Tool SEO Youtube yang mampu membantu mengoptimasikan konten video Anda sehingga berpeluang mendapatkan trafik yang lebih baik

Ukuran dan Format Thumbnail YouTube yang Ideal (+ Tips Ketajaman)

Bagikan:

Jika Kamu ingin membuat sebuah thumbnail di YouTube, Maka kamu harus menguasai cara membuat thumbnail yang bagus untuk video Sobat.

Tetapi, sebelum dapat membuat thumbnail yang akan membuat orang penasaran dan mengklik video Kamu, Maka Sobat harus membuatnya dengan ukuran yang sempurna.

Berapa sih ukuran thumbnail YouTube yang ideal? Resolusi gambar mini YouTube (Thumbnail) yang disarankan adalah 1280 x 720 piksel. Ukuran file harus di bawah 2MB. Terlepas dari resolusinya, rasio terbaik untuk thumbnail YouTube adalah 16/9. Buat gambar mini Anda dengan resolusi yang disarankan – jangan naikkan atau turunkan.

Meskipun Kamu meng-upload gambar mini dengan resolusi serendah 640 x 360 piksel, itu merupakan bukan ide yang bagus. Thumbnail Kamu akan ditampilkan di tempat-tempat/platform di mana video Sobat memerlukan resolusi tambahan.

Juga, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika Sobat ingin menambahkan teks ke thumbnail Kamu. Dan Kamu ingin memastikan gambar terlihat tajam.

Mengapa Resolusi Gambar Mini YouTube yang Sempurna itu 1280 x 720 piksel?

Mengapa thumbnail YouTube harus begitu besar? Thumbnail akan terlihat sangat kecil di hasil pencarian dan video yang direkomendasikan!

Jika Sobat berpikir demikian, Anda benar.

Situs web YouTube sebenarnya menggunakan versi yang lebih kecil dari thumbnail yang kamu upload, dengan resolusi 336 x 188 piksel.

Kalau kita perhatikan sebenarnya terlihat 50% lebih kecil, resolusi ini untuk mengakomodasi tampilan PPI atau Retina tinggi.

Tetapi tidak semua orang akan menonton video Anda di situs web, bukan?

Beberapa orang pasti ada yang menonton video kamu di smartphone (dengan layar PPI tinggi juga), di Smart TV atau bahkan di konsol game.

Dan semua platform yang berbeda ini mungkin menggunakan resolusi yang lebih besar untuk menampilkan gambar mini Kamu.

Juga, jangan lupa bahwa Sobat dapat membagikan dan menyematkan video (di situs web Anda, atau di Reddit, misalnya). Dan sebagian besar waktu, Thumbnail video akan ditampilkan sebagai pratinjau resolusi penuh.

Anda ingin memanfaatkan sepenuhnya real estat yang diberikan YouTube kepada Anda dengan mengunggah gambar mini beresolusi penuh 1280 x 720 piksel.

Thumbnail yang Ukuran Lebih Besar akan Terlihat Kurang Tajam dari Aslinya

Jika Kamu mengunggah thumbnail yang lebih besar dari 1280 x 720 piksel (katakanlah 1920 x 1080 jika Anda ingin mempertahankan rasio 16/9), maka YouTube akan mengubah ukurannya ke resolusi maksimum yang diizinkan di platform tertentu.

Kompresi gambar yang digunakan YouTube hampir seluruhnya akan menghilangkan ketajaman tambahan pada gambar Sobat. Bahkan menambahkan filter ketajaman yang kuat ke gambar Kamu tidak akan membantu, karena akan terlihat tidak alami.

Thumbnail YouTube yang Ideal
Sebelah kiri: 1920×1080 Sebelah Kanan: 1280×720

Seperti yang Sobat lihat di gambar ini, thumbnail yang asli di sebelah kiri terlihat sangat tajam (lihat tangkapan cahaya di mata saya atau detail di kabel headphone).

Sebagai perbandingan, thumbnail Youtube yang diperkecil di sebelah kanan kurang tajam.

Hilangnya kerenyahan terutama disebabkan oleh 2 faktor:

  • Mengecilkan ukuran gambar menghilangkan kontras mikro penting yang membuat gambar menonjol dan terlihat tajam.
  • Pengaturan kompresi file jpeg youtube cukup dramatis, selanjutnya menghapus beberapa detail crips.

Seperti yang Sobat lihat, mengunggah gambar mini beresolusi lebih tinggi itu sama sekali tidak membantu. Faktanya, lebih baik mengunggah gambar mini 1280 x 720 piksel yang kamu gunakan untuk menerapkan ketajaman ringan secara manual.

Thumbnail YouTube yang Ideal
Di sebelah kiri: gambar 1920 x 1080 px, berukuran lebih kecil. Di sebelah kanan: gambar 1280 x 720 piksel. Keduanya telah menambah ketajaman.

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi gambar 1280 x 720 px dengan ketajaman tambahan terlihat lebih tajam daripada gambar 1920 x 1080 px dengan ketajaman tambahan.

Lihat betapa tajamnya tangkapan cahaya di bagian mata.

Filter ketajaman bekerja dengan menambahkan kontras mikro ke bagian tepi pada gambar.

