Apakah UKU Sebar Data? Info Pengalaman Galbay Terbaru

Share dulu, dong!

Apakah UKU Sebar Data atau Tidak? Telat bayar atau gagal bayar pinjaman online merupakan salah satu hal yang tidak kita inginkan. Namun, terkadang salah satu penyebab kita belum bisa melakukan kewajiban kita sebagai peminjam adalah masalah finansial atau keuangan pribadi yang tidak stabil.

Kemarin kita sudah membahas tentang DC Lapangan UKU. Sekarang, mari kita bahas topik atau permasalahan yang sama, namun secara spesifik kita bahas soal penyebaran data yang dilakukan pinjol tersebut.

Apakah benar UKU bakalan melakukan sebar data kita?

Mari kita bahas sekarang!

Apakah UKU Sebar Data atau Tidak?

APakah UKU Sebar data atau tidak
Apakah UKU Sebar Data

Apakah aplikasi pinjaman online UKU bakalan melakukan sebar data pribadi ketika galbay? Jawabannya adalah TIDAK akan pernah. Karena jika mereka melakukan penyalahgunaan data seperti:

Baca dicari: Gestun Tokopedia Card bisa Tarik Tunai dengan Mudah

  • Cerita fitnah tentang diri Anda di media sosial,
  • Membeli barang dan dikirimkan langsung ke rumah Anda dengan sistem COD dari marketplace atau order makanan lewat ojek online
  • Menagih hutang Anda ke luar kondar, maka mereka telah melanggar aturan OJK dan UU ITE.

Segera laporkan ke pihak OJK!

contoh kasus penagihan pinjaman online

Apa hukumannya jika pinjol UKU melanggar aturan OJK dalam hal ini sebar data pribadi? Hukumannya adalah denda administratif bahkan hingga masuk ke dalam pidana.

Bagaimana cara melaporkan Debt Collector UKU jika memang terbukti melakukan pelanggaran sebar data? Anda bisa baca artikelnya di sini atau kirim pesan ke waspadainvestasi@ojk.co.id

Izin Aplikasi

Perlu Anda ketahui bahwa berdasarkan aturan OJK, aplikasi fintech lending hanya diperbolehkan mengakses 3 jenis izin aplikasi:

  • Lokasi
  • Mic
  • Kamera.

Yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana debt collector tahu semua daftar kontak kita sedangkan kita tidak pernah mengizinkan akses kontak? Jujur, untuk pertanyaan ini Androkit.com belum bisa menjawab. Kami menduga bahwa ada kemungkinan besar mereka mengubah izin akses aplikasinya tanpa sepengetahuan kita. Sehingga UKU dapat menyalin semua data daftar kontak kita.

Apakah UKU Ada DC Lapangan jika Gagal Bayar?

UKU ada DC Lapangan tidak?
gagal bayar di UKU, apakah Ada DC lapangan?

Sebelum itu kami sudah membahasnya tentang DC Lapangan UKU di artikel terpisah. Intinya adalah UKU belum ada debt collector lapangan yang akan berkunjung ke rumah Anda. Namun, bisa saja ke depannya mereka sudah punya DC ke lapangan. Oleh sebab itu, Anda terus berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi terupdate soal DC Lapangan atau gagal bayar di pinjol lainnya.

Jika Telat Bayar, Berapa Biaya Keterlambatannya?

Di setiap pinjol memiliki biaya denda yang berbeda-beda. Namun, berdasarkan informasi dari website resminya, jika Anda telat bayar, maka Anda akan dikenakan biaya pinalti atau denda keterlambatan sebesar 0.8% (Maksimal) per hari dari total tagihan.

Baca lebih lanjut: Aplikasi Pinjol Cair Ke Dana dan OVO Tanpa Rekening Bank

Apa Resiko Jika Tidak Bayar di UKU?

UKU adalah aplikasi layanan fintech lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor S58/NB.213/2019 dan merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Baca juga: 10 Cara Dapat Uang Lewat Canva

Anda akan mengalami beberapa risiko jika mengalami telat bayar atau gagal bayar di aplikasi UKU seperti:

  • Bunga semakin bertambah dan ini akan menjadi sulit untuk melunasi hutang Anda.
  • Skor Kredit semakin memburuk sehingga Anda tidak bisa mengajukan pinjaman di periode berikutnya.
  • Anda akan terus ditagih oleh pihak DC UKU lewat telepon, SMS dan Chat Pribadi WhatsApp dan lain-lain sehingga ini akan mengganggu mental dan aktivitas Anda.
  • Apabila Anda tidak merespon atau mengabaikan panggilan atau chat dari pihak penagih, besar kemungkinan mereka menghubungi kontak darurat.

Galbay UKU, Apakah Masuk SLIK OJK?

Dari beberapa pengalaman kami, walaupun UKU adalah pinjol legal dan kita gagal bayar atau telat bayar di aplikasi ini, data pinjaman Anda tidak akan masuk atau tercatat di SLIK OJK.

Rekomendasi dari Androkit

Yang namanya utang tetaplah utang dan segera dibayar (kecuali pinjol ilegal). Tapi, kalau belum ada dananya, jangan dipaksakan gali lobang tutup lobang.

Buat Anda yang saat ini sedang gagal bayar UKU dan bingung untuk mengatasinya, kami punya rekomendasi dan mudah-mudah ini bisa menjadi solusi terbaik Anda.

Coba Anda tanyakan kepada pihak penagih online UKU (desk collection) tentang program keringanan hutang seperti diskon atau potongan biaya keterlambatan. Saya percaya, mereka pasti punya program ini dan biasanya mereka sendiri yang menawarinya jika telat lebih dari 1 s/d 3 bulan.

Menghasilkan Uang Lewat Pinjol

Ternyata masih banyak orang mengira bahwa aplikasi pinjol legal hanya digunakan untuk meminjam uang. Namun pada kenyataannya, Anda bisa menghasilkan uang tanpa harus mengajukan pinjaman.

Cara mendapatkan uang tanpa pinjam di pinjol legal adalah dengan cara mengundang orang lain untuk bergabung, daftar dan menggunakan limit pinjaman. Untuk mengundang orang lain harus menggunakan kode undangan atau link referral kita. Ketika mereka daftar dan berhasil mengajukan pinjaman, maka secara langsung Anda akan mendapatkan imbalan.

Namun pertanyaanya adalah, aplikasi apa saja yang ada fitur ajak teman?

Pertanyaan Populer

Apakah UKU Sebar Data?

UKU merupakan salah satu pinjol legal yang terdaftar di OJK dan AFPI. Tentunya hal ini tidak dibenarkan/diperbolehkan karena telah melanggar aturan main AFPI dan OJK.

Apakah UKU ada DC Lapangan?

Update terbaru, UKU belum ada DC Lapangan ke rumah.

Kesimpulan: Apakah UKU Sebar Data?

Setelah kita membaca dan memahami artikel ini, maka kami yakin bahwa Anda sudah menemukan jawabannya.

Perlu Anda ketahui bahwa Kontak darurat adalah data yang digunakan apabila mereka kesulitan menghubungi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat! jangan lupa berikan tanggapan atau pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *