Tips Memilih Emulator Android Ringan untuk PC Kentang

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang aplikasi windows yang menjalankan OS Android di PC atau Laptop. Saya akan judul artikel ini “Tips Memilih Emulator Android Ringan” yang bagus untuk kamu yang masih menggunakan memori < 4Gb

Seperti yang kita ketahui, hampir para developer aplikasi emulator android selalu memberikan update terbaru demi meningkatkan performa dan fitur-fitur terbaru dan tercanggih.

Setiap saat mereka harus mengingkatkan kualitas aplikasi emulator android dengan mengikuti perkembangan OS Android. Dengan begitu, perangkat juga harus meningkatkan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan suatu aplikasi.

Emulator Android Ringan

Tips Memilih Emulator Android Ringan untuk PC Kentang 2GB

Waktu itu saya sedang mencari sebuah aplikasi Emulator Android untuk laptop saya. Laptop saya kebetulan menggunakan spek kentang, 2Gb.

Lalu saya cari di Google Searching rekomendasi para blogger tentang aplikasi emulator Android yang bagus dan yang ringan. Cocok untuk laptop dengan kapasitas kentang seperti PC yang saya gunakan sekarang.

Ada beberapa aplikasi emulator terkenal yang saya pasang di laptop saya. Seperti Droid4x, MEmu Play, NOX Player, KOplayer, dan BlueStack. Saya coba dan kamu tahu apa hasilnya?

Semuanya terlalu berat dan hampir tidak bisa berjalan dengan lancar. Kadang-kadang aplikasi emulator Android-nya not responding dan akhirnya aku hapus aplikasi tersebut. Mungkin kamu juga mengalami hal yang sama.

Saya coba lagi cari di Google dan hasilnya sama saja.

Dan pada akhirnya saya mencoba dengan trik menggunakan aplikasi emulator Android dengan versi jadul.

Di sini saya coba menginstal emulator KOplayer dan NOX. Kedua aplikasi tersebut saya instal bersamaan di Laptop atau PC saya.

Berikut deskripsi detail Koplayer dan NOX:

KOplayer:
Versi: KOplayer 1.4.1056
Rilis: 26 Juni 2018
Besar Kapasitas: 377 Mb
Download KOplayer

NOX:
Versi: 6.0.1.1
Rilis: 3 Januari 2018
Besar Kapasitas: 287 Mb
Download NOX
Tampilan KOplayer
Tampilan NOX

Emulator Android Ringan – Kedua aplikasi Emulator Android ini, Koplayer dan Nox sama-sama ringan dan bisa menjalankan aplikasi di play store. Saya rekomendasikan kedua aplikasi ini sebagai aplikasi emulator Android pilihan yang ringan dan enteng di PC kentang.

Apakah Emulator Android ini bisa digunakan untuk main game seperti Mobile Legends, FF, PUBG?
Kalau untuk game-game besar seperti ML, PUBG, FF atau Game besar lainnya itu semua terlalu berat dilakukan. Tapi kalau game-game kecil, aplikasi emulator Android ini masih bisa digunakan.

Emulator Android Masih Berat Dijalankan

Kalau kamu jalankan kedua aplikasi KOPlayer maupun NOX dan masih berat dijalankan, Tips cara memilih Emulator Android Ringan lainnya adalah coba kamu gunakan kedua aplikasi yang versi lama. Coba gunakan versi tahun 2016. Seperti NOX versi 6.0.0.1 tahun 2017

Itulah beberapa tips Pilih Emulator Android Ringan dengan menggunakan komputer kentang. Apabila ada kendala atau pertanyaan bisa tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Leave a Comment