4 Tempat Pinjam Modal Usaha Alternatif Pilihan

Saat ini Anda sedang kebingunan dan tidak tahu tempat pinjam modal usaha tanpa menggunakan agunan atau jaminan. Yaps! Sekarang pada kesempatan ini saya akan bagikan tempat atau perusahaan non bank yang bisa kita ajukan untuk melakukan pinjaman modal.

Buat teman-teman yang saat ini baru mulai atau ingin melanjutkan usaha baik secara online (buka toko di TikTok) maupun offline dengan menambahkan suntikan modal dan dengan adanya artikel ini dapat membantu menemukan tempat yang cocok untuk Anda melakukan pengajuan pinjaman.

4 Tempat Pinjam Modal Usaha Alternatif Pilihan

Perlu teman-teman ketahui, tempat pinjaman modal usaha ini merupakan cara alternatif selain menggunakan KUR yang merupakan program dari pemerintah.

Kita tau sendiri, banyak orang sebagai pelaku usaha lebih memilih pinjam uang untuk modal usaha melalui program KUR. Tapi tidak salah bila kita coba menggunakan cara alternatif tempat pinjam modal usaha.

Yuk, kita langsung saja ke topik:

1. UMi (Kredit Ultra Mikro)

Yang pertama, tempat yang mana bisa ajukan pinjaman uang untuk modal usaha tanpa agunan atau jaminan adalah UMi.

UMi merupakan program yang dikhususkan untuk wirausaha yang menengah ke bawah atau bisa dikatakan usaha kecil.

Bagi teman-teman yang saat ini ditolak ajukan pinjaman untuk modal usaha melalui program KUR karena mungkin kurang memenuhi syarat, UMi merupakan alternatif atau solusi tepat.

Saat ini ada tiga lembaga non keuangan yang menyalurkan pendanaan UMi:

  • PT. Pegadaian
  • PT Permodalan Nasional Madani
  • PT Bahan Arta Ventura

Bersumber dari https://www.kemenkeu.go.id/umi, Kita bisa mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha maksimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dengan bunga dua hingga empat persen selama setahun dalam jangka maksimal 4 tahun.

2. Koperasi

Yang kedua tempat pinjam modal untuk usaha selain KUR adalah Koperasi. Perlu teman-teman ketahui, ada beberapa manfaat atau keuntungan meminjam uang di koperasi untuk modal usaha tanpa jaminan. Salah satunya adalah adanya saling tolong menolong untuk mewujudkan kesejahteraan antar sesama anggotanya.

Koperasi merupakan sesuatu kumpulan beberapa orang atau suatu badan hukum koperasi yang telah bergabung mendirikan usaha secara bersama-sama untuk kepentingan semua anggota, saling tolong-menolong dan juga memberikan manfaat yang besar bagi semua anggota Koperasi.

Jangan kuatir bila Anda butuh dana cepat. Karena di Koperasi sudah bisa mencairkan uang untuk modal usaha pada hari Anda mendaftar menjadi anggota.

3. Kupedes BRI

Tempat Pinjam Modal Usaha
pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan. Foto: bri.co.id

Pada umumnya, jenis pinjaman yang dikeluarkan oleh BRI ini mirip sekali dengan KUR.

Mengenai pinjaman, Kupedes BRI ini dapat kita pinjam hingga Rp100.000.000 atau seratus juta rupiah dengan jangka waktu maks. 10 tahun.

Yang uniknya, pinjaman Kupedes BRI ini tidak hanya ditujukan kepada para pengusaha atau UMKM saja, tetapi juga untuk keperluan konsumtif namun dengan catatan teman-teman harus memiliki usaha.

4. KTA Online / P2P Lending

Tempat Pinjam Modal Usaha
P2P, tempat pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan

Yang terakhir tempat pinjaman pinjam modal usaha adalah jenis pinjaman P2P Lending (peer to peer lending).

P2P Lending adalah sebuah wadah atau layanan proses pinjam-meminjam uang antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman.

Salah satu kelebihan P2P Lending adalah mudahnya mengakses dan pengajuan pinjaman secara online atau tanpa bertatap muka.

Contoh perusahaan P2P yang ada di Indonesia:

  • Investree
  • Amartha
  • KoinWorks
  • AsetKu
  • KreditPintar
  • Danamas
  • dan lain-lain.

Untuk jumlah besar pinjaman itu tergantung setiap kebijakan perusahaan masing-masing. Bahkan ada yang bisa pinjaman dengan maksimal 100juta dan tanpa agunan atau jaminan apapun.

So, bagi Anda yang kesulitan pinjam modal usaha di KUR, P2P lending bisa menjadi alternatif untuk memulai atau melanjutkan usaha Anda.

Semoga artikel ini “pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan” dapat membantu teman-teman menemukan tempat yang cocok mengajukan pinjaman untuk modal usaha Anda. Saya sebagai admin selalu mendoakan teman-teman supaya apapun usaha yang Anda kerjakan akan dilancarkan oleh Tuhan dan tentunya mendapatkan penghasilan yang baik.

Salam Sukses!

Hendri
Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Articles: 738

Apabila Anda memiliki pertanyaan, kritik, atau saran mengenai artikel ini, silakan mengisi formulir komentar yang telah kami sediakan. Sebelum komentar Anda ditampilkan di sini, kami akan meninjau komentar tersebut terlebih dahulu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *