Lompat ke konten

Solusi: Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo pake Materai

solusi tanda tangan gagal bayar di kredivo
Bagikan informasi ini

Apakah baru saja Anda dipaksa untuk tanda tangan gagal bayar di Kredivo dengan menggunakan materai perjanjian? Atau Anda juga dipaksa ke kantornya untuk menyelesaikan permasalahan terkait utang-piutang?

Informasi penting buat Anda! Kalau ada yang ngaku-ngaku sebagai DC lapangan Kredivo, silahkan cek dulu dan pastikan mereka bukan penipu yang mengatasnamakan Kredivo.

Lalu, kalau Anda disuruh tanda-tangani semacam surat perjanjian dengan dilampirkan materai, cek dan baca dulu surat tersebut. Apabila isinya adalah perjanjian pelunasan dan ada hal-hal yang memberatkan Anda, jangan mau ditandatangani sekalipun pake materai.

Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo

Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo
Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo

Tetapi kalau Anda disuruh ke kantor Kredivo, lalu dibuatkan surat pernyataan kapan waktu yang tepat untuk pelunasan dengan menggunakan materai, bagi saya itu tidak masalah.

Ini adalah urusan antara ke dua belah pihak, yaitu Anda dan Kredivo. Artinya tidak ada unsur ancaman masuk penjara. Kalau ada DC yang mengatakan demikian, itu artinya mereka menakuti Anda. Mereka mau Anda takut dan secara terpaksa membayar utang dengan cara apapun.

Tapi ya, namanya juga utang ya harus dibayar atau lunasi. Namanya juga unsur perdata, Anda harus menandatangani surat tersebut . Tapi Anda harus baca dulu isi surat pernyataannya.

Apa yang Harus Anda Lakukan

Jika isi suratnya tentang penegasan waktu pelunasan atau perjanjian pelunasan, maka Anda tidak perlu takut. Apabila Anda janjinya tanggal 12, dan ternyata Anda meleset, itu juga tidak jadi masalah (maksud saya tidak akan masuk penjara).

Baca: Kredivo Digunakan Orang Lain? 4 Tips dan Cara Mengatasinya

Solusinya Bagaimana?

Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo 2
Solusi Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo

Setidaknya ada tiga solusi yang akan saya berikan.

  • Pertama, Coba konsultasikan kepada pihak penagih tentang terbaik tentang utang tersebut. Apakah bisa di cicil selama waktu yang disepakati misalnya dalam waktu sebulan Anda bisa membayar/mencicil Rp100.000.
  • Kalau tidak bisa, pilihan lainnya adalah pinjam uang ke keluarga, atau teman. Katakan kalau Anda akan melunasi uang itu dengan cara cicil. Lalu Anda lunasi semua utang yang ada di Kredivo, dan Anda tinggal cicil uang dari teman Anda.
  • Cara terakhir. Ini bukanlah rekomendasi yang baik dari saya. Tapi, jika Anda sudah tidak punya solusi lain lagi, mungkin ini bisa Anda pertimbangkan. Solusinya yaitu gagal bayar di pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK. Ada beberapa aplikasi pinjol ilegal yang mana dananya bisa cair langsung ke rekening. Tapi ada beberpa pertimbangan seperti bunga dan tenornya yang besar/singkat (7 hari) dan berbagai risiko lainnya. Klik di sini untuk mengetahui Terlanjur Daftar di Pinjol Ilegal? Risiko dan Solusi.

Catatan untuk poin 3: Kalau ada pinjol ilegal yang mana Anda diwajibkan untuk bayar keanggotaan sebelum dana pinjamnya di transfer, lebih baik tutup aplikasinya dan hapus. Karena jelas ini adalah penipuan.

Baca: Daftar Review Pinjol Ilegal

Salah satu contoh aplikasi pinjol ilegal yang bisa cair adalah Dana Sayang dan Kredit Berlian.

Sekali lagi, saya tidak menyarankan mengikuti solusi nomor 3 karena faktor kemanan pribadi. Tapi kalau Anda ingin mencobanya, amankan daftar kontak terlebih dahulu, hapus aplikasi penting dan pindahkan file seperti gambar dan video Anda.

Semoga artikel ini membantu untuk mencari solusi Tanda Tangan Gagal Bayar di Kredivo pake Materai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top