VidIQ vs TubeBuddy: Mana yang Lebih Bagus? – SEO YouTube

Share dulu, dong!

Perbandingan VidIQ vs TubeBuddy – Jika Anda seorang YouTuber, Anda mungkin tahu pentingnya SEO untuk menentukan peringkat konten Anda! Praktik SEO yang baik dapat meningkatkan penayangan, peringkat, dan akhirnya pendapatan YouTube Anda!

Perlu diancungi jempol, VidIQ dan TubeBuddy adalah dua tool SEO untuk YouTube yang sangat powerfull yang mana sebelumnya saya sudah review VidIQ. Silahkan klik aja untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Tapi, menurut Anda, Tool YouTube mana yang lebih baik? VidIQ atau TubeBuddy?

Baiklah, saya akan menjawabnya dengan tepat di artikel VidIQ vs TubeBuddy hari ini. Saya akan membandingkan VidIQ dan TubeBuddy pada berbagai faktor termasuk harga, kemudahan penggunaan, UI (user interface), dan fitur unik untuk menemukan siapa juara utama!

Di akhir artikel ini, saya harap Anda akan memahami dengan jelas apakah Anda harus berinvestasi di salah satu tool SEO untuk YouTube ini, dan paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Ingin tahu lebih banyak? Mari langsung ke topik pembahasannya!

VidIQ vs TubeBuddy (Tabel Perbandingan)

FaktorVidIQTubeBuddy
Versi GratisBisas Digunakan untuk menganalisis Tampilan per JamDigunakan untuk Mengurutkan Komentar
Riset KeywordMenampilkan volume pencarian kata kunci target dan kata kunci terkaitMenampilkan skor kata kunci target berbobot dan tidak berbobot
Optimasi Video40 pengoptimalan video dan
Dilengkapi dengan paket VidIQ Boost
Pengoptimalan video tanpa batas. Dilengkapi dengan paket TubeBuddy Pro ($7,20/m)
Mudah DigunakanYAYA
Edit MassalYABisa tapi lebih sulit
Learning CurveLebih MudahAgak lebih sulit
UI (user interface)Situs web lumayan cepat
Tidak ada yang lag
UI yang ramah
Situs web lambat
Agak Lag
UI yang tidak ramah terhadap pengguna
Fitur UnikVPH
Historical Analysis
Trend Alerts
Thumbnail A/B Testing
Comment Management
Click Magnet
Harga/BulanVidIQ Pro: $7.50
VidIQ Boost: $39
VidIQ Boost+: $415
TubeBuddy Pro: $7.20
TubeBuddy Star: $15.20
TubeBuddy Legend: $39.20
Dapatkan VidIQ

VidIQ vs TubeBuddy – Perbandingan Versi Gratis

Fitur Gratis VidIQ:

  • Views Per Hour (VPH): Menunjukkan kepada Anda jumlah penayangan yang diterima video per jam. Fitur ini dapat membantu dalam mengidentifikasi video yang sedang tren.
  • YouTube Tag Suggestions: merekomendasikan tag yang relevan bersama dengan volume pencariannya, sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang tepat dan meningkatkan peringkat Anda.

Fitur Gratis Tube Buddy:

  • Comment Sorting: Anda dapat mengurutkan bagian komentar Anda berdasarkan komentar yang ditandai dengan logo hati, komentar dengan link atau pertanyaan, komentar yang belum Anda tanggapi, dan sebagainya
  • Keyword Explorer: Fitur ini membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang populer dan relevan di YouTube.
  • YouTube Keyword Suggestions: menunjukkan banyak tag terkait untuk kata kunci target Anda.

Antara Versi Gratis – Mana yang Lebih Baik?

Meskipun TubeBuddy menawarkan lebih banyak fitur dalam paket gratisnya, fitur VidIQ lebih bermanfaat untuk mengoptimalkan video YouTube Anda. Jadi, menurut pribadi saya, VidIQ adalah pemenangnya!

Keyword Research – VidIQ vs TubeBuddy

TubeBuddy hanya menampilkan volume pencarian kata kunci utama Anda. Untuk mengetahui volume pencarian dari kata kunci terkait, Anda harus memilihnya satu per satu!

VidIQ vs TubeBuddy
VidIQ vs TubeBuddy

Selain itu, ini menunjukkan skor Tertimbang (Weighted) dan Tidak Tertimbang (Unweighted) untuk setiap kata kunci yang dicari.

Mereka menghitung Weighted Score menurut otoritas domain Anda, dan Skor tidak tertimbang mengacu pada skor umum.

Anda juga dapat melihat video peringkat teratas untuk kata kunci Anda beserta bagan Google Trends-nya.

Yang saya tidak suka dengan TubeBuddy adalah tidak meneliti dan menampilkan datanya sendiri. Sepertinya ini sumber data dari keywordtool.io.

Pemenang – Riset Kata Kunci Terbaik

VidIQ adalah pemenangnya karena menurut pengalaman pribadi saya, saya menemukan hasil VidIQ lebih akurat dan nyaman.

Video Optimization – VidIQ vs TubeBuddy

Untuk mengoptimalkan video Anda, Anda dapat menemukan saran kata kunci di bagian Tag Video VidIQ.

Namun, ini terbatas pada sekitar 40 pengoptimalan video dalam paket Boost.

VidIQ vs TubeBuddy
VidIQ vs TubeBuddy

Mengklik tombol Boost akan menampilkan berbagai saran tag bersama dengan skor SEO di masing-masing tag tersebut. Anda cukup menambahkan kata kunci, secara otomatis fitur ini akan menyarankan kata kunci yang relevan yang dapat Anda tambahkan dalam deskripsi dan judul untuk meningkatkan SEO.

Sementara, saat menggunakan TubeBuddy untuk pengoptimalan YouTube, fitur tersebut akan menyarankan Anda banyak kata kunci bersama dengan skor SEO mereka.

Anda dapat mengurutkan kata kunci ini berdasarkan relevansi, skor kata kunci, atau lalu lintas pencarian.

Untuk fungsionalitas tambahan, seperti menambahkan kata kunci target dalam judul dan deskripsi, Anda dapat menggunakan TubeBuddy SEO Studio.

Pemenang – Best Video Optimization

TubeBuddy menang dalam pengoptimalan video. Meskipun saran kata kunci teratas yang disediakan oleh kedua tool tersebut serupa, perbedaan utamanya terletak pada harganya.

VidIQ menawarkan fitur pengoptimalan video dengan paket Boost-nya, dengan harga $39/bulan. Padahal, TubeBuddy menawarkan fitur ini dengan paket Pro seharga $7,20/bulan!

Jadi, saya lebih suka VidIQ, TubeBuddy terbukti menjadi pilihan nilai dari segi harga.

Dapatkan VidIQ Pro

Ease of Use – VidIQ vs TubeBuddy

VidIQ sangat mudah digunakan. Memiliki UI yang sederhana dan ramah untuk pengguna dan semua opsi mudah diakses. Ekstensi kromnya bekerja dengan lancar.

TubeBuddy juga mudah digunakan, tetapi terintegrasi langsung ke dasbor YouTube, membuatnya tampak cukup rumit, sarat dengan berbagai fitur.

Seiring dengan antarmuka dengan design lama, situs web dan ekstensi perambannya lambat dalam kinerjanya.

Pemenang – Ease of Use Terbaik

Ini seri karena VidIQ dan TubeBuddy mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis. Anda membutuhkan sekitar 7 hari untuk bekerja dengan mereka secara efektif.

Bulk Editing – VidIQ vs TubeBuddy

VidIQ memungkinkan penggunanya untuk menyalin dan mengedit kartu video YouTube, layar akhir, dan deskripsi secara massal dengan menggunakan fitur Mass Edit.

TubeBuddy dikemas dengan fungsi lanjutan untuk membantu Anda menyalin, menghapus, dan memperbarui kartu video dan layar akhir secara efisien, menemukan dan mengganti teks dalam deskripsi Anda, dan menambahkan overlay thumbnail ke video Anda secara massal.

Pemenang – Pengeditan Massal Terbaik

TubeBuddy adalah pemenangnya karena menawarkan alat pemrosesan massal yang lebih canggih untuk mengedit video Anda secara efisien.

Learning Curve

VidIQ adalah pemenang yang jelas. Saya merasa lebih mudah mempelajarinya daripada TubeBuddy karena antarmukanya modern dan pengaturan fiturnya rapi.

Namun, jika Anda mendedikasikan sekitar satu minggu untuk alat ini, Anda akan belajar cara menggunakan keduanya secara efisien!

Waktu Terbaik untuk Mempublikasikan – VidIQ vs TubeBuddy

Meskipun tersedia di VidIQ dan TubeBuddy, saya rasa itu tidak diperlukan.

YouTube sendiri memberi tahu Anda waktu terbaik untuk mempublikasikan video Anda. Jadi, fitur ini tidak menambah nilai ekstra.

Aplikasi Seluler – VidIQ vs TubeBuddy

Nah, jika Anda ingin menggunakan tool ini di ponsel Anda, saya sarankan Anda untuk tidak membelinya sama sekali!

Aplikasi mereka tidak dirancang dengan baik dan juga tidak berfungsi dengan baik. Lebih baik bekerja dengan versi web saja.

