Tanya Jawab Tunaiku Soal TTD Kontrak dan Pencairan Dana

Share dulu, dong!

Episode kali ini, Androkit akan membuat artikel tentang tanya jawab Tunaiku tentang prosedur pencairan pinjaman di aplikasi Tunaiku.

Buat Anda yang belum tahu soal aplikasi pinjol Tunaiku, singkatnya adalah sebuah aplikasi fintech pinjaman online yang berani memberikan pinjaman tunai sebesar 20juta dengan tenor sampai 20 bulan.

Berbeda dari beberapa pinjaman online lainnya (bandingkan dengan pinjaman online lainnya) , Tunaiku dikelola oleh bank menengah yang ada di Indonesia yaitu Bank AMAR.

Keuntungan Pinjam Uang di Tunaiku

Tanya Jawab Tunaiku Soal TTD Kontrak dan Pencairan Dana
  • Biaya suku bunga pinjaman jauh lebih rendah,
  • Tingkat keamanan data yang berbasis fintech lending.

Tetapi, kalau mau pinjam di Tunaiku, itu prosedurnya lebih ketat dan lebih sulit untuk di ACC. Tapi menurut saya itu sesuailah dengan suku bunga pinjaman yang rendah.

Namun jangan kuatir, agar lebih mudah saat pengajuan pinjaman online, Anda bisa gunakan kode refferal ANDROKIT (huruf besar) atau langsung ke halaman pengajuan dengan link di bawah ini:

FAQ Tanya Jawab Tunaiku

Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan tanya jawab soal pinjaman di Tunaiku. Tapi saya akan batasi dengann fokus dua hal:

  • Soal Tanda tangan Kontrak, dan
  • Tentang pencairan dana Tunaiku

Dimana Proses Tanda Tangan Kontrak Tunaiku Berlangsung?

Untuk pinjam uang di Tunaiku itu agak berbeda dengan aplikasi fintech lainnya yang mana 100% semua dilakukan secara online.

Berbeda dengan Tunaiku. Kita harus menandatangani sebuah surat kontrak. Proses tanda tangan kontrak Tunaiku bisa dilakukan di rumah atau di tempat kerja (pilih salah satu).

Sebelum proses tanda tangan kontrak berlangsung, Anda harus siapkan e-KTP dan buku tabungan Anda. Kenapa? Karena nanti kurirnya akan melakukan verifikasi identitas (bukan survey).

Bagaimana jika tidak punya buku tabungan?

Gampang, Anda tinggal tunjukkin saja aplikiasi m-Banking yang memuat nomor rekening dan nama pemilik rekening Anda. Pastikan, nama pemilik rekening itu harus sama dengan KTP Anda, ya.

Apakah Ada Proses Survei di Tunaiku?

Seperti yang sudah saya sampaikan, Ketika petugas kurir Tunaiku itu datang ke rumah atau ke kantor Anda, dia tidak akan melakukan cek tanya-tanya atau survey data Anda. Dia hanya berkunjung saat penyerahan kontrak pinjaman untuk ditadatangani.

Hanya butuh e-KTP kita saja untuk verifikasi apakah yang dia cari itu adalah orang yang sesuai dengan data?

Kapan Tanda Tangan Kontrak Tunaiku Berlangsung?

Memang tidak ada penjelasan yang jelas dari pihak Tunaiku. Tapi saya akan jawab di sini.

Ketika kita sudah mengajukan pinjaman di Tunaiku melalui aplikasi, maka mereka akan melakukan cek data pengajuan kita. Setelah berhasil dan sudah mendapatkan besar pinjaman yang akan kita terima, selanjutnya kita masuk ke dalam jadwal tanda tangan kontrak dengan waktu yang kita tentukan dengan maksimal dua minggu sejak di ACC.

Jika lebih dari dua minggu sejak pengajuan di ACC, maka Tunaiku berhak untuk membatalkan pinjaman.

Setelah TTD Kontak, Apakah Uang Akan Langsung Cair?

Sayangnya, setelah kita tanda tangani surat kontrak pinjam uang di Tunaiku, pencairan belum dilakukan di hari itu juga. Mereka akan melakukan pengecekkan kembali semua perlengkapan data dokumen yang sudah kita ajukan.

Apabila masih ada dukumen yang kurang, maka meraka akan memintanya kembali untuk melengkapi semua yang mereka perlukan. (bisa saja pengajuan kita akan ditolak walaupun kita sudah tanda tangani)

Oleh sebab itu, pastikan semua data yang kita input itu sudah benar semuanya.

Berapa Lama Proses Pencairan di Tunaiku?

Berapa Lama Proses Pencairan di Tunaiku

Lamanya pencairan yang akan masuk ke rekening menurut sumber dari Tunaiku yaitu sekitar 1-4 hari.

Jika lewat dari empat hari dan belum ada pencairan, Anda bisa langsung menghubungi CS Tunaiku lewat e-mail.

Salah satu kekurangan Tunaiku adalah Tidak ada call center yang bisa ditelpon, mereka hanya bisa dihubungi melalui email tanya@amarbank.co.id

Apakah Harus Buka Rekening ketika Pinjam di Tunaiku?

Jawabannya adalah tidak. Walaunpun Tunaiku ini dikelola oleh pihak bank AMAR, kita tidak harus memiliki rekening bank AMAR.

Kita bisa minta pihak Tunaiku untuk ditransferkan ke bank apapun yang berlaku di Indonesia kecuali cair ke Dana, OVO atau e-wallet lainnya.

Apakah Di Tunaiku Bisa Pinjam Lebih Dari Satu Kali?

Jawabannya tidak bisa. kita hanya bisa pinjam satu kali sampai pinjaman terakhir kita lunas, kita bisa ajukan kembali.

So, sebelum Anda mengajukan pinjaman uang di Tunaiku, Anda harus pikirkan berapa dana yang harus Anda butuhkan. Kalau butuhnya 5juta, langsung saja ajukan 5 juta. Jangan setengah-setengah karena Tunaiku sifatnya bukan limit, tapi pinjaman yang langsung cair.

Daerah Mana Saja Yang Dapat Diakses oleh Tunaiku?

Berikut di bawah ini adalah tebel area layanan Tunaiku:

JawaJakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung Raya, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gresik, Sidoarjo, Surabaya dan malang
SumateraMedan, Binjai, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu.
Kota LainnyaDenpasar, Bandung, Makasar, Gowa, Maros, Gianyar, dan Samarinda

Penutup (Tanya Jawab Tunaiku)

Sebagai penutup, saya mau memberikan beberapa alternatif pinjaman online lain yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan jika nanti suatu saat pengajuan Tunaiku ditolak.

Beberapa diantaranya adalah:

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

10 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. mas saya kmrn apply pakai alamat kantor lama, itu gimana ya? apa kontrak ttp di kirim kesana? trus org kantor ditanya2? soalnya dulu sempat pinjam waktu di kantor sblm nya, blm di rubah kmrn cmn sdh di approve,