Menerapkan ketajaman pada resolusi yang disarankan selalu mengalahkan ukuran gambar yang lebih besar (dengan lebih banyak informasi), meskipun dipertajam juga.

Thumbnail yang Lebih Kecil akan Terlihat Pikselnya

Ini adalah kasus setiap kali gambar diperbesar.

Jadi, jika Sobat mengupload thumbnail yang lebih kecil (misalkan 640 x 360 px), YouTube harus meningkatkan skalanya untuk menampilkannya dengan cara yang disarankan pada platform yang diperlukan.

Misalnya, Sobat upload dengan ukuran thumbnail 640×360. Maka saat penonton membuka video Sobat lewat Smart TV, secara otomatis YouTube akan memperbesar ukuran gambar thumbnail sehingga menyebabkan kualitas gambar menjadi buruk (pecah-pecah). Seperti contoh di bawah ini.

Thumbnail YouTube yang Ideal
Di sebelah kiri: thumbnail berukuran tepat. Di sebelah kanan: gambar mini yang diperbesar.

Di sebelah kiri, Sobat dapat melihat bagaimana gambar mini berukuran tepat akan terlihat dalam resolusi penuh di YouTube. Di sebelah kanan, gambar mini yang sama ditingkatkan dari file 640 x 360.

Seperti yang Kamu lihat, semua detail hilang: kabel headphone, sorotan mata, dan rambut wajah semuanya terlihat buram dan berpiksel sebagai perbandingan.

Percaya atau tidak, thumbnail Anda sangat penting dalam hal CTR (Click-Through Rate) Anda, sehingga mendapatkan lebih banyak tampilan.

Untuk mendapatkan gambar mini berperforma baik, Kamu harus memastikan thumbnail terlihat menarik dan tajam.

Ingat, video Sobat dapat muncul di smartphone, smart TV, atau konsol game.

Jadi, pastikan gambar mini Anda juga terlihat bagus di sana dan upload gambar mini Snda ke resolusi yang disarankan agar terlihat lebih bagus dan menarik.

Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal

YouTube hanya akan mengizinkan Anda mengunggah file yang berukuran (atau berat) 2MB atau kurang. Lebih dari itu dan YouTube akan menolak file tersebut.

Agar tidak melebihi 2MB, Sobat harus kompres atau mengecilkan ukuran file gambar dan menyimpannya di bawah (mendekati) ukuran maksimum.

Namun, jangan kompres ukuran terlalu menekan/terlelu kecil pada gambar Sobat: cobalah sedekat mungkin dengan ukuran maksimum yang diizinkan.

Photoshop dan sebagian besar editor gambar lainnya memungkinkan Anda memasukkan ukuran maksimum untuk sebuah gambar, dan itu akan menemukan pengaturan kompresi terbaik yang sesuai.

Tapi yang jelas, Anda hanya bisa melakukannya dengan format gambar yang memungkinkan kompresi. Jadi mari kita bicara tentang…

Format yang Diterima untuk Gambar Thumbnail: Thumbnail YouTube yang Ideal

YouTube menerima berbagai format untuk gambar mini Anda. Yaitu:

.JPG
.GIF
.BMP
.PNG

Apa pun format yang Sobat gunakan: semuanya akan dikompresi menjadi gambar jpeg oleh YouTube sebelum ditampilkan.

Dari semua format ini, .BMP dan .PNG adalah yang paling banyak menyimpan informasi.

Karena itu, ada kemungkinan besar Kamu tidak akan mendapatkan file .BMP kecil (ringan, di bawah 2MB) pada resolusi 1280 x 720 px yang disarankan.

Cukup ekspor file .JPG 1280 x 720 px hanya di bawah 2 MB, dan Kamu siap untuk upload

Dapatkan lebih banyak penayangan di YouTube

Mencoba mendapatkan lebih banyak penayangan di YouTube?

Untuk mendapatkan banyak penayangan tentu video kita harus bisa tampil di halaman pertama di halaman hasil pencarian. Dengan begitu kesempatan besar video kita akan mendapatkan tambahan penayangan di YouTube.

Ada berbagai cara agar video kita tampil di kolom pencarian YouTube maupun

Di artikel Aku sebelumnya sudah membahas tentang 8 Deretan Tool Riset Keyword Youtube Terbaik Selama 2021.

Secara harfiah tidak ada yang seperti itu di Internet.

Lihat panduannya sekarang! Ini benar-benar gratis dan tersedia online – tidak ada pdf yang dikirim melalui email bs!

Jika gambar mini sobat hanya terdiri dari warna dan teks yang solid, Kamu dapat menggunakan file .PNG. Aku akan merekomendasikan agar thumbnail Kamu tetap berisi gambar atau wajah.

Format .GIF mengacaukan warna thumbnail dengan sangat buruk (karena Sobat hanya dapat memilih 256 di antaranya), dan Sobat tetap tidak akan dapat menggunakan fungsi animasi.

Secara keseluruhan, format .JPG adalah satu-satunya yang berharga untuk Thumbnail Sobat. Semua format lain mempunyai banyak batasan.

Tinggalkan komentar