomendasikan. Rank Math membuat pengindeksan arsip tag Anda menjadi sangat mudah.

Saya juga membuka jasa instal Rank Math Pro (tahunan). Apabila Anda ingin menerapkan di website Anda, silahkan hubungi saya:

Jika Anda menggunakan Rank Math, silahkan pergi ke Rank Math > Titles & Meta > Tags dari dashboard WordPress Anda.

Di bawah Tag Archives Robots Meta, centang No Index.

Silahkan Gunakan Tag yang Benar-Benar Anda Butuhkan

Sebagai Kesimpulan: Meskipun setiap posting WordPress harus dikaitkan setidaknya dengan satu kategori, tidak ada kewajiban untuk menggunakan tag. Bahkan, Anda harus menggunakan tag jika Anda yakin keduanya akan membantu visitor menavigasi situs Anda.

Jika penggunaan tag hanya menambahkan kekacauan ke situs web, maka Anda dapat melewatinya. Serius, jangan gunakan tag hanya karena Anda pikir sangat bagus untuk SEO. Tidak memiliki tag tidak apa-apa!

Bagikan:

Tinggalkan komentar