User Interface

Saya telah menggunakan alat VidIQ sejak lama. Ini memiliki antarmuka yang bersih, bahkan mudah bagi pemula untuk menggunakannya.

Situs webnya cepat, dan saya tidak mengalami kelambatan apa pun saat bekerja dengannya.

TubeBuddy memiliki banyak opsi yang dijejalkan ke dalam tab yang berbeda, yang membuatnya tampak rumit bagi seorang pemula. Antarmukanya cukup ketinggalan zaman dalam hal desain dan keramahan pengguna.

Tidak hanya itu, saya juga menghadapi kelambatan saat mengerjakannya karena situs webnya cukup lambat.

Pemenang – Antarmuka Pengguna Terbaik

VidIQ menang karena antarmuka TubeBuddy terasa cukup lambat. Saya mengalami kelambatan saat menggunakannya, dan juga terasa agak tua dari segi desain.

Harga

Baik VidIQ dan TubeBuddy memiliki paket gratis yang terdiri dari beberapa fitur yang layak. Jika Anda benar-benar pemula, Anda bisa mulai dengan paket gratis.

Selanjutnya, jika Anda seorang YouTuber pemula atau yang sudah mapan, yuk, kita lihat paket mana yang paling menguntungkan bagi Anda.

1. VidIQ Pro vs TubeBuddy Pro

Baik VidIQ Pro dan TubeBuddy Pro menawarkan tool penelitian kata kunci yang layak. Tapi, menurut saya pribadi, tool penelitian kata kunci VidIQ jauh lebih baik dan akurat sesuai pengalaman saya.

Bersamaan dengan itu, Anda juga mendapatkan Historical Analysis VPH untuk melacak jumlah penayangan saluran apa pun dalam seminggu/bulan/tahun terakhir!

Jadi, jika Anda memerlukan alat terutama untuk penelitian kata kunci, maka Anda dapat menggunakan paket VidIQ Pro dengan harga $7,50/bulan.

Namun, jika Anda memerlukan alat yang efisien untuk melakukan SEO pada halaman, seperti saran kata kunci sambil menambahkan tag dalam deskripsi video YouTube Anda, paket TubeBuddy Pro, dengan harga $7,20 akan menjadi pilihan yang luar biasa!

2. TubeBuddy Star

Paket TubeBuddy Star hadir dengan harga $15,20. Jika Anda memiliki ratusan video di saluran dan sering perlu memperbaruinya, paket ini akan cocok untuk Anda.

Dengan paket TubeBuddy Star, Anda dapat mengedit atau memperbarui deskripsi video, menambah atau menghapus kartu, dan mengakhiri template layar secara massal dan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda.

3. VidIQ Boost vs TubeBuddy Legend

Harga kedua paket mungkin serupa, tetapi keduanya berbeda dalam fitur dan kasus penggunaannya.

Jika Anda membutuhkan

  • Fungsionalitas SEO pada halaman VidIQ untuk mengoptimalkan video Anda,
  • Lansiran Tren untuk mendapatkan pemberitahuan tentang video trending terbaru, dan
  • Fitur Optimasi SEO Massal untuk menghemat waktu

Kemudian Anda bisa mendapatkan paket VidIQ Boost seharga $39/bulan.

Tetapi jika Anda ingin menguji A/B thumbnail dan judul video Anda untuk meningkatkan CTR, maka Anda dapat menggunakan paket TubeBuddy Legend dengan harga $39,20/bulan!

Kapan Anda Harus Menggunakan VidIQ?

VidIQ dapat membantu Anda dengan berbagai tugas. Jika Anda membutuhkan tool SEO untuk:

  • Buat video tentang topik yang sedang tren
  • Teliti kata kunci bersama dengan volume pencarian mereka
  • Analisis VPH pesaing Anda dan video yang sedang tren

Maka, VidIQ akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda!

Kapan Anda Harus Menggunakan TubeBuddy?

TubeBuddy memiliki kasus penggunaan yang sangat spesifik. Jadi, jika Anda memerlukan tool untuk menyelesaikan salah satu tugas berikut seperti:

  • Menghubungkan ratusan video yang ada di saluran Anda
  • Memproses video Anda secara massal seperti menambahkan, memperbarui, atau menghapus layar akhir, kartu, deskripsi, dll.
  • Thumbnail pengujian A/B untuk mengidentifikasi mana yang berperforma terbaik

Maka, saya sarankan menggunakan TubeBuddy.

Kesimpulan – VidIQ vs TubeBuddy

Saya harap artikel ini membantu Anda mengenal lebih jauh tool SEO YouTube mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya harap uji coba gratis akan membantu Anda mengklarifikasi apakah alat ini sesuai dengan tujuan Anda atau jika Anda belum membutuhkannya!

Dapatkan VidIQ
Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *