Terlanjur Daftar di Pinjol Ilegal? Risiko dan Solusi

Share dulu, dong!

Risiko Terlanjur Daftar di Pinjol Ilegal dan solusinya – Mungkin saat ini Anda sedang mengalami atau baru sadar bahwa platform yang Anda ajukan untuk pinjam uang adalah aplikasi pinjaman online ilegal. Karena sudah terlanjur Anda berikan semua data pribadi Anda seperti foto KTP, foto Selfie, dan data lengkap lainnya.

Anda pasti bertanya-tanya. Apa yang akan terjadi apabila saya sudah terlanjur memberikan data pribadi lengkap ke pinjol ilegal? Apa saja risikonya? dan apa yang harus saya lakukan?

Ternyata banyak dari kita saat ini belum menyadari bahwa aplikasi yang dia gunakan adalah aplikasi fintech yang belum terdaftar di OJK. Akhirnya, ketika menunggu pengajuan, ternyata pengajuannya ditolak dengan alasan yang tak jelas. Dana tidak cair, data pribadi Anda sudah mereka dapatkan secara instan.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan risiko yang akan terjadi apabila sudah terlanjur daftar di pinjol ilegal atau sudah memberikan data pribadi ke pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK.

Risiko Jika Data Pribadi Terlanjur Daftar di Pinjol Ilegal

Ketika Anda download dan instal aplikasi tersebut, kemudian Anda mengisi formulir pengajuan pinjaman dana, maka itu artinya seluruh data pribadi Anda sudah terekam di database mereka.

Dengan begitu mereka secara penuh dapat menggunakan data Anda untuk keperluan mereka.

Apa yang akan mereka lakukan terhadap data pribadi kita?

Tentunya akan menyalahgunakan dengan tujuan mencari keuntungan besar. Bisa saja mereka akan mencoba untuk mengajukan pinjaman online di platform lain atas nama Anda. Atau berpura-pura sebagai DC lapangan dan menagih utang kepada Anda. Namun yang pastinya data Anda bisa saja dijual ke orang-orang tertentu untuk bisnis mereka.

Baca di sini: review aplikasi pinjol ilegal

Lalu Bagaimana Solusinya?

Hal yang saya sebutkan di atas bisa saja terjadi. Maka dari sini saya akan berikan beberapa upaya sebagai bentuk kewaspadaan Anda terhadap tindakan kejahatan ini.

Cek Secara Berkala Terhadap Aplikasi Pinjol Lainnya. Kemungkinan mereka akan mencoba untuk melakukan pengajuan pinjaman di aplikasi yang lain. Jadi, jika saat ini Anda punya aplikasi fintech lainnya seperti AkuLaku, Julo, Kredivo dan sebagainya, lakukanlah pengecekkan secara berkala. Pastikan tidak ada tagihan yang sama sekali bukan Anda yang pinjam.

Tutup Secara Permanen Aplikasi Pinjol Lainnya. Anda bisa lakukan cara ini apabila Anda memang sudah tidak menggunakan lagi aplikasi pinjaman online lainnya. Anda bisa menghubungi CS bersangkutan baik melalui email maupun telepon dan katakan bahwa ingin dihapus semua data diri saya dan hapus akun secara permanen.

Data Pribadi Di Pakai untuk Pinjol

Lantas bagaimana jika ada data pribadi sudah pakai untuk pinjaman online padahal kita tidak melakukannya?

Ketika Anda cek di pinjol yang lain ternyata ada pinjaman yang mengatasnamakan nama kita, maka solusinya adalah segera menghubungi pihak aplikasi terkait. Katakan pada CS nya bahwa Anda ingin mengkarifikasi soal pinjaman tersebut sebesar (sebutkan besarannya, tanggal pinjaman).

Tetapi, seperti yang sudah-sudah, biasanya hal ini akan tidak ditanggapi oleh pihak aplikasi fintech terkait.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Coba Anda tanyakan kepada mereka, metode transaksi pencairan dana melalui apa? atas nama rekening siapa?

Supaya Anda lebih tahu, bahwa peraturan OJK adalah dilarang mencairkan dana ke rekening berbeda. Artinya jika nama pengajuannya adalah JOKO A, maka nama rekeningnya juga harus JOKO A. Hal ini Anda harus tanyakan ke pihak pinjol tersebut.

Menerima Pesan Chat dari DC Lapangan padahal Tidak Pernah Pinjam

Hal ini bisanya sering terjadi kepada kita semua. Saya yakin pasti Anda pernah mengalaminya.

Jadi dia berpura-pura sebagai DC Lapangan yang mana Anda telah telat bayar dengan denda yang fantastis. Lalu mereka mengancam Anda dengan akan melakukan sebar data ke teman-teman, kerabat, keluarga, tetangga dan sebagainya.

Kalau Anda sedang mengalami hal seperti ini, Anda tidak perlu takut dan jangan bayar. Silahkan blokir terus semua kontak-kontak yang mengatasnamakan DC Lapangan yang memang tidak tahu / tidak terkait.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya ada tagihan dikredit berlian 1.800.00 tp sdh saya bayarkan.sehari setelah saya bayar lewat aplikasi kredit berlian knpa masih ada yg saya msih ditagih dngan alasan pembayaran saya tdk terbaca disistemnya pdahal diaplikasi sdh tertera dan dinyatakan lunas.
    Jadi bgmna mohon bantuanya

  2. Pagi
    Maaf mau info lebih jelas nih, Apakah benar kalau Pinjol Ilegal itu kalau blm bisa di bayar tidak apa apa2? maksud nya tidak akan ada dc lapangan? mereka sdh chat saya berkali2.. tp memang blm ada dana buat bayar gara2 salah klik jatuh tempo hanya 7 hari

    Terima kasih

    • Pagi,…
      Apakah benar kalau Pinjol Ilegal itu kalau blm bisa di bayar tidak apa apa2? Tidak apa-apa. Lebih baik jangan dibayar.
      maksud nya tidak akan ada dc lapangan? Tidak ada DC Lapangan.
      Pinjol Ilegal adalah penipuan. Jangan mau jadi boneka mereka!